Pengertian CTR dalam Google Ads dan Fungsinya
Pengertian CTR dalam Google Ads – Pelajari pengertian CTR atau Click-Through Rate, bagaimana pengaruhnya terhadap iklan dan quality score anda. Dalam model PPC, semakin banyak sesorang mengklik, maka semakin banyak uang yang dihasilkan oleh search engine.
Ketika pengguna datang ke mesin pencari, mereka memiliki pertanyaan dan ingin mencari jawaban. Mereka akan menuliskan pertanyaan, masalah atau kebutuhan mereka ke mesin pencari. Dan pengguna akan memberi tahu anda dengan tepat apa yang mereka cari atau butuhkan melalui data dari mesin pencari. Mereka sudah memutuskan bahwa mereka membutuhkan sesuatu dan sekarang mereka harus berusaha untuk menemukannya. Untuk itu membuat iklan pencarian berbayar yang relevan adalah langkah pertama bagi anda sebagai pengiklan dalam memenuhi kebutuhan itu.
Apa Pengertian Click-Through Rate (CTR)?
Sederhananya, Click-Through Rate (CTR) pengertiannya adalah presentase tayangan yang menghasilkan klik. Sebagai metrik, CTR memberi tahu anda seberapa relevan pencari menemukan iklan anda.
Jika anda memiliki:
- CTR tinggi artinya pengguna menganggap iklan anda sangat relevan.
- CTR rendah artinya pengguna menganggap iklan anda sangat kurang relevan.
Tujuan akhir dari setiap kampanye adalah mendapatkan audiens yang memenuhi syarat untuk datang ke situs web anda dan melakukan konversi yang diinginkan. Misalnya melakukan pembelian, mengisi formulir atau prospek, mengunduh, dan lain sebagainya.
CTR adalah langkah pertama dalam proses untuk meningkatkan relevansi iklan anda dan menghasilkan tindakan yang diinginkan.
Bagaimana CTR Yang Baik?
Bagus tidaknya CTR adalah tergantung dengan industri, kumpulan kata kunci yang anda tawar, kampanye. Bukan hal yang aneh melihat CTR dua digit pada kata kunci bermerek saat seseorang menelusuri nama merek anda atau nama produk yang bermerek. Juga bukan hal yang aneh ketika melihat CTR kurang dari 1% pada kata kunci luas dan tidak bermerek.
Tips Meningkatkan CTR
Ada banyak cara yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan CTR, diantaranya:
1. Tinjau kata kunci
Pantau dashboard Google Ads dan lihat perubahannya. Lihat biaya yang dikeluarkan dan kinerja kata kunci tersebut dalam mengoptimalkan trafik. Selanjutnya, tentukan apakah kata kunci tersebut akan tetap digunakan atau tidak
2. Optimalkan judul
Manfaatkan otomatisasi untuk membantu meningkatkan kualitas trafik ke situs web anda.
3. Optimalkan judul
Penting untuk mengetahui trafik dari penggunaan jenis pencocokan luas. Anda perlu meninjau laporan kueri penelusuran sehingga anda akan memahami mana yang menghasilkan konversi dan mana yang tidak.
Bagaimana CTR Bisa Mempengaruhi Ad Rank ?
CTR bukan hanya sebuah pertanda seberapa relevan iklan anda bagi pencari. CTR juga berkontribusi pada peringkat iklan anda di search engine.
Ad rank menentukan posisi iklan anda di halaman hasil pencarian. Jika anda menjalankan iklan dan menghasilkan CTR rendah, Google akan menganggap bahwa iklan baru apa pun yang anda tambahkan ke akun Google Ads juga akan memiliki CTR rendah dan mungkin peringkatnya lebih rendah di halaman.
CTR yang buruk bisa menyebabkan posisi iklan rendah dan tidak peduli seberapa banyak anda menawar.
Bagaimana CTR Mempengaruhi Quality Score?
Quality Score adalah ukuran relevansi pengiklan yang berhubungan dengan kata kunci, ad copy, dan landing page. Semakin relevan iklan dan landing page bagi pengguna, maka semakin besar kemungkinan anda akan melihat quality score yang lebih tinggi.
Quality score dihitung dengan pengukuran mesin dari CTR yang diharapkan, relevansi iklan, dan pengalaman pengguna di landing page. CTR yang baik akan membantu anda mendapatkan quality score yang lebih tinggi. Bagaimana kalau CTR rendah? Tidak perlu gelisah, ada kalanya CTR itu rendah dan jangan dibuat menjadi beban untuk anda. Tidak masalah jika CTR anda rendah, selama kata kunci dan iklan anda bekerja dengan baik sesuai dengan tujuan bisnis anda itu sudah bagus.
Sudah mengerti pengertian CTR dan kegunaannya?
Click-Through Rate (CTR) adalah metrik penting bagi pengiklan Google Ads. CTR tinggi dengan konversi yang tinggi menjadi impian bagi para pengiklan. Namun untuk mendapatkannya perlu melakukan optimasi terhadap banyak hal pada iklan yang dipasang. Hal ini yang membutuhkan pengetahuan dan pengalaman dalam mengelola iklan Google Ads. Untuk itu Garuda Media Digital hadir dengan menawarkan jasa pengelolaan iklan Google Ads agar anda tidak perlu pusing memikirkan strategi dalam pemasaran produk dan layanan anda dengan Google Ads.
Garuda Media Digital adalah agency jasa digital marketing yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Anda dapat berkonsultasi dengan kami mengenai rencana pembuatan media bisnis dan promosi anda. Kami juga melayani jasa pembuatan website dan jasa pembuatan landing page. Disamping itu, kami juga dapat membuat media promosi ini lebih powerfull dengan optimasi pengiklanan Google Ads. Sehingga website atau landing page yang anda buat akan menempati posisi nomor 1 halaman Google Search. Segera hubungi kami untuk penawaran menarik seputar jasa pembuatan landing page, website dan jasa iklan Google Ads!