5 Cara Mudah Membuat Website Toko Online Untuk Pemula!

membuat website jualan toko online

Cara membuat website  toko online – Internet memberikan kemudahan untuk semua penggunanya. Bahkan bisa mengakses kapanpun dan  digunakan untuk hal apapun. Misalnya saja, digunakan untuk berjualan online. Dari yang awalnya berjualan toko fisik atau offline, sekarang bisa saja menjual produk atau jasa melalui online.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang bisa anda dapatkan dalam berjualan online. Membuat website jualan online sangat mudah. Bahkan walaupun anda seorang pemula atau profesional pun. Keuntungan yang didapat  dari berjualan online adalah

  • Relasi Makin Banyak
  • Meningkatkan Penjualan
  • Jangkauan Lebih Luas
  • Lebih Efisien Dari Segi Waktu dan Biaya
  • Lebih Tertarget dan Tepat Sasaran

Sebelum anda memulai membuat website jualan toko anda juga perlu memperhatikan hal apa saja yang dibutuhkan sebelum membuat website. Anda bisa menyiapkannya terlebih dahulu, seperti:

1. Nama untuk website toko online anda

Anda perlu menentukan nama online toko anda yang berbeda dari toko online lainnya. Selain itu, tentunya nama toko online yang ingin anda buat sebaiknya dengan nama yang mudah diingat dan sederhana. Karena, pengguna internet akan lebih mudah menemukan toko online anda. Jika anda sudah memiliki toko dan mana, anda bisa menggunakannya. Karena dengan begitu, pelanggan anda akan lebih mudah mencari toko online anda.

2. Persiapkan domain untuk website toko online anda

Domain sangat berpengaruh terhadap nama toko. Domain diibaratkan sebagai jantung, jika anda tidak memiliki domain maka toko anda juga tidak akan bisa ditemukan oleh pengguna internet. Domain ini semacam alamat yang memudahkan pengguna internet dalam menemukan bisnis anda.

3. Tentukan produk apa yang ingin anda jual serta kemasan yang menarik

Sebuah toko tentunya memiliki produk yang dijual. Sebelum anda menentukan produk apa yang ingin anda jual, anda juga harus mengemas produk anda. Berguna untuk menarik pelanggan. Anda bisa membuat foto produk anda agar lebih banyak pengguna internet tertarik untuk berkunjung dan membeli produk anda. Dengan adanya visual yang anda tampilkan, tentunya juga akan berpengaruh. Pengguna internet akan lebih tahu produk seperti apa yang anda jual secara lebih detail.

4. Memilih demografi konsumen anda

Sebagai seorang pebisnis tentunya anda harus memiliki targeting ads untuk memastikan iklan anda tepat sasaran. Menentukan demografi konsumen bisa anda dasarkan pada nera, jenis kelammin, usia, pendidikan, status hubungan, dan lebih spesifik lagi. Dengan anda memilih demografi konsumen, anda bisa mendapatkan apa yang dibutuhkan konsumen pada saat itu. Karakteristik demografi berbeda-beda pada setiap pengguna internet serta membutuhkan pendekatan yang berbeda.

5. Membuat konten untuk meningkatkan traffic

Pengaruh konten pada suatu media sangat penting bagi pelaku bisnis. Konten yang menarik dan unik tentunya akan memberikan kesan yang lebih bagi pengguna internet. Tentunya, dalam membuat konten juga harus mempertimbangkan isi konten yang cocok sesuai dengan umur dan produk yang anda jual.

5 Cara Membuat Website Toko Online Untuk Pemula

Jika anda sudah mengetahui apa saja yang perlu anda siapkan untuk membuat website. Selanjutnya anda bisa langsung membuat website untuk bisnis online anda dengan mudah. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat website toko online yang bisa anda ikuti dengan mudah.

1. Membeli nama domain dan hosting website toko online

Pertama anda harus mempunyai domain dan berlangganan web hosting. Anda harus memilih yang terbaik dari banyaknya provider yang memberikan layanan, baik itu satuan ataupun bentuk bundling.

Pastikan anda memakai hosting yang anda pilih bisa di upgrade, jika sewaktu-waktu anda ingin merubah atau mengembangkan. Apalagi jika anda menggunakan hosting yang didukung oleh WordPress akan lebih bagus.

Anda harus mencari nama domain untuk toko anda yang bisa menarik pengguna internet, memiliki arti yang bagus, dan apakah produk anda sesuai dengan target pasaran. 

Setelah anda membeli nama domain dan layanan hosting website. Anda bisa langsung ke tahap selanjutnya, yaitu memasang CMS.

2. Memasang Content Management System (CMS) WordPress

Setelah membeli nama domain dan hosting website, anda bisa memasang CMS untuk website toko online anda.

Konten dan tampilan website anda akan lebih mudah mengaturnya dengan adanya CMS. Anda bisa menggunakan WordPress untuk memudahkan anda saat membuat website toko online anda.

3. Memasang plugin khusus untuk website

Selanjutnya, anda dapat menginstal plugin khusus untuk website toko online anda. Anda bisa menggunakan WooCommerce. Dengan menggunakan WooCommerce, anda bisa menggunakan berbagai fitur. Sehingga anda tidak perlu menggunakan plugin lainnya sebagai tambahan. 

Untuk mengaktifkan fitur yang ada pada WooCommerce, agar toko online anda menarik bisa menggunakan library ekstensi berbayar. Cara menginstall WooCommerce sangat mudah untuk anda ikuti, seperti;

  1. Anda harus Login terlebih dahulu ke dashboard WordPress.
  2. Kemudian, carilah Plugins di sebelah kiri, lalu Add New dan ketik WooCommerce pada pencarian.
  3. Lalu anda diminta untuk mengisi data informasi toko anda, hingga terisi semua.
  4. Setelah itu Selesai, dan anda bisa mengikuti langkah selanjutnya.

Anda bisa menggunakan WooCommerce untuk mengaktifkan metode pembayaran, seperti stripe dan paypal.

4. Mengisi konten pada toko online

Setelah anda membeli nama domain dan hosting, memasang CMS WordPress, dan memasang plugin. Anda bisa mengisi website toko online anda dengan menambahkan produk. Dengan cara klik menu product dan pilih Add New.

Anda dapat mengisi website toko online anda berupa nama produk, harga produk, deskripsi produk, kode produk, kategori produk, sampai foto atau video produk anda.

Anda juga bisa menambahkan informasi lainnya yang bisa anda tampilkan pada website toko online anda, seperti berat produk, biaya kirim atau proses pembayarannya.

5. Gunakan payment gateway

Seperti penjelasan di atas, jika anda perlu memberikan informasi untuk proses pembayarannya. Mayoritas masyarakat Indonesia menyukai hal yang fleksibel. Untuk itu, anda perlu menginstal plugin payment gateway tambahan. Di Indonesia sendiri, sudah menyediakan payment gateway seperti midtrans.

Apakah Anda Memiliki Website Toko Online?

Toko online memudahkan anda dalam berbisnis, dimana bisnis produk atau jasa anda bisa tertarget, jangkauan luas, dan meningkatkan traffic bisnis.

Selain itu, anda juga tidak perlu repot dan tentunya mudah serta fleksibel dalam segala hal. Namun anda juga perlu membangun interaksi yang baik dengan pelanggan anda jika anda sudah memiliki website toko online. Dengan adanya itu, anda juga akan memberikan rasa kepercayaan yang lebih pada website toko online anda. Anda dapat memulainya sekarang juga, dengan mengikuti 5 langkah membuat website toko online seperti diatas. 

Atau anda bisa menggunakan jasa pembuatan website yang terpercaya dan terbaik, seperti di Garuda Media Digital yang bisa membantu anda.

Garuda Media Digital hadir dengan menawarkan jasa pembuatan website agar anda tidak perlu pusing memikirkan strategi optimasi relevansi dan kecepatan website. Garuda Media Digital adalah agency jasa digital marketing yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Anda dapat berkonsultasi dengan kami mengenai rencana pembuatan media bisnis dan promosi anda. Kami juga melayani jasa pembuatan website dan jasa pembuatan landing page. Disamping itu, kami juga dapat membuat media promosi ini lebih powerfull dengan optimasi pengiklanan Google Ads. Sehingga website atau landing page yang anda buat akan menempati posisi nomor 1 halaman Google Search. Segera hubungi kami untuk penawaran menarik seputar jasa pembuatan landing page, website dan jasa iklan Google Ads!

Ingin membuat landing page dan website menarik?