Inilah Rahasia Kata Kunci Untuk Iklan Penelusuran

kata kunci iklan

Tips Kata Kunci Iklan Penelusuran atau Search Ads – Salah satu komponen yang penting dalam dunia periklanan khususnya Google Ads adalah kata kunci. Di sinilah semuanya dimulai, mulai dari menetapkan tawaran pada tingkat kata kunci sampai quality score. Ad rank juga ditentukan oleh kata kunci. Anda pun dikenakan biaya dari per klik yang dipicu oleh kata kunci.

Kata Kunci vs Istilah Penelusuran

Hal pertama yang perlu kita ketahui adalah kata kunci dengan istilah tidak sama, walaupun memang keduanya berhubungan. Istilah penelusuran sama dengan kueri penelusuran yang dilakukan oleh pengguna di Google. Sedangkan kata kunci adalah apa yang anda masukkan secara manual ke akun Google Ads dan akan dipicu oleh kueri penelusuran pengguna.

Jenis Pencocokan Kata Kunci

Pencocokan kata kunci adalah kriteria yang digunakan untuk menentukan kata kunci atau istilah penelusuran mana yang harus dipakai. Dalam Google Ads terdapat beberapa jenis pencocokan kata kunci yaitu

1. Broad Match atau Pencocokan Luas

Pencocokan luas adalah jenis pencocokan default yang ditetapkan untuk semua kata kunci anda. Iklan mungkin tampil  pada penelusuran yang menyertakan salah eja, sinonim dan penelusuran yang relevan. Jadi semisal ketika kata kunci anda adalah “celana kerja wanita”, seseorang mencari “beli celana kerja wanita” dan “syal wanita” mungkin mereka akan melihat iklan anda.

2. Phrase Match atau Pencocokan Frasa

Iklan mungkin akan tampil pada penelusuran yang cocok dengan frasa atau variasi yang mirip dari frasa tersebut. Baik yang menyertakan kata tambahan sebelum atau sesudahnya. Namun perlu digaris bawahi, iklan tidak akan tampil jika sebuah kata ditambahkan di tengah frasa yang mengubah arti frasa tersebut. Pencocokan frasa ditandai dengan tanda kutip (“celana pria”).

3. Exact Match atau Pencocokan Spesifik

Pencocokan ini akan menampilkan iklan sesuai penelusuran yang cocok dengan istilah yang sama persis atau variasi yang mirip. Variasi yang mirip mencakup penelusuran untuk kata kunci dengan arti yang sama dengan kata kunci yang sama persis, terlepas dari perbedaan ejaan atau susunan bahasa antara kueri dan kata kunci. Pencocokan persis ditandai dengan tanda kurung (sepatu jogging).

Ketika anda menginginkan istilah pencarian yang sama persis dengan kata kunci anda, maka anda harus menggunakan jenis pencocokan ini.

Strategi Kata Kunci

Penggunaan kata kunci tidak boleh sembarangan. Perlu merancang strategi yang tepat agar kata kunci benar-benar berguna untuk mendatangkan pelanggan ke halaman website anda. Berikut adalah beberapa strategi kata kunci yang kami rekomendasikan

1. Mulailah dengan broad short-tail keywords

Jika anda pemula yang baru memuat akun atau menjual produk, anda mungkin masih belum mengetahui perilaku iklan anda dan apa yang sebenarnya dicari pengguna. Pada dasarnya anda masih perlu mengumpulkan data yang cukup sebelum mulai beriklan. Cara terbaik dan tercepat untuk mengumpulkan data ini adalah dengan menggunakan kata kunci pengubah pencocokan luas.

Pengubah pencocokan luas adalah jenis pencocokan yang baik karena memberikan fleksibilitas kata kunci yang luas, tetapi pada saat yang sama memastikan bahwa semua kata benar-benar dimasukkan dalam istilah penelusuran. Contoh, jika anda menjual tour beserta tour guide nya di Karimunjawa, sedangkan anda baru memulai dan tidak yakin dengan apa yang sebenarnya di cari oleh calon pelanggan. Mereka mungkin mencari “wisata karimunjawa” atau “wisata sehari karimunjawa”, dan sebagainya. Yang perlu anda lakukan adalah memulai dengan kata kunci pengubah pencocokan luas “karimunjawa” dan “tour”. Untuk memulainya anda bisa menggunakan kata kunci tersebut.

Setelah beberapa hari, anda akan dapat memeriksa laporan istilah penelusuran dan melihat apa yang dicari orang kerika mereka menemukan iklan anda. Anda mungkin akan menemukan bahwa mereka mencari “tour sehari penuh karimunjawa”, atau “tour kapal karimunjawa”.

2. Gunakan long-tail keyword di Group iklan secara terpisah

Karena anda tahu pasti calon pelanggan mencari istilah ini, karena anda melihatnya di hasil istilah penelusuran, anda bisa menambahkannya sebagai pencocokan tepat. Jenis pencocokan tepat bisa mempersempit bidang dan memastikan bahwa hanya istilah penelusuran yang relevan yang memicu kata kunci anda. Semakin relevan kata kunci dan semakin dekat dengan istilah pencarian, semakin tinggi quality score dan mungkin semakin rendah biaya kliknya.

Skor kualitas kata kunci ditentukan oleh relevansinya dengan iklan dan landing page, ini adalah strategi yang bagus untuk meningkatkan score dan dengan demikian menurunkan biaya per klik.

3. Kelompokkan kata kunci berdasarkan niat membeli

Kemungkinan, ada cara lain untuk mengelompokkan kata kunci yang bisa anda gunakan. Anda bisa mengelompokkan kata kunci berdasarkan niat pembeliannya. Faktanya, beberapa kata kunci yang lebih luas mendorong istilah pencarian yang lebih umum dan informatif, sementara long-tail keyword mungkin memiliki niat pembeli yang lebih tinggi.

Cara Menawar Kata Kunci

Sama dengan angka mutu, tawaran kata kunci menentukan peringkat iklan anda. Google menawarkan beberapa startegi penawaran yang berbeda, tetapi lebih baik pilihlah salah satu.

1. Manual Bidding

Penawaran manual adalah opsi default dan seperti namanya, ini memungkinkan anda untuk sepenuhnya mengelola tawaran anda secara manual. Tawaran kata kunci pada dasarnya menunjukkan jumlah ideal yang bersedia anda bayarkan untuk sebuah klik. Oleh karena itu, mereka harus didasarkan pada jumlah anggaran yang anda siapkan. Semakin tinggi anggaran anda, semakin besar potensi yang dapat anda belanjakan per kliknya. Tetapi juga perlu dipertimbangkan persaingannya. Semakin ketat persaingannya, semakin mahal kata kuncinya.

Untuk menilai tingkat persaingan, anda bisa melihat metrik yang disebut Pangsa tayangan penelusuran. Pangsa tayangan (PT) adalah presentase tayangan yang diterima iklan anda dibandingkan dengan jumlah total tayangan yang bisa didapat iklan anda. Berdasarkan pangsa tayangan, anda bisa memutuskan apakah anda akan menaikkan atau menurunkan tawaran. Jika pangsa tayangan anda rendah dan anda merasa memiliki uang untuk diinvestasikan, maka menaikkan tawaran bisa menjadi ide yang bagus. Disisi lain, jika anda merasa sudah memaksimalkan anggaran, anda harus mencoba meningkatkan angka mutu denga alih-alih menaikkan tawaran.

2. Semi-Automated Bidding

Penawaran semi otomatis. Hanya ada satu startegi penwaran yang termasuk dalam kategori ini yaitu Enchanced CPC bid strategy (ECPC).

ECPC bekerja secara otomatis dengan menyesuaikan tawaran manual anda untuk klik yang terlihat lebih atau kurang cenderung menghasilkan penjualan atau konversi disitus web anda. Dengan strategi ini anda bisa menetapkan tawaran secara manual, tetapi sistem akan menyesuaikannya, baik menaikkannya atau menyetelnya ke nol. Ini adalah kompromi yang sangat baik antara solusi yang sepenuhnya manual dengan yang sepenuhnya otomatis. Jika anda menggunakan penawaran manual, sebaiknya anda beralih ke ECPC sebelum beralih ke strategi yang sepenuhnya otomatis.

3. Smart Bidding

Dengan strategi bidding target ROAS, sistem secara otomatis mengubah bid anda untuk mencapai target laba atas belanja iklan (ROAS) yang bisa anda tetapkan di tingkat kampanye atau grup iklan. ROAS adalah rasio antara pendapatan dan biaya yang dinyatakan dengan presentase.

Mengelola kampanye dengan target ROAS adalah tentang menemukan keseimbangan yang tepat antara target ROAS dan anggaran harian kampanye. Jika anda memiliki volume trafik dan konversi yang cukup dengan anggaran yang layak, sebaiknya anda mempertimbangkan strategi ini dengan serius.

Sudah mengerti rahasia kata kunci iklan penelusuran ini?

Kata kunci adalah mesin yang menjalankan Google Ads dan sangat penting bagi anda untuk bisa mempertahankannya dengan memeriksa dan memperbaruinya secara rutin. Dari menambahkan kata kunci baru atau menghapus kata kunci yang tidak berkerja dengan baik, hingga memperbarui kata kunci negatif dan mengubah tawaran. Jadi kata kunci perlu dipantau setiap saat agar dapat maksimal dalam menjalankan iklan Google Ads. Untuk itu Garuda Media Digital hadir dengan menawarkan jasa pengelolaan iklan Google Ads agar anda tidak perlu pusing memikirkan strategi dalam pemasaran produk dan layanan anda dengan Google Ads.

Garuda Media Digital adalah agency jasa digital marketing yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Anda dapat berkonsultasi dengan kami mengenai rencana pembuatan media bisnis dan promosi anda. Kami juga melayani jasa pembuatan website dan jasa pembuatan landing page. Disamping itu, kami juga dapat membuat media promosi ini lebih powerfull dengan optimasi pengiklanan Google Ads. Sehingga website atau landing page yang anda buat akan menempati posisi nomor 1 halaman Google Search. Segera hubungi kami untuk penawaran menarik seputar jasa pembuatan landing page, website dan jasa iklan Google Ads!

Ingin beriklan di Google Ads?