7 Penyebab Konversi Landing Page Buruk

konversi landing page

Penyebab Konversi Landing Page Buruk – Coba anda bayangkan jika anda sudah menjalankan kampanye iklan Google Ads, jumlah penayangan iklan yang di dapat banyak, namun konversinya rendah. Bahkan bisa jadi lebih rendah dari apa yang anda bayangkan. Hal ini menjadi suatu masalah bagi pebisnis yang beriklan secara online. Oleh karena itu pada pembahasan kali ini kami akan membagikan beberapa penyebab landing page tidak menghasilkan konversi beserta dengan tipsnya.

1. Pengunjung Belum Percaya

Anda perlu membangun hubungan dengan pelanggan dan membuat mereka percaya kalau anda bisa membantu mereka. Jadi bangun kepercayaan dulu baru anda bisa berjualan. 

Bagaimana cara membuat pelanggan percaya dengan anda? caranya adalah dengan memberikan testimoni atau social proof. Anda bisa mengirimkan foto atau video, tunjukan kepada pelanggan bagaimana manfaat dari produk dan layanan yang anda tawarkan.

Pastikan social proof tersebut kredibel. Tanyakan pada diri sendiri, apakah anda akan mempercayai testimoni tersebut jika anda melihatnya di landing page kompetitor. Selain itu, anda bisa membangun kepercayaan dengan menunjukkan rasa kepedulian kepada mereka.

2. Tidak Fokus Satu Penawaran

Pilihlah satu penawaran untuk landing page anda. Satu penawaran mengartikan satu tujuan dan hal itu bisa meningkatkan konversi secara signifikan daripada punya banyak penawaran dalam satu halaman. Kemudian gunakan satu CTA untuk menghasilkan konversi yang tinggi. Gunakan desain sederhana dengan font yang besar dan jelas serta masih ada ruang putih sehingga prospek bisa lebih fokus ke tombol CTA.

3. Terlalu Banyak Bicara

Jika anda ingin menulis sebuah novel, landing page bukanlah tempatnya. Terlalu banyak teks bisa membuat landing page anda panjang, membosankan dan sulit untuk dibaca, apalagi kalau anda punya jargon. Teks anda harus memudahkan prospek untuk melihat mengapa mereka perlu melakukan konversi. 

Buat lah landing page anda tetap sederhana. Gunakan daftar perpoin, tajuk dan subjudul lebih ditekankan untuk menampilkan manfaat. Tentunya tambahkan gambar atau video untuk membantu anda menyampaikan pesan.

4. Terlalu Banyak Menuntut

Banyak landing page yang hanya sibuk meminta informasi pengguna tanpa memberikan keterangan untuk apa dan apa manfaat yang akan didapatkan prospek. Anda tidak perlu meminta informasi seperti alamat rumah, nama ibunya dan hewan peliharaannya diurmah itu siapa. Jika anda terlalu banyak menuntut informasi maka anda akan kehilangan banyak prospek. 

Mintalah secukupnya, apa yang anda butuhkan. Untuk meningkatkan kepercayaan, jangan sampai prospek bertanya pada diri sendiri mengapa anda membutuhkan informasi mereka. Anda bisa mendapatkan informasi lebih banyak setelah mereka betul-betul merasakan manfaatnya dan masalah mereka pun terselesaikan.

5. CTA Lemah

CTA tidak memberikan informasi yang detail tentang apa yang akan didapatkan prospek. Mereka tidak akan membeli atau mengisi formulir, apabila tidak jelas apa yang akan mereka dapatkan sebagai imbalannya. Tipsnya,

  • Gunakan satu atau dua CTA.
  • Tombol CTA harus lebih menonjol dan waranya harus kontras.
  • Buat CTA anda spesifik. Jika anda menawarkan sebuah ebook tips mengoptimalkan landing page, maka jangan gunakan “Unduh Sekarang”, gunakan bahasa yang kuat contohnya “Tingkatkan rasio konversi anda”.

6. Tidak Menciptakan Urgensi

Mungkin tawaran anda terdengar menarik, tapi untuk apa terburu-buru untuk ambil? mereka berpikir tidak harus hari ini dan bisa dilain hari. Kabar buruk yang akan anda dapatkan adalah mereka akan pergi dan besar kemungkinan tidak akan kembali lagi. Tambahkan motivasi untuk menciptakan urgensi dan anda perlu meyakinkan mereka bahwa ini adalah pilihan yang terbaik. Untuk menciptakan urgensi, anda bisa menggunakan kalimat berikut ini

  • Promo terbatas, hanya tersedia selama 24 jam kedepan dan harga akan kembali normal.
  • Kuota terbatas. kuota workshop tersisa 5 lagi daftar sekarang.

7. Penawaran Yang Kurang Menarik

Walaupun desain landing page anda keren dan didesain oleh seorang profesional, tapi kalau penawaran kurang menarik tetap tidak ada prospek atau calon pembeli yang berkonversi. 

Konten anda harus menyampaikan nilai manfaat yang didapatkan, bukan fokus untuk menjual perusahaan anda. Anda harus membangun kredibilitas dan menonjolkan keahlian anda sebelum anda menjual apapun kepada pengguna. Jika penawaran anda tidak memberikan nilai yang berarti, tidak akan ada orang yang mengisi formulir anda. 

Cara mengatasinya adalah dengan membayangkan kalau anda sebagai pengunjung untuk pertama kalinya, tanpa tahu tentang bisnis anda. Cobalah bertanya pada diri sendiri.<br>Apakah penawarannya sudah cukup menarik. 

Apa manfaat yang akan didapatkan oleh prospek atau calon pembeli?. 

Cobalah untuk menjawab pertanyaan dan diatas. Jika anda sudah tahu segera evaluasi kembali landing page anda.

Kesimpulan:

Jika anda ragu, tidak ada salahnya untuk melakukan pengujian. Siapkan dua landing page dan lihat landing page mana yang performanya baik dan menghasilkan banyak konversi.

Ingin memiliki Landing Page Konversi Tinggi?

Membuat landing page yang memiliki tingkat konversi tinggi memerlukan kemampuan dalam pemilihan dan penempatan konten, kemampuan pembuatan copywriting yang menarik, dan tampilan yang responsif. Landing page perlu di atur agar fokus terhadap suatu produk yang ingin dijual. Faktor – faktor yang telah kami jelaskan diatas jika tidak diperhatikan akan menjadi faktor kegagalan dalam pemasaran produk. Oleh sebab itu pembuatan landing page harus memenuhi setiap aspek peningkatan konversi dan ini tidak mudah.

Garuda Media Digital adalah agency jasa digital marketing yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Anda dapat berkonsultasi dengan kami mengenai rencana pembuatan media bisnis anda. Kami juga melayani jasa pembuatan website dan jasa pembuatan landing page. Disamping itu, kami juga dapat membuat media promosi ini lebih powerfull dengan optimasi pengiklanan Google Ads. Sehingga website atau landing page yang anda buat akan menempati posisi nomor 1 halaman Google Search. Segera hubungi kami untuk penawaran menarik seputar jasa pembuatan landing page dan website bisnis profesional!

Ingin membuat landing page dan website menarik?