5 Cara Mengecek Website Down

cara-mengecek-website-down

5 Cara Mengecek Website Down –Bagi pemilik website merasa sangat menyulitkan jika situs website down. Begitu juga dengan pengunjung situs, pengunjung akan merasa terganggu jika tidak bisa mengakses sebuah situs. Traffic website akan menurun drastis ketika situs website anda sedang down, sehingga anda harus memperbaiki dan mengeceknya. 

Untuk mengetahui kendala apa yang sedang terjadi, anda bisa melakukan cek website down atau tidak. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengecek website down atau tidak. Artikel ini akan menjelaskan tentang bagaimana cara mengecek website down beserta tools online yang bisa anda gunakan. Berikut ini penjelasannya:

1. Ping

Cara mengecek website down pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan Ping. Ping adalah alat baris perintah yang mengirimkan paket data ke server sebuah situs web dan mengukur waktu respons. Anda dapat menggunakannya untuk cek website down atau tidak, serta untuk melihat berapa lama waktu responnya. 

Anda bisa menggunakan ping dengan membuka jendela command prompt atau terminal, kemudian ketikkan ping website.com. Website.com yang anda isi adalah URL dari situs web yang ingin anda periksa. 

Jika Anda mendapatkan respons dengan waktu dalam milidetik, maka situs web tersebut up dan running. Jika tidak, situs web tersebut mungkin down atau mengalami masalah koneksi.

2. Uptime Robot

Cara mengecek website down kedua yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan Uptime. Uptime Robot adalah layanan online yang memonitor website dan mengirimkan peringatan ketika salah satu dari mereka down. Anda bisa menggunakan tools ini secara gratis. Untuk menggunakannya, anda perlu mendaftar akun di situs web Uptime Robot, kemudian anda menambahkan URL dari website yang ingin anda pantau. 

Uptime Robot kemudian secara periodik memeriksa situs-situs tersebut dan mengirim email atau pemberitahuan push jika ada yang down.

3. Down For Everyone Or Just Me

Cara mengecek website down ketiga yang bisa anda gunakan adalah Down For Everyone Or Just Me. Down For Everyone Or Just Me adalah situs web yang dapat anda gunakan untuk cek website down ataukah hanya anda yang mengalami masalah koneksi. Anda tidak perlu mendaftar atau menginstal perangkat lunak apa pun untuk menggunakan ini.

4. Is It Down Right Now

Cara mengecek website down berikutnya adalah dengan menggunakan situs Isitdownrightnow.com. Tools ini bisa anda jadikan bantuan untuk cek website down atau tidak pada website anda.  Anda hanya perlu memasukkan URL yang anda ingin cek website down atau tidak. Kemudian anda akan mendapatkan informasi apakah website anda down atau tidak. Cara cek website down dengan tools ini juga bisa kapan terakhir kali mengalami downtime. Sehingga anda dapat mengevaluasi kenapa website anda sering down.

5. Down For Everyone Or Just Me

Cara mengecek website down atau tidak, anda bisa menggunakan tools selanjutnya yaitu Down For Everyone Or Just Me. Tools ini akan membantu anda untuk cek website down atau tidak dengan mengaksesnya melalui Downforeveryoneorjustme.com. Tampilan situs pada tools ini simpel dan anda hanya perlu memasukan alamat website ke kolom yang tersedia. 

Untuk menjaga keamanan dan memastikan jika yang mengecek website down atau tidak bukan robot, tools ini dilengkapi dengan captcha.

Segera Anda Cek Website Down atau Tidak!

Anda bisa memanfaatkan tools yang disediakan untuk cek website down. Dengan penjelasan beberapa tools di atas, anda bisa menggunakannya sesuai dengan yang anda inginkan. Masih ada cara cek website down atau tidak yang bisa anda lakukan selain dengan menggunakan tool di atas. 

Dengan mengecek website down atau tidak, anda dapat mengetahui bagaimana kinerja website anda. Jadi, selalu cek website anda di saat down atau tidak. Hal ini akan membantu anda untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung situs website ketika menjelajahi website anda. 

Pengunjung juga akan terus menggunakan situs website anda untuk mencari informasi atau membeli suatu produk atau layanan yang anda tawarkan. Dengan begitu, traffic website anda juga akan lebih meningkat lagi jika website anda tidak down. Jika website anda down, makan akan menyulitkan anda sebagai seorang pemilik website, serta pengunjung situs website anda. 

Apakah 5 tools diatas dapat membantu anda untuk cara cek website down? Jika iya, manfaatkan tools tersebut untuk memantau dan cek website down atau tidak.

Mau tahu informasi lainnya? Anda bisa langsung berkunjung ke website kami di Garudamediadigital.id untuk mendapatkan informasi lainnya tentang Website atau WordPress.

Garuda Media Digital adalah agency jasa digital marketing yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Anda dapat berkonsultasi dengan kami mengenai rencana pembuatan media bisnis dan promosi anda. Kami juga melayani jasa pembuatan website dan jasa pembuatan landing page. Disamping itu, kami juga dapat membuat media promosi ini lebih powerfull dengan optimasi pengiklanan Google Ads. Sehingga website atau landing page yang anda buat akan menempati posisi nomor 1 halaman Google Search. Segera hubungi kami untuk penawaran menarik seputar jasa pembuatan landing page, website dan jasa iklan Google Ads!

Ingin beriklan di Google Ads?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *