6 Contoh Social Proof Untuk Meningkatkan Konversi

Social Proof untuk Meningkatkan Konversi

Meningkatkan Konversi Dengan Social Proof – Social proof salah satu cara marketing yang banyak digunakan oleh para marketer. Dengan menambahkan social proof dilanding page bisa meningkatkan rasio konversi. Karena calon pelanggan merasa produk ini sudah dipercaya oleh banyak orang dan dari social proof yang ditampilkan pun memperlihatkan perubahan yang dirasakan pengguna setelah memakai produk atau layanan suatu bisnis. Secara tidak langsung bisa meningkatkan kepercayaan calon pelanggan kepada brand anda.

Apa Itu Social Proof?

Pertama kali dicipatakan oleh Robert Cialdini dalam bukunya, Influence: The Psychology of Persuasion (1984), social proof atau bukti sosial digunakan untuk mempengaruhi pilihan pelanggan disaat mereka di ambang keraguan.

Ketika kita ingin membeli suatu produk tetapi tidak tahu merek mana yang harus kita berli, kita akan mencoba mencari bukti sosial tentang produk dari merek tersebut, seperti review, testimoni ataupun lainnya. Kemudian baru kita akan memutuskan untuk membeli atau tidak.

Kenapa Social Proof Sangat Penting di Landing Page?

Telah terbukti secara ilmiah bahwa dengan adanya social proof bisa meningkatkan konversi. Studi membuktikan bahwa ketika sesorang ingin meriset sebuah produk, mereka akan mencari info dari teman-teman mereka dan menggali pengalaman mereka selama memakai produk/layanan tersebut. 83% orang lebih percaya dengan ulasan dari pada iklan dan memiliki setidaknya 5 ulasan bisa meningkatkan kemungkinan untuk membeli hampir 4 X lipat.

Tanpa ada social proof, maka anda memaksa calon pelanggan anda untuk membuat keputusan sendiri dan bisa jadi itu keputusan yang sulit bagi mereka. Dan manusia cenderung tidak suka membuat keputusan sendiri, mereka lebih suka meminta pendapat orang lain sebelum memutuskan sesuatu.

6 Contoh Social Proof Untuk Meningkatkan Konversi

Berikut adalah 6 contoh social proof untuk membantu meningkatkan konversi anda:

1. Testimonial

Ini adalah bentuk social proof yang paling umum dipakai. Dengan adanya testimonial, calon pelanggan bisa memahami keunggulan dari produk atau layanan anda. Tapi ingat usahakan testimonial tesebut memang real dan tidak direkayasa. Adapun cara untuk membuat testimonial anda terasa lebih asli dan bisa dipercaya, sebagai berikut:

  • Munculkan nama asli, cukup munculkan nama depan customer anda.
  • Tampilkan jenis produk yang dibeli/dipakai.
  • Tambahkan foto before/after menggunakan produk/layanan anda.
  • Tampilkan komentar/tanggapan pelanggan anda setelah memakai produk tersebut.

2. Ulasan

Adapun perbedaannya dengan testimonial adalah kalau ulasan pelanggan menulis testimonial di situs web atau local guide. Mereka bebas berkontribusi untuk memberikan jumlah bintang yang mereka mau, sesuai dengan pengalaman yang mereka dapatkan.

3. Logo Klien

Jika bisnis anda bergerak dibidang jasa, anda bisa menampilkan logo-logo dari brand yang pernah menjadi klien atau pernah bekerja sama dengan anda. Semakin ternama brand yang bekerja sama dengan anda, tentu akan meningkatkan kredibilitas bisnis anda. Perlu anda ketahui bahwa, logo klien adalah salah satu bentuk terbaik diantara semua bentuk social proof yang digunakan  di landing page. Mudahnya, logo klien adalah salah satu cara termudah untuk mengkomunikasikan kepercayaan dan kredibilitas.

4. Data Pelanggan

Jika anda memiliki sebuah ecourse atau aplikasi, anda bisa menampilkan jumlah member atau orang yang sudah mendowload aplikasi anda. Tidak perlu menampilkan secara detail, cukup tampikan angka besarnya saja.

5. Penghargaan

Apabila anda pernah mendapatkan penghargaan dari ajang bergengsi, anda bisa menampilkan penghargaan tersebut dilanding page. Ini memberi tahu calon pelanggan bahwa bisnis anda kredibel, terbukti dan sudah dipercaya oleh semua elemen masyarakat.

6. Usia Bisnis

Mungkin anda sudah memiliki pengalaman selama bertahun-tahun dengan setia membantu klien-klien anda. Dengan begitu menandakan bahwa sebagian besar klien anda puas dengan layanan bisnis anda. Contoh: Selama 20 tahun, kami berhasil membantu 200.000 pengusaha untuk mengembangkan perusahaannya sampai masuk IPO.

Sudah Memakai Social Proof Untuk Meningkatkan Konversi?

Social proof memiliki beberapa jenis yang dapat anda gunakan untuk meningkatkan konversi anda. Dengan social proof, pengunjung akan lebih percaya terhadap bisnis yang anda jalankan. Oleh karena itu kami sangat sarankan untuk memasang social proof pada landing page atau website anda. Jika anda masih bingung dan ingin belajar tentang Google Ads anda bisa belajar dan konsultasi dengan kami di Garuda Media Digital. Agensi jasa iklan Google Ads, Website dan landing page profesional bersertifikasi Certified Google Partner. Selain itu, anda dapat belajar tentang Google Ads melalui workshop atau sertifikasi  bersama Gus Nana ( Google Ads Specialist ).

Ingin beriklan di Google Ads?