Pengaruh Top Level Domain Terhadap SEO Lengkap

Pengaruh Top Level Domain Terhadap SEO Lengkap

Pengaruh Top Level Domain Terhadap SEO Lengkap – Ketika membuat sebuah website, ada beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan, salah satunya adalah memilih ekstensi domain yang tepat. Sudahkah anda tahu apa itu ekstensi domain/ top level dimain?

Apa itu Ekstensi Domain / Top Level Domain

Ekstensi domain (Top Level Domain) adalah bagian dari nama domain yang berada setelah titik di belakang nama domain utama. Seperti .com, .org, .net, .id, .co.id, dan masih banyak lagi.

Mungkin banyak orang berpikir bahwa ekstensi domain tidak terlalu penting dalam hal optimasi mesin pencari atau SEO. Namun sebenarnya, hal itu sebagian benar dan sebagian lagi tidak.  Ekstensi domain sangat berpengaruh besar terhadap SEO.

Dengan berkembangnya teknologi dan internet, ekstensi domain telah memiliki pengaruh yang cukup signifikan dalam optimasi mesin pencari. Serta berpengaruh pada posisi website di halaman-halaman hasil pencarian Google.

Artikel ini akan menjelaskan pengaruh ekstensi domain terhadap SEO dengan lengkap. Ada beberapa faktor yang menjadi pengaruh ekstensi domain ini. Berikut ini akan dijelaskan pengaruh ekstensi domain terhadap SEO, baik secara positif maupun negatif. Yuk, simak dengan seksama!

1. Mempengaruhi Click-Through Rate (CTR)

Ketika anda mencari sebuah website, namun anda tidak tahu nama domainnya apa. Kemudian anda mencarinya dengan menggunakan kata kunci nama brand tersebut. Namun pada hasil pencarian nada menemukan nama domain yang berbeda, antara menggunakan nama belakang domain .com dan .suft. Pasti anda  akan memilih .com bukan? 

Karena, anda lebih yakin menggunakan belakang domain dengan .com. selain itu, bisanya anda juga menjumpai belaan nama domain dengan .com. Namun, anda jarang sekali bahkan mencurigakan jika menggunakan belakang nama domain .surf.

CTR merupakan perbandingan antara jumlah pengunjung yang mengklik hasil pencarian anda. Dibandingkan dengan jumlah pengunjung yang melihat hasil pencarian anda. Sebuah ekstensi domain yang relevan dan mudah diingat dapat meningkatkan peluang pengunjung mengklik tautan di hasil pencarian, sehingga meningkatkan CTR. Oleh karena itu, Google akan menempatkan anda pada halaman teratas hasil pencarian dengan menilai situs website anda relevan bagi pengunjung.

2. Meningkatkan Kredibilitas di Mata Pengunjung

Ekstensi domain yang cocok dan informatif dapat meningkatkan kredibilitas situs web anda. Selain itu, akan membuat pengunjung lebih percaya dengan bisnis atau organisasi anda. Keunikan ekstensi domain akan memudahkan pengguna untuk mengidentifikasi website. 

Sehingga branding website anda juga akan terbentuk dipikiran pengguna. Sebagai contoh, domain .org sering digunakan untuk website nirlaba, jadi pengunjung akan lebih percaya. Serta cenderung mengasosiasikan situs web tersebut dengan nilai-nilai sosial.

3. Dapat Mempengaruhi Hasil Pencarian Lokal pada SERP

Pilihan ekstensi domain dapat menjadi faktor penting dalam menargetkan lokasi pelanggan. Misalnya, pengguna internet di Indonesia cenderung lebih mengklik tautan dengan ekstensi .id atau .co.id, sehingga memilih ekstensi domain yang tepat dapat membantu bisnis lokal meningkatkan daya tariknya.

Tidak heran jika pemilik website yang ingin situs websitenya ranking di SERP negara tertentu menggunakan ccTLD. ccTLD atau Country Code Top Level Domain adalah domain yang mewakili negara tertentu. Jadi, menggunakan ccTLD memiliki peluang website lebih merekomendasikan anda sesuai dengan kode domain negara.

4. Dapat Mempengaruhi Peringkat di Mesin Pencari

Ekstensi domain tidak secara langsung mempengaruhi peringkat di mesin pencari. Namun dengan memilih ekstensi domain yang tepat, anda dapat meningkatkan kredibilitas dan targeting lokal situs web anda. Sehingga secara tidak langsung akan mempengaruhi peringkat di mesin pencari.

Apakah Pengaruh Ekstensi Domain .COM Terhadap SEO Lebih Baik?

TLD atau Top Level Domain SEO memang umum dan sering digunakan. Contoh salah satu Top Level Domain adalah .COM, ini sangat umum dan tinggi popularitas domain satu ini. Memang, domain Top Level Domain adalah bagian domain paling tinggi pada hirarki domain. 

Namun. dibalik tingginya popularitas domain ini, tidak mempengaruhi performa SEO. Umumnya, dengan ekstensi domain .com lebih mudah diingat dibanding dengan ekstensi domain lainnya. Tetapi, dampak performa yang diberikan juga sama dengan domain lainnya.

Sehingga anda tidak harus memilih domain Top Level Domain (.com) untuk meningkatkan ranking SEO. Anda bisa meningkatkan ranking SEO bukan hanya dengan domain saja, anda bisa menggunakan beberapa teknik SEO yang tepat. 

Anda harus memilih ekstensi domain yang tepat untuk dapat mempengaruhi ranking SEO situs website anda. Mulai dari mempengaruhi Click-Through Rate (CTR), meningkatkan kredibilitas di mata pengunjung, dapat mempengaruhi hasil pencarian lokal pada SERP. Hingga dapat mempengaruhi peringkat di mesin pencari.

Sudahkan Tahu Memilih Ekstensi Domain Yang Tepat Untuk Website Anda

Memilih ekstensi domain yang tepat dapat mempengaruhi optimasi mesin pencari dan kredibilitas situs website anda. Namun, meskipun penting, ekstensi domain tidak boleh menjadi satu-satunya faktor yang anda pertimbangkan. Faktor-faktor seperti konten, struktur website, link building, dan lainnya juga perlu anda perhatikan dalam usaha meningkatkan SEO.

Mau tahu informasi lainnya tentang Website WordPress atau lainnya? Anda bisa langsung kunjungi website kami di Garudamediadigital.id untuk memecahkan pertanyaan-pertanyaan yang ada dipikiran anda. 

Garuda Media Digital adalah agency jasa digital marketing yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Anda dapat berkonsultasi dengan kami mengenai rencana pembuatan media bisnis dan promosi anda. Kami juga melayani jasa pembuatan website dan jasa pembuatan landing page. Disamping itu, kami juga dapat membuat media promosi ini lebih powerfull dengan optimasi pengiklanan Google Ads. Sehingga website atau landing page yang anda buat akan menempati posisi nomor 1 halaman Google Search. Segera hubungi kami untuk penawaran menarik seputar jasa pembuatan landing page, website dan jasa iklan Google Ads!

Ingin beriklan di Google Ads?