Cara Penargetan Iklan Google Display Network (GDN)

penargetan Iklan Display GDN

Penargetan Iklan Display – Pengiklan Google memiliki beberapa opsi penargetan yang berbeda untuk mendapatkan banyak pelanggan baru di iklan Display Network (GDN). Pada pembahasan kali ini kita akan mengupas tentang penargetan iklan display dengan penargetan topik dan penargetan minat. Simak penjelasan berikut ini

Pengertian Penargetan Topik

Penargetan Topik adalah salah satu fitur yang ada didalam Google Ads, dimana memungkinkan anda untuk menargetkan topik di kampanye iklan display. Dengan penargetan topik anda akan mendapatkan banyak tayangan. Menggunakan topik untuk menargetkan iklan display anda secara tidak langsung, akan membantu iklan menjangkau audiens yang lebih luas. Perlu kita ketahui kalau konten yang ada disebuah website akan berubah seiring waktu, laman tempat tayangnya iklan andapun akan berubah. Maka dari itu pilihlah satu atau beberapa topik yang relevan dengan bisnis anda, sehingga anda tetap bisa menampilkan iklan di halaman tersebut.

Selain itu, penargetan topik bisa anda kombinasikan dengan penempatan individual (umumnya penempatannya di situs atau laman yang anda inginkan dan penargetan kata kunci memungkinkan anda memilih kata kunci mana yang akan menargetkan iklan anda). Untuk penargetan yang tepat, anda bisa mengkombinasikan penargetan topik dengan penempatan atau penargetan kata kunci.

1. Penargetan kata kunci dan topik

Contoh jika kata kunci dan target topik anda berada didalam grup iklan yang sama, maka anda perlu mempertimbangkan terlebih dahulu untuk tujuan menampilkan iklan display anda. Iklan anda bisa saja tidak muncul di halaman yang tidak cocok dengan kata kunci anda, walaupun halaman tersebut relevan dengan topik yang anda pilih.

2. Penempatan dan penargetan topik

Penargetan topik memungkinkan iklan display anda tampil disitus manapun yang relevan dengan konten anda di Google Display Network. Sedangkan, penargetan penempatan memungkinkan iklan anda untuk tampil hanya di halaman tertentu yang sudah anda pilih di Google Display Network. Itu tidak akan tampil di penempatan yang belum anda tentukan. keduanya bisa anda gunakan didalam satu grup iklan. Perlu dipahami, jika anda memilih “jangkauan spesifik” di setelan kampanye jaringan display, maka iklan anda hanya akan tampil di halaman tertentu yang topiknya relevan dengan konten anda.

Biaya Penargetan Topik

Biaya penargetan topik dilakukan dengan cara yang sma seperti opsi penargetan lainnya. Dimana anda menentukan jumlah tawaran maksimum atau memilih strategi penawaran otomatis yang bisa anda bayarkan setiap kali iklan anda tayang. Kemudian Google Ads akan menampilkan iklan anda di jaringan Google dengan konten yang relevan dengan topik anda dimana tawaran anda bisa mendapatkan posisi yang baik.

Kenapa Harus Penargetan Topik?

Jika anda ingin menjangkau market lebih luas dan menghasilkan banyak trafik anda bisa menggunakan penargetan topik. Misalnya, anda menjual sepatu hiking maka anda bisa memilih subtopik adventure/hiking dan berkemah untuk menampilkan iklan anda dihalaman tersebut untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Kedua penargetan topik bisa digunakan jika anda ingin menghalau iklan anda muncul di halaman dengan topik yang tidak relevan dengan bisnis anda.

Penargetan Topik vs Penargetan Minat

Penargetan topik digunakan untuk menempatkan iklan display pada halaman yang relevan dengan “topik” secara keseluruhan. Sedangkan penargetan minat memungkinkan anda untuk menjangkau audiens yang memiliki minat tertentu, terlepas dari iklan display yang anda tampilkan kepada mereka, relevan dengan halaman yang mereka cara saat ini. Mudahnya, minat menargetkan pengguna, sedangkan  topik menargetkan situs yang relevan dengan bisnis anda.

1. Penargetan Topik

Didalam Google Display Network anda memiliki kontrol untuk menargetkan penempatan menurut topik. Kemudian Google akan melihat konten setiap halaman % menentukan topik yang sesuai. Ketika membuat kampanye, anda bisa memilih berbagai topik dari daftar yang sudah ada sebelumnya. Setelah itu Google akan menampilkan iklan anda di berbagai situs yang berkualitas yang relevan dengan topik yang sudah dipilih. Dengan begitu, anda bisa meninjau statistik kampanye berdasarakan topik, membantu anda menyesuaikan CPC maksimum sesuai dengan kinerjanya. Penargetan topik menjadi cara yang baik untuk mendapatkan lebih banyak eksposur dijaringan tampilan Google tanpa menargetkan situs-situs satu per satu.

2. Penargetan Minat

Dalam kategori minat, anda bisa menargetkan grup audiens yang kemungkinan memiliki minat yang sama. Seperti kebugaran, pendidikan, masak-masakan, berkebun dan lain sebagainya. Setelah anda menentukan kategori yang ingin anda targetkan, anda bisa menampilkan iklan yang relevan kepada mereka kapan pun dan dimana pun mereka online. Pengguna tidak perlu melakukan penelusuran untuk menemukan halaman yang relevan dengan iklan anda, karena ketersediaan informasi cookie yang dibagikan oleh Google menempatkan mereka dalam kelompok tertentu. Sama seperti penargetan topik, anda bisa menggali lebih untuk hasil yang spesifik.

Sudah Menentukan Target Iklan GDN Anda?

Semoga anda mendapatkan banyak insight tentang penargetan topik. Anda perlu memahami pentingnya penargetan di Google Display Network dan bagaimana hal itu bisa mendatangkan banyak tayangan. Garuda Media Digital hadir dengan menawarkan jasa pengelolaan iklan Google Ads agar anda tidak perlu pusing memikirkan strategi dalam pemasaran produk dan layanan anda dengan Google Ads.

Garuda Media Digital adalah agency jasa digital marketing yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Anda dapat berkonsultasi dengan kami mengenai rencana pembuatan media bisnis dan promosi anda. Kami juga melayani jasa pembuatan website dan jasa pembuatan landing page. Disamping itu, kami juga dapat membuat media promosi ini lebih powerfull dengan optimasi pengiklanan Google Ads. Sehingga website atau landing page yang anda buat akan menempati posisi nomor 1 halaman Google Search. Segera hubungi kami untuk penawaran menarik seputar jasa pembuatan landing page, website dan jasa iklan Google Ads!

Ingin beriklan di Google Ads?