Pilih Google Ads atau Facebook Ads Ya?
Perbedaan Google Ads dan Facebook Ads – Banyak bisnis yang memanfaatkan kelebihan iklan di Google dan Facebook secara bersamaan. Hal tersebut untuk meningkatkan visibilitas, prospek penjualan, menjangkau pelanggan baru, dan mengadaposi strategi berbeda sesuai fungsi masing – masing platform. Lalu apa yang menjadi perbedaan antara Google Ads dan Facebook Ads? bagaimana kedua platform ini bekerja? dan kenapa anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan keduanya sebagai strategi digital marketing?
Perbedaan Google Ads dan Facebook Ads
Sebelum kita melihat berbagai kekuatan dan fitur Iklan Google dan Iklan Facebook, penting untuk memahami perbedaan utama antara kedua platform iklan tersebut. Berikut ini adalah beberapa perbedaan kedua platform ini
Google Ads
Google Ads yang sebelumnya dikenal sebagai Google AdWords adalah platform periklanan PPC terbesar dan terpopuler di dunia. Platform ini berfokus pada penargetan kata kunci dan penggunaan iklan berbasis teks. Pengiklan yang menggunakan Google akan menawar kata kunci dan frasa spesifik yang disertakan dalam kueri penelusuran yang dimasukkan oleh pengguna Google dengan harapan iklan mereka akan ditampilkan disamping hasil penelusuran untuk kueri ini.
Setiap kali pengguna mengklik iklan, pengiklan akan dikenakan sejumlah uang oleh karena itu disebut “iklan bayar per klik”. Penawaran PPC dan pengoptimalan tawaran adalah topik yang kompleks tetapi pada dasarnya pengguna membayar potensi untuk menemukan pelanggan baru berdasarkan kata kunci dan istilah penelusuran yang mereka masukkan ke Google.
Facebook Ads
Facebook ads adalah salah satu contoh dari apa yang dikenal sebagai “paid social” atau beriklan di jejaring sosial. Dengan jumlah pengguna aktif bulanan tertinggi dari jejaring sosial manapun didunia, facebook sudah menjadi elemen yang sangat kompetitif dan berpotensi menguntungkan dari banyak strategi periklanan digital.
Meskipun sedikit mirip dengan Google Ads pengiklan yang menggunakan kedua platform tesebut pada dasarnya mempromosikan bisnis mereka melalui internet. Tidak seperti paid search, yang membantu bisnis menemukan pelanggan baru melalu kata kunci. Paid social membantu pengguna menemukan bisnis berdasarkan hal-hal yang mereka minati dan kebiasaan atau pola mereka didalam dunia online.
Ketika sampai pada perbedaan utama antara Google Ads dan Facebook Ads, kita dapat menyimpulkan bahwa Google Ads membantu anda menemukan pelanggan baru, sementara Facebook membantu pelanggan baru menemukan anda.
Kelebihan Google Ads
Sebagai mesin pencari paling populer dan banyak digunakan didunia, Google dianggap sebagai pemimpin de facto didalam periklanan online. Google menawarkan pengiklan akses ke audiens potensial yang belum pernah ada sebelumnya dan tiada bandingnya dari pengguna yang secara aktif mencari barang dan jasa.
Penawaran Google Ads dibagi menjadi dua jaringan utama, search network dan display network. Jaringan pencarian mencakup keseluruhan Google sebagai mesin pencari dan pengiklan bisa menawar jutaan kata kunci dan frasa untuk menargetkan calon pelanggan. Google Display Network, yang menawarkan lebih banyak iklan visual dan menjadikannya pilihan yang tepat bagi pengiklan yang ingin mencapai target marketing yang tidak harus didorong oleh konversi, seperti meningkatkan brand awareness.
1. Menjangkau audiens lebih luas
Salah satu keuntungan utama menggunakan Google sebagai platform untuk beriklan adalah jangkauannya yang luas. Google menerima lebih dari 40.000 permintaan pencarian setiap detik, total lebih dari 1,2 triliun pencarian web setiap tahun. Kemudian tidak ada mesin pencarian lain yang bisa memberikan audiens potensial seperti yang diberikan oleh Google. Sumber calon pelanggan potensial ini sendiri menjadikan Google sebagai pilihan yang tepat untuk mendukung pemasaran digital anda.
2. Beragam format iklan
Walaupun Google Ads berbasis teks, pengiklan bisa memanfaatkan beragam fitur untuk membuat iklan mereka lebih menarik dan memikat calon pelanggan. Ekstensi iklan, tautan situs, penargetan lokasi dan sejumlah fitur lainnya tersedia untuk pengiklan, menawarkan tingkat penyesuaian dan kontrol yang tak tertandingi bagi pengiklan. Tidak peduli apa yang akan anda jual atau kepada siapa anda menjualnya, kemungkinan besar ada format atau fitur iklan yang akan membuat barang atau jasa anda lebih menarik bagi target market anda. Google terus menerapkan format dan fitur iklan baru, yang semakin memberdayakan pengiklan untuk menjangkau audiens baru dan mendorong bisnis baru.
Kelebihan Facebook Ads
Saat ini Facebook adalah pelopor dalam bidang paid social dan telah menjadi bagian sentral dari banyak strategi digital marketing.
1. Perincian audiens yang tak tertandingi
Sama seperti Google, Facebook menawarkan audiens global yang sangat luas. Dengan lebih dari 1,55 M pengguna aktif bulanan, lebih dari seperlima dari seluruh populasi dunia, dan itu belum termasuk akun yang tidak aktif atau jarang digunakan.
Orang-orang membagikan hampir setiap detail kehidupan mereka di Facebook. Mulai saat bertemu, menikah dan sampai memiliki buah hati. Pengguna Facebook berbagi kabar dan kebahagiaan di beranda Facebook mereka. Mereka juga mencari dan mengonsumsi konten dengan topik yang selaras dengan berbagai minat, keyakinan, ideologi dan nilai pribadi. Hal inilah yang memberikan pengiklan peluang unik untuk bisa menyesuaikan pesan ke target audiens. Bahkan dengan cara yang sebelumnya dianggap tidak mungkin atau bahkan tidak terbayangkan.
Pengiklan dapat mengunggah informasi pelanggan dari database mereka sendiri ke Facebook. Kemudian menerapkan pemfilteran berdasarkan datanya sendiri dan informasi yang disediakan oleh perantara data pihak ketiga untuk mencocokan pengguna yang informasinya diunggah oleh pengiklan.
Hal ini menciptakan audiens pengguna yang “mirip” dan memungkinkan anda untuk secara efektif menggandakan potensi jangkauan iklan anda. Anda dapat menargetkan pelanggan baru yang menunjukkan minat dan perilaku konsumen yang sama dengan pelanggan yang sudah ada.
2. Platform visual inheren
Sama seperti Google yang terus mencoba dengan format iklan PPC berbasis teks, Facebook juga terus mengevaluasi bagaimana mereka bisa menawarkan platform pemasaran yang unggul. Terlepas dari perubahan besar pada tata kelola periklanannya, Facebook tetap menjadi platform visual yang inheren.
Mana yang harus anda gunakan? Google vs Facebook?
Google Ads dan Facebook Ads adalah platform periklanan yang sangat kuat. Kedua platfoorm ini melayani hampir semua jenis bisnis. Beberapa orang bersikeras untuk membandingkan keduanya walaupun memang kedua platform ini memiliki beberapa kesamaan namun cara kedua platform tersebut berevolusi secara independen satu sama lain. Hal ini menunjukkan bahwa Google dan Facebook harus digunakan secara bersamaan, bukan bertentangan. Jadi kalau bisa memanfaatkan keduanya kenapa harus memilih salah satu ?
Garuda Media Digital adalah agency jasa digital marketing yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Anda dapat berkonsultasi dengan kami mengenai rencana pembuatan media bisnis dan promosi anda. Kami juga melayani jasa pembuatan website dan jasa pembuatan landing page. Disamping itu, kami juga dapat membuat media promosi ini lebih powerfull dengan optimasi pengiklanan Google Ads. Sehingga website atau landing page yang anda buat akan menempati posisi nomor 1 halaman Google Search. Segera hubungi kami untuk penawaran menarik seputar jasa pembuatan landing page, website dan jasa iklan Google Ads!