5 Komponen Penting pada Landing Page

komponen landing page

5 Komponen Penting Dalam Membuat Landing Page – Dalam membuat kampanye iklan Google Ads yang sukses, memerlukan langkah-langkah yang tepat. Sehingga iklan bisa berjalan dengan sempurna dan berkonversi dengan baik. Memilih kata kunci yang tepat menjadi penentu dari apa yang diinginkan audiens. Menulis ads copy yang bagus dan relevan menentukan rasio klik tayang kampanye anda.

Datangnya trafik dan membuatnya menjadi prospek atau pelanggan itu lah bagian tugas landing page. Secara tidak langsung landing page lah yang berbicara dengan audiens, tentunya sesuai dengan kriteria target market anda.

Landing page yang bagus bisa membuat audiens melakukan konversi dengan nyaman tanpa hambatan. Sedangkan kualitas landing page yang buruk bisa merusak tingkat konversi anda. Landing page yang bagus adalah yang bisa menarik antusias audiens terhadap yang anda tawarkan dan menggiring mereka untuk berkonversi. Ada lima komponen penting yang harus ada didalam landing page untuk meningkatkan konversi.

Fungsi utama landing page

Datangnya trafik dan membuatnya menjadi prospek atau pelanggan itu lah bagian fungsi utama landing page. Secara tidak langsung landing page lah yang berbicara dengan audiens, tentunya sesuai dengan kriteria target market anda.

Landing page yang bagus bisa membuat audiens melakukan konversi dengan nyaman tanpa hambatan. Sedangkan kualitas landing page yang buruk bisa merusak tingkat konversi anda. Landing page yang bagus adalah yang bisa menarik antusias audiens terhadap yang anda tawarkan dan menggiring mereka untuk berkonversi.

Komponen Penting Landing Page

Ada lima komponen penting yang harus ada didalam landing page untuk meningkatkan konversi.

1. Judul Yang Menarik

Judul landing page menjadi bagian pertama yang akan dibaca prospek ketika mereka tiba di halaman anda. Selain bagus anda perlu membuat judul menjadi menarik dan membuat prospek semakin penasaran dengan yang anda tawarkan.

Selain itu judul yang bagus bisa menjelaskan apa yang anda tawarkan dan bisa mengkomunikasikan nilai yang anda miliki. Sama halnya ketika anda bertemu dengan orang baru, anda perlu memperkenalkan diri. Judul anda menjadi pengantar untuk penawaran anda:

  • Judul harus menjelaskan penawaran anda
  • Judul harus menjelaskan mengapa penawaran anda sangat berharga

Ketika anda ingin memastikan bahwa judul anda sudah sesuai, buatlah sesingkat mungkin.Tulis ide judul pertama anda, buat 2 judul yang berbeda yang mengandung maksud yang sama, kemudian pilih kata-kata yang tidak diperlukan dan anda akan mendapatkan judul sesingkat dan setajam mungkin.

2. Pakai Formulir Yang Sederhana

Mungkin anda pernah mengklik sebuah link, sampai dilanding page dan diminta untuk mengisi formulir yang jumlah bidangnya banyak, apa yang akan anda lakukan? pergi kah?

Perlu diingat bahwa audiens tidak suka mengisi formulir yang terlalu panjang dan rumit, apalagi mereka baru mengenal anda. Tidak peduli seberapa antusias audiens anda tetapi jika dihadapkan dengan formulir yang panjang dan rumit pasti mereka akan keluar. Maka sederhankan formulir anda untuk mengurangi bounce rate karena merasa terintimidasi dengan proses formulir anda.

Formulir menjadi salah satu penyebab batalnya orang berkonversi dan itu sudah umum terjadi. Usahakan untuk menyederhanakan dan merampingkan formulir anda.

3. Tambahkan Gambar

Jika ditanya, mana yang lebih menyenangkan: melihat majalah atau buku teks? Disamping dunia pendidikan, orang cenderung lebih suka membaca majalah yang penuh dengan gambar dari pada teks. Gambar memiliki peran penting untuk landing page anda.

Selain membuat landing page anda lebih menarik dengan menambahkan gambar akan memecah teks yang padat. Seperti menambahkan cara kerja produk yang anda tawarkan. Jika target anda adalah generasi milenial, maka anda bisa menambahkan gambar dengan gaya yang mewakili generasi milenial.

Kemudian ketika anda hendak menambahkan bukti terstimoni dilanding page anda, sebaiknya munculkan profil dari orang yang memberikan testimoni tersebut. Sehingga orang akan lebih percaya dengan produk atau layanan anda.

4. Jelaskan Nilai Produk

Menjelaskan nilai dari produk anda menjadi bagian penting disebuah landing page. Tanpa mengkomunikasikan nilai dengan benar, orang akan bingung dalam memahami bagaimana atau mengapa produk anda layak untuk dimiliki. Berikut proposisi nilai yang bisa anda jelaskan:

  • Manfaat produk
  • Apa yang dikerjakan produk anda, untuk siapa produk tersebut dan mengapa itu penting untuk dimiliki
  • Menambahkan manfaat sekunder dan komponen/fitur penting
  • Menjelaskan mengapa penawaran anda menjadi pilihan yang terbaik.

Jika anda ingin memperkuat nilai anda, anda bisa menawarkan fitur yang bisa meringankan kekhawatiran pelanggan. Seperti uji coba gratis selama 20 hari atau garansi uang kembali.

5. Periksa Kecepatan Dalam Memuat

Tidak penting seberapa menarik dan bagusnya produk dan landing page anda, jika proses memuatnya sangat lambat. Kecepatan memuat menjadi faktor penting dalam mengoptimasi landing page. 40% audiens akan meninggalkan sebuah situs jika proses memuatnya lebih dari tiga detik. Pastikan proses render landing page anda cepat. Selanjutnya yang terakhir adalah landing page anda harus mobile friendly.

Masih bingung dalam pembuatan landing page?

Pembuatan landing page memang perlu memerhatikan banyak hal agar dapat menghasilkan banyak pelanggan yang membeli produk anda. Landing page yang baik tentu akan membuat konversi iklan anda meningkat. Namun pembuatan landing page yang optimal tidak boleh sembarangan. Jika dibuat sembarangan bisa jadi boncos dan akan membuat anda merugi.

Garuda Media Digital adalah agency jasa digital marketing yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Anda dapat berkonsultasi dengan kami mengenai rencana pembuatan media bisnis anda. Kami juga melayani jasa pembuatan website dan jasa pembuatan landing page. Disamping itu, kami juga dapat membuat media promosi ini lebih powerfull dengan optimasi pengiklanan Google Ads. Sehingga website atau landing page yang anda buat akan menempati posisi nomor 1 halaman Google Search. Segera hubungi kami untuk penawaran menarik seputar jasa pembuatan landing page dan website bisnis profesional!

Ingin membuat landing page dan website menarik?