4 Perbedaan Online Shop, Marketplace, dan E-commerce

Perbedaan Online Shop, Marketplace, dan E-commerce

Perbedaan Online Shop, Marketplace, dan E-commerce – Online Shop, Marketplace, dan E-commerce mungkin terdengar sama. Namun, Sebenarnya mereka memiliki perbedaan dan mungkin anda belum tahu.

Anda dapat dimudahkan dengan adanya mereka. Baik itu dari segi waktu, tempat, transaksi dan lainnya. Jika anda pengguna internet, tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya online shop, marketplace, dan e-commerce.

Online Shop

Tentunya anda tahu betul bukan tentang Online shop? Apalagi di zaman sekarang. Online shop akan mengarah pada berbagai macam toko pada platform online. 

Online shop bisa dikenal dengan tempat terjadinya transaksi penjualan baik itu barang atau jasa melalui internet. Sebenarnya online shop tidak harus ada pada situs website, anda bisa membuka toko online di berbagai platform. Seperti pada Facebook ataupun instagram.

Anda akan terhubung langsung dengan pembeli jika anda berjualan di online shop. Sekarang ini, sudah banyak online shop yang dioperasikan di instagram, facebook, dan tiktok. Untuk memudahkan anda, anda bisa menghubungkan melalui aplikasi chat, seperti WhatsApp, Line atau messenger. 

Masalah pembayaran, anda bisa melakukan pembayaran melalui transfer serta meminta bukti pembayaran untuk memudahkan anda.

Marketplace

Berbeda dengan online shop, marketplace adalah sebuah website yang menghubungkan antara penjual dan pembeli melalui jaringan internet. Marketplace pertama di dunia, salah satunya adalah eBay berupa sebuah website yang dapat memudahkan proses penjualan serta semakin efisien. 

Semakin kesini, semakin banyak marketplace bermunculan dan semakin berkembang. Marketplace di Indonesia menjadi salah satu startup yang paling sukses, contohnya Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan lainnya.

Jika anda perhatikan secara detail lagi, marketplace sebenarnya hampir mirip dengan pasar tradisional. Dimana, marketplace menyediakan tempat bertemu bagi seseorang yang ingin membuka toko pada website. Selanjutnya, marketplace tersebut akan memunculkan barang atau jasa pada toko anda ketika pembeli ingin melakukan pencarian.

Mereka akan melakukan pembayaran melalui marketplace tersebut dan kemudian diteruskan ke penjual jika ingin membeli barang atau jasa.

Yang membedakan dengan pasar tradisional adalah seorang penjual tidak perlu membayar uang sewa tempat di marketplace. Hal ini adalah salah satu keunggulan marketplace, tentunya anda akan tergiur untuk berjualan disini. Hanya dengan mendaftarkan diri dan mengisi formulir anda sudah bisa memulai berjualan.

Marketplace mendapatkan keuntungan dari jasa iklan premium mereka. Produk-produk yang berbayar memiliki tanda megaphone pada beberapa produk seperti di tokopedia. 

Namun bukan hanya di marketplace tokopedia, di beberapa marketplace lain juga menawarkan jasa iklan PPC. Pembayaran akan terjadi jika ada pengunjung yang mengklik produk iklan anda.

E-Commerce

E-commerce, marketplace dan online shop adalah hal yang berbeda. E-commerce adalah platform yang hanya menjual produk yang ada pada website. Sehingga anda tidak akan menemukan lebih dari satu toko online seperti marketplace.Jadi sebuah website dibuat khusus untuk menjual produk-produk yang dijual. Untuk pembayarannya, dilakukan dengan membayar langsung melalui shopping cart dan payment gateway.

Dengan mengetahui tiga tempat berjualan online diatas, mungkin anda merasa bingung harus pilih yang mana. Namun Anda juga perlu memperhitungkan platform mana yang cocok untuk anda. Ada beberapa hal yang bisa anda jadikan pertimbangan untuk memilih platform, seperti berikut ini:

1. Faktor teknis dan biaya

Pertimbangan yang anda pikirkan pertama kali adalah faktor teknis dan biaya. platform yang akan membutuhkan biaya lebih adalah e-commerce. Selain itu pengetahuan teknisnya lebih dibanding dengan online shop dan marketplace melalui sosial media.

ketika anda menjual di situs e-commerce, untuk membuat dan mengelolanya anda bisa membayar jasa seseorang. Namun, jika anda mempunyai pengetahuan teknis, akan bisa lebih terjangkau untuk biayanya.

Anda bisa mengupload produk atau jasa anda ke platform yang anda miliki seperti marketplace atau online shop. Kebanyakan, marketplace bersifat gratis, sehingga anda tidak perlu bersusah payah untuk masalah desain dan biaya pembuatan website. Anda hanya tinggal mendaftar dan mengupload gambar anda.

2. Efektifitas biaya

Situs e-commerce akan memakan banyak biaya jika dibandingkan dengan marketplace atau online shop. Namun ada pertimbangan lainnya yang harus anda tahu.

Menggunakan marketplace  dan sosial media sebagai platform jualan, saingan anda akan lebih banyak. Tentu saja akan banyak toko lain dengan penawaran yang sama dengan produk atau jasa anda. Anda harus pandai memainkan harga supaya bisa bersaing serta akan lebih sulit untuk mendapatkan customer. Hal ini terjadi karena mereka mempunyai banyak pilihan. 

Anda bisa mendapat margin lebih tinggi dengan menggunakan situs e-commerce. Transaksi pembayaran akan dilakukan langsung pada website. Sehingga, anda tidak perlu bersaing dengan penjual atau toko lainnya.

3. Branding dan reputasi

Menjual produk atau jasa di marketplace dan sosial media bisa lebih bermanfaat tergantung pada produk atau jasa yang anda tawarkan. 

Jika anda merasa produk atau jasa yang anda jual unik dan ternyata dampak dari sosial media atau marketplace kurang. Maka tidak ada salahnya jika anda menjual di e-commerce, bahkan ini sangat disarankan untuk anda. Dengan membuat situs e-commerce, anda bisa meningkatkan brand identity anda. 

Selain itu anda juga secara langsung mengurus pesanan pelanggan anda dan tanggung jawab atas kepuasan pelanggan.

4. Marketing dan traffic

Jika anda menggunakan platform marketplace dan memasukkan barang anda disana, anda tidak bisa kontrol atas promosi yang mereka lakukan. Mereka ingin menjual sebanyak mungkin produk atau jasa yang mereka bisa sebagai penyedia tempat.

Jangan heran jika produk anda memiliki kesamaan dengan produk lainnya. Mereka akan melakukan berbagai macam marketing dan promosi untuk menarik orang supaya masuk ke marketplace mereka. Melihat dari segi trafficnya, produk atau jasa anda tentunya akan dilihat orang banyak. Namun, belum tentu juga produk atau jasa anda dibeli bahkan menjangkau mereka. Apabila membeli produk atau jasa anda, belum tentu juga akan membeli lagi. Sehingga anda akan kehilangan leads anda.

Jika anda menggunakan website anda sendiri, akan ada kesempatan besar untuk anda mengumpulkan leads. 

Untuk membantu mengoptimalkan campaign marketing bisa anda dapatkan dari data-data di lain waktu.

Jadi, Anda Pilih Online Shop, Marketplace atau E-commerce ?

Online shop, Marketplace dan E-commerce adalah platform untuk berjualan produk atau jasa yang bisa anda gunakan untuk kemajuan bisnis anda. Sebenarnya anda bebas untuk memilih platform mana yang akan anda gunakan untuk berjualan. Setiap platform tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Atau anda bisa menggunakannya secara bersamaan. Jika anda bisa mengelolanya dengan benar. Secara bisnis, cara ini bisa anda lakukan untuk meningkatkan branding, brand awareness dan brand identity. Anda tidak akan takut lagi untuk kehilangan customer dan bisnis anda pastinya akan meningkat.

Jika anda tertarik, bahkan ingin membuat situs e-commerce. Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan orang yang tahu betul tentang membuat website. Anda bisa mengunjungi website Garuda Media Digital untuk berkonsultasi atau untuk membuat website. 

Garuda Media Digital adalah agency jasa digital marketing yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Anda dapat berkonsultasi dengan kami mengenai rencana pembuatan media bisnis dan promosi anda. Kami juga melayani jasa pembuatan website dan jasa pembuatan landing page. Disamping itu, kami juga dapat membuat media promosi ini lebih powerfull dengan optimasi pengiklanan Google Ads. Sehingga website atau landing page yang anda buat akan menempati posisi nomor 1 halaman Google Search. Segera hubungi kami untuk penawaran menarik seputar jasa pembuatan landing page, website dan jasa iklan Google Ads!

Ingin beriklan di Google Ads?