8 Tools Praktis Dan Penting Untuk Cek Traffic Website

8 Tools Praktis dan Penting Untuk Jumlah Traffic Website

Ketahui tools penting untuk cek trafik website – Apakah anda ingin mengetahui jumlah pengunjung website anda? Ingin tahu bukan?

Nah, tujuannya apa sih? Salah satunya adalah untuk mengevaluasi kinerja website dari berapa jumlah traffic pengunjung. Lalu bagaimana caranya? 

Berikut ini ada beberapa cara atau tools yang bisa anda gunakan untuk mengetahui jumlah traffic website anda.

1. Alexa

Tool populer yang biasanya digunakan untuk mengetahui jumlah traffic website salah satunya adalah Alexa. Alexa adalah sebuah alat yang digunakan untuk web analytic, yang dimiliki oleh Amazon.

Untuk penggunaannya cukup mudah dilakukan. Hanya dengan memasukkan nama domain ke website traffic statistics.

2. Google Analytics

Jika anda ingin mempelajari lebih detail mengenai jumlah traffic website anda, anda bisa menggunakan alat ini. Dengan alat ini, anda dapat melihat mengenai user, sessions, bounce rate, dan session duration pada dashboard.

Anda bisa membuat akun Google Analytics terlebih dahulu, kemudian anda hubungkan ke website anda. Anda bisa menggunakannya setelah melakukan hal tersebut.

3. Siteprice

Alat atau tool lain yang bisa anda gunakan adalah Siteprice. Tool ini juga bisa anda gunakan untuk menghitung harga sebuah website. Tool ini bisa anda dapatkan dengan gratis, bahkan dapat menampilkan informasi terkait traffic dan rangkaiannya.

Sebuah traffic dapat diukur dengan tiga metrik, seperti daily unique visitors, daily pageviews, dan average time on site.

4. Website Worth Calculator

Tool Website Worth Calculator ini memberikan informasi yang sama seperti Siteprice. Namun tool ini memberikan informasi yang lebih lengkap lagi dibanding dengan Siteprice.

5. Ahrefs

Salah satu tool SEO yang memiliki fitur yang lengkap adalah tool Ahrefs. Namun, anda perlu berlangganan untuk menggunakan fitur yang ada didalamnya. Anda bisa menggunakan fitur Site Explorer untuk memantau jumlah traffic website anda.

6. Uber Suggests

Tool yang memiliki fitur analisis SEO lengkap selain Ahrefs adalah tool ini. Anda bisa masuk ke halaman utama untuk melihat jumlah traffic website anda. Kemudian anda bisa mengetik nama domain anda. Lalu anda bisa mengganti negara anda ke negara Indonesia, setelah itu klik search. 

Anda bisa melihat pada kolom overview untuk melihat grafik traffic website anda. Anda bisa mengaksesnya secara gratis untuk melihat traffic website anda sampai lima bulan kebelakang.

7. SimilarWEb

Selain untuk melihat estimasi jumlah traffic, tool ini juga menyediakan fitur website traffic estimator gratis. Anda bisa melihat dan mengaksesnya untuk saat ini sampai lima bulan kebelakang. Anda bisa melihat berupa matrik Average Visit Duration, Page per Visit, dan Bounce Rate. 

Selain itu anda juga dapat melihat data lainnya seperti jumlah traffic, sumber traffic, minat traffic, dan lain sebagainya.

8. Histats

Tool terakhir pada artikel ini adalh Histats. Memang Google Aanalytics adalah tool yang digemari untuk melihat jumlah pengunjung atau traffic pada website anda. Akan tetapi, jika anda ingin mencari alternatifnya, anda dapat menggunakan tool ini. 

Tool Histats ini juga gratis. Tidak kalah dengan tool lainnya, tool ini bisa cek jumlah dan asal traffic website. Selain itu anda juga bisa melacak konversi dengan custom event tracking.

Anda tidak perlu menginstal aplikasi pada perangkat anda untuk menggunakannya. Aanda hanya perlu login pada website, kemudian anda sudah bisa cek statistik website anda kapanpun anda mau. Cara penggunaannya kurang lebih hampir mirip dengan Google Analytics. 

Dengan pembuatan akun, kemudian memasang tracking code di file tema website.

Ayo Cek Traffic Anda Sekarang!

Dengan menggunakan tool atau alat bantu diatas, anda akan lebih mudah untuk melihat jumlah traffic website anda.

Sudah tahu alat praktis untuk cek traffic bukan? Anda juga bisa mengawasi performa website anda, selain hanya melihat traffic website saja.

Anda bisa mendapatkan informasi lainnya tentang traffic atau website pada artikel lainnya di situs kamu Garuda Media Digital.

Garuda Media Digital adalah agency jasa digital marketing yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Anda dapat berkonsultasi dengan kami mengenai rencana pembuatan media bisnis dan promosi anda. Kami juga melayani jasa pembuatan website dan jasa pembuatan landing page. Disamping itu, kami juga dapat membuat media promosi ini lebih powerfull dengan optimasi pengiklanan Google Ads. Sehingga website atau landing page yang anda buat akan menempati posisi nomor 1 halaman Google Search. Segera hubungi kami untuk penawaran menarik seputar jasa pembuatan landing page, website dan jasa iklan Google Ads!

Ingin beriklan di Google Ads?