7 Tips Ad Copy (Copywriting) Google Ads Yang Optimal

Tips membuat Ad Copy Google Ads yang optimal – Dalam sebuah iklan, tentunya ada teks pendek yang ditampilkan untuk menarik perhatian audiens. Hal ini mungkin terlihat mudah, namun hal ini lah yang menjadi pusat perhatian audiens agar tertarik. Menulis teks pendek justru membuat pengiklan akan merasa tertantang. Anda juga perlu memikirkan teks pendek dalam iklan dan jangan asal dalam menyusun teksnya.

Copywriting di Iklan PPC Google Ads

PPC atau Pay-Per-Click adalah online Advertising dengan pengiklan yang hanya membayar setiap kali pengguna mengklik satu iklan. Sebenarnya jenis iklan PPC banyak, namun kali ini yang akan dibahas dan paling umum adalah Search ads. Munculnya iklan ini ketika pengguna internet membuka search engine google, yahoo, dan lainnya.

Tampilan iklan search PPC adalah dalam format teks, dibagian paling atas atau bawah halaman search engine. Supaya pengguna internet membuka website dan untuk meningkatkan CTR, penulis ad copy (copywriting) PPC adalah modal utama. Copywriting yang tepat akan meningkatkan ad relevance, jadi bid harga iklan akan lebih murah. 

Ada tiga bagian utama Ad Copy Google Ads, yaitu :

1. Headline - 3 bagian, 30 karakter

Headline atau frasa judul pada Ad Copy Google Ads dengan warna biru dan ukurannya paling besar. Sehingga sangat penting untuk penulis, menuliskan hal yang relevan dengan iklan bagi pengguna. Anda bisa menggunakan title case yaitu untuk penulisan judul seperti: Tips copywriting google ads.

2. Description - 2 bagian, 90 karakter

Description atau kalimat penjelas pada Ad Copy Google Ads dengan warna hitam, ukurannya lebih kecil serta memuat banyak kata. Anda bisa menggunakan sentence case yang digunakan untuk penulisan kalimat seperti: Tpis copywriting Google Ads yang optimal.

3. URL Path - 2 bagian, 15 karakter

Ternyata URL path pada iklan Google Ads Search dapat dimodifikasi. Kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk optimasi dengan menuliskan keyword.

Prioritaskan informasi penting pada awal tulisan ketika menulis headline dan description, Kenapa harus anda lakukan? karena adanya keterbatasan ruang yang tidak bisa muncul di mobile.

7 Tips Ad Copy (Copywriting) Google Ads

1. Memahami Definisi Copywriting

Sebelum anda menulis copywriting anda harus tahu dulu apa itu copywriting. Copywriting adalah salah satu teknik untuk mempengaruhi pembaca untuk mengikuti beragam bentuk. Tujuannya agar pembaca membeli, mendaftar atau berlangganan dengan layanan tawaran anda.

Sifat dari copywriting adalah persuasif, di dunia digital ini berbagai media digital sudah menerapkan copywriting.

2. Copywriting Google Ads

Sebelum membahas semakin jauh, Anda juga perlu mengetahui tentang Google Ads. Google Ads adalah layanan periklanan yang paling populer saat ini. Dengan menerapkan PPC dan hanya membayar saat iklan dipromosikan mendapatkan hasil. Seperti aktivitas pengunjung dan interaksi ketika mengunjungi situs. 

Skill copywriting sangat diperlukan dan menjadi amat penting ketika menggunakan iklan berbasis PPC yang dapat ditinjau dalam bentuk teks. Yang ditampilkan pada bagian teratas atau bagian terbawah pada halaman mesin pencarian.

Copywriting yang sering digunakan pada Google Ads sering disebut dengan Ad Copy. Dimana Aad Copy memiliki peranan penting dalam meningkatkan Ad relevance dan menemukan bid harga iklan di Google Ads.

3. Meninjau Berbagai Tips Ad Copy Pada Google Ads

a. Kenali Pelanggan

Ada pepatah mengatakan Tak Kenal Maka Tak Sayang. Sebagai seorang pebisnis, tentunya anda harus bisa berkenalan dan memahami karakter pelanggan. Aanda harus mengetahui apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pelanggan. Anda harus membangun perkenalan yang baik dengan pelanggan anda. 

Dengan begitu, pelanggan akan tertarik pada saat awal perkenalan. Bukankah ini langkah awal yang baik? Anda perlu membuat Ad Copy yang menarik dengan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan. Anda perlu mengkorelasikan produk atau jasa yang anda tawarkan kepada pelanggan dengan susunan kata atau kalimat yang dapat mempersuasif pelanggan. Tujuannya agar pelanggan tertarik dan membeli.

b. Lakukan Riset

Dalam membuat iklan atau ad copy kita juga memerlukan riset terlebih dahulu. Seperti riset kompetitor, dan riset keyword. Tujuan dari mereset ini agar memudahkan anda dalam membuat iklan atau ad copy.

c. Buat Judul dan Headline Menarik

Sebuah pembuatan konten, kreativitas dan inovasi sangat dibutuhkan. Apalagi pada copywriting iklan yang harus dibuat dengan semenarik mungkin baik itu dari judul maupun headline. 

Sama seperti konten vlog dan blog, judul menjadi perhatian awal yang dituju. Sehingga kalimat persuasif perlu diterapkan, karena memiliki perhatian yang penting sesuai dengan isi konten yang anda iklankan. 

Headline bisanya perlu dicantumkan pada sebuah lead atau pembukaan paragraf yang memiliki daya tarik. Anda dapat menerangkan penjelasan berupa fakta dan membangkitkan rasa keingintahuan tinggi kepada pelanggan.

d. Kualitas Copywriting ditinjau

Selain membuat ad copy yang menarik, anda juga perlu menomorsatukan kualitas. Karena kualitas sebuah ad copy dapat dibarengi dengan sebuah daya tarik, penulisannya tidak beda jauh dengan penulisan pada umumnya.

4. Hubungkan Kebutuhan dengan Solusi

Ketika anda menulis ad copy anda perlu menghubungkan antara kebutuhan dengan solusi. Contohnya ketika pelanggan atau pengguna internet ingin kursus digital marketing, namun terkendala dengan mobilitas kesibukan bekerja. Anda bisa menawarkan Belajar Digital Marketing Online Dimanapun.

5. Informatif dan Jelas

Ketika anda ingin membuat ad copy yang bisa menarik calon pelanggan, anda bisa menggunakan kalimat yang jelas dan informatif. Sehingga pembaca akan mengetahui maksud dan tujuan anda ketika beriklan menyampaikan informasi dan tertarik dengan tulisan anda.

6. Sugestif

Anda perlu memberikan tambahan kalimat sugestif untuk pembaca. Tujuannya untuk memberikan rasa sugestif pada pembaca ketika membaca ad copy anda. Contohnya Belajar Digital Marketing Untuk Jangkau Lebih Banyak Customer Secara Lebih Mudah.

7. Persuasif

Ad copy atau copywriting apapun, jangan lupa untuk menyisipkan kalimat persuasif didalam teksnya. Seringkali kalimat persuasif berada pada akhir teks, dengan kalimat ajakan, bergabung atau mendaftar.

Umumnya kalimat ini bisa dikatakan sebagai CTA. CTA dapat digunakan untuk mendorong sekaligus memberikan komitmen kepada calon pelanggan.

Sudahkah Anda Membuat Ad Copy atau Copywriting yang Bisa Menarik Pelanggan Baru?

Ad coy atau copywriting adalah sebuah konten dalam iklan berupa teks yang disusun sedemikian rupa bertujuan untuk mempengaruhi pembaca supaya tertarik pada produk atau jasa anda setelah membaca iklan.

Ada 7 tips yang bisa anda terapkan dalam menyusun atau membuat ad copy (copywriting) agar menarik pembaca untuk mengklik atau membeli produk yang anda iklankan.

Jangan khawatir untuk menggunakan jasa mana untuk mengiklankan bisnis anda! Anda dapat menggunakan jasa Garudamediadigital.id untuk membantu mengembangkan bisnis anda lebih meningkat. Kunjungi websitenya dan jangan lupa baca informasi lainnya untuk menunjang bisnis online anda.

Garuda Media Digital adalah agency jasa digital marketing yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Anda dapat berkonsultasi dengan kami mengenai rencana pembuatan media bisnis dan promosi anda. Kami juga melayani jasa pembuatan website dan jasa pembuatan landing page. Disamping itu, kami juga dapat membuat media promosi ini lebih powerfull dengan optimasi pengiklanan Google Ads. Sehingga website atau landing page yang anda buat akan menempati posisi nomor 1 halaman Google Search. Segera hubungi kami untuk penawaran menarik seputar jasa pembuatan landing page, website dan jasa iklan Google Ads!

Ingin beriklan di Google Ads?

1 thought on “7 Tips Ad Copy (Copywriting) Google Ads Yang Optimal”

  1. Pingback: Copywriting SEO: Teknik Dan Caranya - Garuda Media Digital

Comments are closed.