Inilah 13 Cara Beriklan di Google Ads Untuk Pemula Bisa!

cara beriklan di google ads

Cara Beriklan Di Google Ads – Cara efektif yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan traffic penjualan online anda adalah dengan cara pasang iklan di Google. Kenapa harus di Google? Karena sebagian pengguna internet lebih banyak menggunakan Google untuk mencari informasi apapun. Tentunya juga dengan beriklan di Google, anda bisa memanfaatkannya untuk mempromosikan penjualan anda.

Memiliki kelebihan pada jangkauan yang besar adalah salah satu faktor yang menjadikan beriklan di Google lebih efektif untuk sebuah bisnis. Google memberikan layanan iklan pada platform Google Ads, yang bisa menampilkan iklan anda di hasil pencarian Google. Untuk itu simak artikel cara beriklan di Google Berikut ini

Cara Beriklan di Google Ads

Berikut ini ada beberapa langkah dan cara yang bisa anda lakukan untuk memulai beriklan di Google Ads:

1. Buat Akun Google Ads

Cara beriklan di Google diawali dengan membuat akunnya terlebih dahulu agar bisa masuk ke Google Ads. Jika anda sebagai pemula, anda dapat memulai dengan membuat akun pada Google Ads di browser. Kemudian anda bisa mengikuti proses pembuatan akun Google Ads dengan urut.  

Anda juga akan diarahkan untuk memilih goal iklan berupa iklan Smart Campaign jika anda pertama kali membuat. Google akan mengatur iklan secara otomatis melalui bantuan machine learning.

2. Menentukan Tujuan Iklan

Cara beriklan di Google Ads yang kedua adalah menentukan tujuan anda untuk beriklan. Google Ads akan membantu anda untuk mengatur sedemikian rupa agar mencapai tujuan yang anda tuju. 

Google Ads memberikan beberapa pilihan tujuan, seperti sales, leads, website traffic, product and brand consideration, brand awareness and reach, app promotion, dan local store visit and promotion.

Anda bisa memilih sesuai dengan tujuan anda yang ditawarkan oleh Google Ads.

3. Memilih Jenis Tampilan Iklan

Ketika memasang iklan di Google Ads, anda dapat memilih bentuk tampilan yang akan anda buat (tipe campaign ). Ini adalah salah satu inti dari cara beriklan di Google.

Tipe campaign yang ditawarkan antara lain;

  • Search Campaign, pengunjung akan menemukan iklan ketika sedang melakukan pencarian di search engine. Iklan ini berisikan teks berupa judul, deskripsi singkat tentang bisnis, dan info penting.
  • Display Campaign, jenis iklan yang berupa teks dan gambar. Iklan ini akan muncul pada website partner Google yang bertujuan untuk mengarahkan ke website tujuan.
  • Shopping Campaign, jenis iklan yang berbentuk katalog dengan tampilan informasi sebuah produk serta gambar. Informasi produk berupa gambar, harga, dan link yang bertujuan untuk pengunjung bisa langsung menuju ke website dan berbelanja.
  • Video Campaign, jenis iklan ini akan muncul pada website partner google baik itu youtub atau lainnya yang berupa iklan video. Biasanya video hanya berdurasi singkat.
  • Smart Campaign, jenis iklan yang dikelola google yang membantu pengguna untuk membuat dan mengelola ads dengan mudah. Google akan memberikan dan menemukan target terbaik dan maksimal untuk ads-mu yang berisi nama bisnis dan buat iklan.
  • App Campaign, adalah jenis iklan yang digunakan untuk mempromosikan aplikasi yang langsung mengarah ke App Store atau Play Store.
  • Local Campaign, jenis iklan ini akan membantu anda untuk mempromosikan toko fisik yang akan tampil di penelusuran. Baik itu maps, youtube, dan website partner google lainnya.

Anda dapat memilih tipe campaign sesuai dengan tujuan yang anda inginkan ketika membuat iklan di Google Ads.

4. Melengkapi Pengaturan Dasar Iklan

Ketika anda beriklan di Google Ads, cara yang perlu anda perhatikan adalah melengkapi peraturan dasar campaign yang akan anda buat. Dengan mengisi jenis iklan, nama iklan, dan pilihan jaringan yang akan ditampilkan pada iklan.

5. Menentukan Durasi Iklan

Sebelum anda beriklan, anda juga harus tahu berapa lama durasi iklan yang bisa anda tayangkan di Google. Anda dapat menentukan durasi iklan dengan memasukkan tanggal mulai dan tanggal selesai ikan sesuai yang anda inginkan. Selain durasi iklan anda bisa juga mengatur jadwal penayangan iklan.

6. Pilih Jangkauan Lokasi dan Bahasa

Dalam memasang iklan di Google Ads, anda perlu memilih jangkauan lokasi dan bahasa untuk penayangan iklan. Anda bisa memilih pengunjung lebih spesifik lagi dengan jangkauan provinsi atau kota yang anda inginkan.  

Setelah itu anda juga harus menentukan bahasa yang akan anda gunakan dan pengunjung anda. Secara otomatis Google Ads akan menyeleksi dan menampilkan Pengunjung sesuai dengan bahasa yang digunakan.

7. Menentukan Target Pengunjung

Anda bisa menentukan target pengunjung anda sendiri. Target pengunjung bisa lebih spesifik lagi agar iklan anda bisa menarik pengunjung yang sedang mencarinya. Anda dapat menentukan target pasar dengan detail demografi, usia, interest dan lainnya.

8. Mengatur Biaya Harian Iklan

Anda bisa menentukan berapa banyak biaya harian yang akan anda habiskan untuk sebuah iklan di Google Ads. Pengaturan budget ini bisa lebih efektif untuk sekali pasang iklan. 

Jika anda sebagai pemula, anda bisa menetapkan budget terendah terlebih dahulu untuk sekali pasang iklan. Google juga memiliki fitur untuk membatasi budget anda secara otomatis dan akan menghentikan iklan secara otomatis setelah batasan biaya tercapai.

9. Tentukan Bidding Untuk Iklan

Anda juga harus menentukan bidding untuk iklan anda. Bidding berfungsi untuk mengatur biaya ikla yang akan kamu keluarkan untuk sekali klik. Anda bisa mengaturnya pada konversi, klik atau impression kemudian anda bisa klik save and continue untuk menyelesaikannya.

10. Mengatur Keyword Untuk Iklan di Ad Group

Iklan akan muncul teratas jika keyword atau kata kunci yang digunakan sesuai. Dalam satu campaign terdapat beberapa ad group. Ad group akan memudahkan anda untuk mengetahui ad mana yang performanya lebih baik, dengan anda membuat beberapa ad group.

Anda dapat memasukkan keyword atau kata kunci yang sesuai dengan iklan yang anda buat. Tujuannya supaya pengguna internet menemukan iklan anda pada pencarian google. 

Anda bisa menyimpan keyword yang sudah anda isi dengan lengkap agar iklan anda dapat muncul di pencarian google.

11. Membuat Iklan/Ad Copy

Cara membuat iklan di Google Ads selanjutnya adalah membuat bentuk tampilan iklan. Google juga memberi batasan pada karakter teks agar bisa memuat seluruh isi teks iklan pada mesin pencarian. 

Agar iklan anda muncul, anda perlu membuat kalimat yang simple dan informatif. bertujuan untuk memancing pengguna internet untuk mengklik iklan anda.

12. Melakukan Review Iklan Anda

Setelah selesai melakukan pengaturan di atas, selanjutnya anda akan berada pada halaman review sebelum iklan anda terpasang di Google. Semuanya akan terlihat pada halaman review dengan detail serta biaya yang harus dibayarkan. Pada halaman ini, anda bisa mengubah atau memperbaiki yang ingin anda ubah.

13. Melengkapi Detail Pembayaran

Tahapan terakhir untuk membuat iklan di Google Ads adalah melengkapi detail pembayaran. Pembayaran bisa dilakukan secara manual atau otomatis dengan mengisi data terlebih dahulu. Bisa membayar menggunakan kartu kredit, debit, transfer atau lainnya.

Setelah melakukan proses pembayaran, iklan anda akan tayang di Google jika sudah disetujui dan dikonfirmasi.

Sudah mulai memasang iklan di Google?

Memulai memasang iklan di Google adalah hal yang bagus. Karena dengan Google anda dapat menjangkau lebih luas dan lebih spesifik. Tentunya dengan penawaran yang berbagai macam yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda.

Anda dapat menerapkan cara memasang iklan di Google Ads seperti diatas. Tentunya sangat mudah dan bisa mengembangkan bisnis anda. Jika anda masih bingung dan ingin belajar tentang Google Ads anda bisa belajar dan konsultasi dengan kami di Garuda Media Digital. Agensi jasa iklan Google Ads, Website dan landing page profesional bersertifikasi Certified Google Partner. Selain itu, anda dapat belajar tentang Google Ads melalui workshop atau sertifikasi  bersama Gus Nana ( Google Ads Specialist ).

Ingin beriklan di Google Ads?