HTTP Status Codes: Pengertian dan Daftar Codenya

HTTP Status Codes Pengertian dan Daftar Codenya artikel

HTTP Status Codes: Pengertian dan Daftar Codenya – Dalam dunia web dan pengembangan aplikasi, Anda mungkin sering mendengar tentang istilah “HTTP status codes” atau kode status HTTP. Kode-kode ini memberikan informasi tentang status permintaan yang dikirimkan dari klien ke server, serta hasil yang dikembalikan oleh server sebagai tanggapan. 

Dalam artikel ini, akan menjelaskan pengertian HTTP status code, serta memberikan daftar beberapa HTTP code  yang umum.

Pengertian HTTP Status Codes

HTTP status codes adalah tiga digit angka yang digunakan sebagai bagian dari protokol HTTP untuk menggambarkan status dari permintaan klien dan tanggapan server. Kode ini memberikan informasi tentang apakah permintaan berhasil, gagal, atau mengalami situasi tertentu. Ada beberapa daftar HTTP status code pada artikel ini.

Daftar Kode-Kode Status HTTP

Berikut ini beberapa HTTP status codes yang perlu anda ketahui, antara lain:

1. HTTP status codes kelas 1xx: Informasi

  • HTTPcode 100 Continue: Server telah menerima permintaan dan siap untuk menerima tubuh permintaan.
  • 101 Switching Protocols: Server mengakui permintaan dan beralih ke protokol yang berbeda.

2. Kode HTTP status kelas 2xx: Sukses

  • 200 OK: Permintaan berhasil dan tanggapan mengandung data yang diminta.
  • 201 Created: Permintaan berhasil dan menyebabkan pembuatan sumber daya baru.
  • 204 No Content: Permintaan berhasil, tetapi tidak ada konten yang dikirimkan kembali.

3. Kode HTTP status kelas kelas 3xx: Pengalihan

  • 301 Moved Permanently: Sumber daya yang diminta telah dipindahkan secara permanen ke lokasi yang berbeda.
  • 302 Found: Sumber daya yang diminta telah dipindahkan secara sementara ke lokasi yang berbeda.
  • 304 Not Modified: Sumber daya tidak berubah sejak permintaan terakhir.

4. HTTP status codes kelas 4xx: Kesalahan Klien

  • HTTPstatus 400 Bad Request: Permintaan tidak dapat dipahami oleh server karena kesalahan sintaksis atau permintaan yang tidak valid.
  • 401 Unauthorized: Permintaan memerlukan otentikasi pengguna yang valid. 
  • 404 Not Found: Sumber daya yang diminta tidak ditemukan di server.

5. HTTP code kelas 5xx: Kesalahan Server

  • 500 Internal Server Error: Terjadi kesalahan internal pada server saat memproses permintaan.
  • 502 Bad Gateway: Server bertindak sebagai gateway atau proxy dan menerima tanggapan yang tidak valid dari server yang lebih tinggi dalam hierarki.
  • 503 Service Unavailable: Server tidak tersedia saat ini karena alasan tertentu seperti pemeliharaan atau kelebihan beban.

Workshop Google Ads

 

 

Anda dapat memulai belajar Google Ads bersama Workshop kami di Garuda Digital. Workshop akan berlangsung pada tanggal 28 Sampai 30 Juli 2023 di Jakarta! Jangan sampai tertinggal dan daftarkan langsung pada website kami di Garuda Digital.

HTTP Status Codes Mana yang Pernah Anda Alami?

HTTP status codes adalah tiga digit angka yang memberikan informasi tentang status permintaan dan tanggapan dalam protokol HTTP.

Kode-kode ini membantu anda dalam pemahaman dan penanganan yang tepat terhadap permintaan. Serta tanggapan yang terjadi saat berkomunikasi dengan server. Penting untuk memahami beberapa HTTP Status yang umum untuk dapat memecahkan masalah, dan memperbaiki kesalahan selain itu juga digunakan untuk memastikan aplikasi web berfungsi dengan baik.

Salah satu HTTP Status Codes adalah HTTPcode 400, dan masih banyak lagi HTTP Code lainnya. Demikian informasi tentang HTTP Status, dan temukan informasi lainnya di Garudamediadigital.id.

Garuda Media Digital adalah agency jasa digital marketing yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Anda dapat berkonsultasi dengan kami mengenai rencana pembuatan media bisnis dan promosi anda. Kami juga melayani jasa pembuatan website dan jasa pembuatan landing page. Disamping itu, kami juga dapat membuat media promosi ini lebih powerfull dengan optimasi pengiklanan Google Ads. Sehingga website atau landing page yang anda buat akan menempati posisi nomor 1 halaman Google Search. Segera hubungi kami untuk penawaran menarik seputar jasa pembuatan landing page, website dan jasa iklan Google Ads!

Ingin beriklan di Google Ads?