Cara Mudah dan Cepat Memasang Widget WordPress di Sidebar

Cara Mudah dan Cepat Memasang Widget WordPress di Sidebar

Cara Mudah dan Cepat Memasang Widget WordPress di Sidebar – Apakah anda pengguna WordPress? Anda ingin menambahkan beberapa kode HTML di Website? Anda bisa dengan mudah untuk menambahkan kode HTML menggunakan widget di WordPress. Artikel ini, akan membahas secara lengkap bagaimana cara memasang widget WordPress di sidebar. Namun sebelum anda mendapatkan informasi yang lebih detail lagi, anda juga harus mengetahui tentang widget WordPress terlebih dahulu. berikut ini adalah penjelasannya.

Apa itu Widget di WordPress

Widget WordPress adalah sebuah fitur yang memungkinkan anda untuk menambahkan elemen tertentu pada situs Website WordPress anda. Contohnya, seperti menu, kalender, form, tautan sosial media, dan banyak lagi. Atau bisa juga widget adalah element untuk berinteraksi seperti Button dan Scroll Bar. Anda bisa menggunakan kode HTML pada widget untuk memasang menu, form kotak masuk, dan lainnya. Salah satu tempat umum di mana widget WordPress ditempatkan adalah di sidebar.

Cara Memasang Widget di WordPress

Cara memasang WP widget sangat mudah, anda dapat melakukannya hanya dengan drag pilihan anda ke dalam sidebar. Yuk ikuti langkah-langkah berikut ini agar tidak bingung.

1. Login WordPress

Langkah pertama untuk memasang widget di sidebar adalah login ke WordPress. Anda bisa masuk ke panel admin WordPress anda dengan memasukkan informasi username dan password.

2. Pilih Menu Appearance

Setelah anda login dan masuk ke dashboard WordPress anda, kemudian klik pada menu “Appearance” (penampilan) dan kemudian pilih “Widgets”. Maka anda akan melihat halaman widget anda dengan daftar semua di bawah menu Available Widget.

3. Menambahkan Widget

Langkah berikutnya yang bisa anda lakukan adalah anda dapat menambahkan widget di WordPress anda. Anda dapat menyeret dan melepas widget mana saja ke area sidebar dalam halaman “Widgets”. Seperti, ketika anda ingin menambahkan tautan ke media sosial dalam sidebar. Maka cari widget “Social Media Links” dan tarik widget tersebut ke area sidebar pada halaman “Widgets”. Selanjutnya, anda klik pada widget tersebut untuk mengatur pengaturannya, seperti tautan URL untuk setiap media sosial yang ingin anda tampilkan. 

Anda juga bisa memilih beberapa widget yang ada di dalamnya, seperti archived, audio, kalender dan lain sebagainya. Selain itu, anda juga dapat menambahkan judul dari widget anda.

4. Widget Berhasil Terpasang

Setelah anda menambahkan widget ke sidebar, anda dapat menyesuaikan tampilan dan posisinya widget anda. Anda hanya tinggal menyeret dan melepaskan widget ke posisi yang anda inginkan. Selain itu anda juga dapat menghapus widget dari sidebar dengan mengeklik tautan “Delete” yang terletak di bagian bawah widget tersebut.

Bahkan halaman “Widgets”, juga bisa anda sesuaikan pada tema WordPress yang anda gunakan. Anda dapat memilih widget untuk anda konfigurasi dan pilih “Widget Settings” (pengaturan widget) untuk mengatur pengaturan yang tersedia, seperti ukuran dan warna.

Setelah itu widget yang anda buat sudah berhasil terpasang di WP widget anda.

Yuk Pasang dan Buat Widget WordPress Anda Sekarang!

Apakah cara di atas mudah untuk dipahami? mudah bukan? Itulah cara memasang widget di sidebar WordPress anda. Anda dapat meningkatkan fungsionalitas situs web anda dengan menambahkan banyak elemen dengan memasang widget. Seperti menu navigasi, tautan ke media sosial, dan masih banyak lagi. Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam memasang widget WordPress di sidebar.

Jika anda ingin mendapatkan informasi lain tentang Website WordPress, anda bisa langsung kunjungi website kami di Garudamediadigital.id sekarang juga! 

Garuda Media Digital adalah agency jasa digital marketing yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Anda dapat berkonsultasi dengan kami mengenai rencana pembuatan media bisnis dan promosi anda. Kami juga melayani jasa pembuatan website dan jasa pembuatan landing page. Disamping itu, kami juga dapat membuat media promosi ini lebih powerfull dengan optimasi pengiklanan Google Ads. Sehingga website atau landing page yang anda buat akan menempati posisi nomor 1 halaman Google Search. Segera hubungi kami untuk penawaran menarik seputar jasa pembuatan landing page, website dan jasa iklan Google Ads!

Ingin beriklan di Google Ads?