Apa Perbedaan Digital Marketing dan Internet Marketing? Mana yang Perlu Dipilih?

digital-marketing-dan-internet-marketing

Apa Perbedaan Digital Marketing dan Internet Marketing? Mana yang Perlu Dipilih? – Pemasaran di dunia semakin kesini semakin berkembang, mulai dari teknologi dan digitalisasi yang membawa perubahan. Salah satu strategi alternatif yang efektif untuk sekarang dengan munculnya Digital Marketing dan Internet Marketing. Dibandingkan dengan pemasaran tradisional, sangatlah berbeda jauh. 

Pemasaran online menjadi banyak minat pada era sekarang, banyak teknologi yang bisa anda manfaatkan untuk mendukung pemasaran online. Pemasaran online adalah sebuah strategi pemasaran yang dilakukan melalui media internet sebagai sarana untuk mempromosikan produk atau layanan suatu perusahaan. Begitu juga dengan Digital Marketing dan Internet Marketing, arus diakses melalui internet. 

Apakah Digital Marketing dan Internet marketing itu sama? Meskipun keduanya sering digunakan sebagai sinonim, namun kedua konsep tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Artikel ini akan menjelaskan secara lengkap perbedaan Digital Marketing dan Internet Marketing dan mana yang perlu anda pilih untuk pemasaran. Yuk, simak artikel ini sampai selesai.

Apa itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah sebuah pemasaran dengan pemanfaatan teknologi digital, seperti internet, perangkat mobile, atau program komputer lainnya. Sebuah perusahaan dapat menggunakan berbagai macam teknik SEO, content marketing, sosial media marketing, mobile marketing dan lainnya dengan digital marketing. Penggunaan pemasaran ini memungkinkan untuk meningkatkan visibilitas brand serta dapat menjangkau konsumen dari platform digital.

Apa itu Internet Marketing?

Berbeda dengan Digital marketing, Internet marketing adalah sebuah teknik pemasaran yang dilakukan melalui internet, tanpa adanya pertimbangan teknologi digital lainnya. Penggunaan SEO (Search Engine Optimization), paid advertising, email marketing, affiliate marketing berkaitan dengan Internet marketing. Bertujuan untuk mempromosikan sebuah produk atau layanan perusahaan secara online.

Jadi Apa Perbedaan Digital Marketing dan Internet Marketing?

Pemasaran digital pada umumnya hanya dapat diakses melalui internet. Perbedaan Digital Marketing dan Internet Marketing pada pemasaran seperti penjelasan sebelumnya. Dimana, Digital Marketing memanfaatkan berbagai macam teknologi digital, seperti content marketing, sosial marketing, mobile marketing serta lainnya. 

Sedangkan Internet Marketing hanya memanfaatkan penggunaan internet saja. Tidak seperti Digital Marketing yang memanfaatkan platform digital untuk pemasarannya. Sehingga, digital marketing dinilai lebih fleksibel dibandingkan internet marketing. Untuk meningkatkan visibilitas brand dan memperluas jangkauan pasar, sebuah pemasaran membutuhkan platform lain dengan penggunaan Digital Marketing. Begitu pula dengan menargetkan audiens, pemilihan Digital Marketing adalah pilihan yang tepat. 

Namun, Internet Marketing diabaikan dalam sebuah pemasaran. Internet Marketing masih menjadi pilihan yang tepat dalam beberapa kasus. Apalagi jika produk atau layanan yang anda promosikan memiliki audiens atau konsumen yang besar diplatform internet.

Pilih Digital Marketing atau Internet Marketing?

Digital Marketing dan Internet Marketing secara keseluruhan memiliki keuntungan dan kelemahan. Sehingga, ketika anda akan memilih strategi pemasaran yang tepat, anda perlu memperhatikan dan mempertimbangkannya dari beberapa faktor. Mulai dari sasaran pasar, anggaran, dan tujuan pemasaran anda. Anda juga dapat melakukan riset pasar yang baik untuk menentukan strategi mana yang cocok untuk perusahaan anda.

Anda dapat mempelajari artikel Perbedaan Digital Marketing dan Internet Marketing ini untuk menentukan penggunaan strategi pemasaran mana yang tepat. Seperti yang dijelaskan diatas, Digital Marketing dan Internet Marketing adalah strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan kebutuhan anda. Perbedaan Digital Marketing dan Internet Marketing, hanya berbeda pada platform yang digunakan dalam proses pemasaran produk atau layanan.

Apabila anda sudah memiliki audiens yang banyak dan berfokus pada platform internet, maka anda dapat menggunakan Internet Marketing. Namun, apabila anda ingin memperluas jaringan audiens anda, manfaatkan Digital Marketing dengan platform digital yang tersedia. 

Itu dia penjelasan tentang perbedaan Digital Marketing dan Internet marketing yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan anda.

Ingin tahu informasi lainnya terkait pemasaran, internet atau website lainnya anda bisa kunjungi website kami di Untuk mendapat informasi lainnya yang berhubungan dengan internet marketing, pemasaran atau website dapat anda jumpai di Garudamediadigital.id.

Garuda Media Digital adalah agency jasa digital marketing yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Anda dapat berkonsultasi dengan kami mengenai rencana pembuatan media bisnis dan promosi anda. Kami juga melayani jasa pembuatan website dan jasa pembuatan landing page. Disamping itu, kami juga dapat membuat media promosi ini lebih powerfull dengan optimasi pengiklanan Google Ads. Sehingga website atau landing page yang anda buat akan menempati posisi nomor 1 halaman Google Search. Segera hubungi kami untuk penawaran menarik seputar jasa pembuatan landing page, website dan jasa iklan Google Ads!

Ingin beriklan di Google Ads?