6 Kesalahan Dalam Mengatur Anggaran Iklan Google Ads

mengatur anggaran

Kesalahan Dalam Mengatur Anggaran Iklan Google Ads – Mengelola anggaran iklan bukanlah hal yang mudah. Terutama diawal ketika mambuat kampanye, bahkan jika ada satu kesalahan kecilpun bisa berakibat boncos. Maka dari itu di pembahasan kali ini kami akan memaparkan beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan ketika mengatur anggaran iklan.

1. Salah Menentukan Anggaran

Menetapkan anggaran yang seimbang adalah kunci untuk memastikan bahwa anda tidak mengeluarkan uang terlalu banyak. Di satu sisi, anda perlu memiliki anggaran yang terjangkau untuk bisnis anda, tetapi jangan terlalu rendah karena nantinya anda hanya mengeluarkan uang yang sia-sia. Selain itu, anda perlu memastikan anggaran anda dihabiskan secara efisien dan menguntungkan untuk kampanye anda. Kesalahan yang paling umum adalah anggaran yang sangat rendah. Jika anggaran anda rendah maka anda tidak bisa mendapatkan data yang cukup sebagai bahan evaluasi. Lebih baik siapkan anggaran secara matang dari pada anda hanya menghabiskan apa yang anda miliki tanpa mendapatkan apa-apa.

2. Tidak Menentukan Target/KPI

Menentukan KPI sangat berarti untuk memaksimalkan kampanye iklan yang sedang anda jalankan. Saat sebelum anda mulai menjalankan iklan, anda perlu  menentukan KPI. Jika tidak maka anda tidak memiliki metode terukur untuk melacak kinerja kampanye anda. Yang lebih penting lagi, anda tidak mempunyai metode yang pasti untuk mengambil kesimpulan apakah kampanye anda berhasil atau tidak. Setiap orang memiliki KPI yang berbeda-beda. Ada indikator umum yang digunakan banyak orang. Anda perlu merencanakan apa yang ingin anda ukur. Bisa seperti ROI, tingkat retensi, dan lain sebagainya. Selama anda yakin yang anda pilih adalah indikator kinerja kampanye anda, maka itu bisa berbentuk KPI.

3. Terlalu Banyak Melakukan Pengujian AB

Pada topik pengujian AB, sebagian orang melakukan pengujian melewati dari apa yang mereka butuhkan. Seiring waktu anda perlu menyesuaikan iklan dan menguji beberapa hal, seperti ads copy, penawaran dan lihat bagaimana pengaruhnya terhadap kinerja iklan. Sebab, ketika anda terlalu banyak melakukan pengujian maka anda akan kehilangan banyak anggaran.  Mengambil pendekatan berbasis data di mana anda memberi iklan anda banyak waktu untuk mendapatkan data, akan menempatkan iklan anda di posisi yang lebih kuat untuk menentukan apa yang direspon audiens anda dengan baik.

Kesalahan yang kita lihat adalah dimana orang menjalankan tes AB setiap hari  dan ini bisa mengancam anggaran iklan anda. Anda tidak akan mendapatkan informasi yang cukup untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang bagaimana audiens anda merespon iklan yang mengakibatkan banyaknya pengeluaran yang kurang efisien.

4. Tidak Menargetkan Ke Audiens Yang Tepat

Menentukan kelompok audiens yang tepat untuk ditargetkan bisa menjadi tantangan. Pada umumnya hasilnya tidak seperti apa yang anda harapkan. Langkah awal yang perlu anda lakukan adalah membuat persona audiens. Setelah itu anda bisa menjalankan pengujian kampanye dan mengumpulkan informasi penting tentang audiens yang anda miliki. Seberapa besar ketertarikan mereka kepada iklan anda? apakah ada usia tertentu yang ikut terlibat melebihi dari yang lain?

Sangat penting untuk melihat umur, jenis kelamin dan bila anda belum tahu lokasi spesifiknya, lihatlah lokasi yang paling aktif melakukan pencarian tentang produk anda. Tujuan anda adalah untuk menampilkan iklan kepada orang-orang yang kemungkinan besar akan berkonversi. Jika anda salah menargetkan audiens maka anggaran anda tidak akan dihabiskan secara efektif. Ini adalah salah satu alasan mengapa melakukan pengujian audiens menjadi sangat penting.  Mulailah dengan membuat persona audiens dan sesuaikan strategi anda sesuai data yang terkumpul dari kampanye anda.

5. Ads Copy Yang Buruk

Jangan meremehkan beberapa baris teks yang bisa menahan kinerja kampanye anda. Bagi anda mungkin itu hanya 50 kata, tetapi bagi audiens ini adalah faktor penentu. Ada beberapa kesalahan yang sering terjadi ketika membuat ads copy, seperti ejaan atau tata bahasa yang kurang menarik dan ads copy yang tidak relevan. Mungkin anda merasa ads copy anda sudah sempurna. Namun pernahkan anda memikirkan bahwa audiens anda bisa memahminya atau tidak. Ketika audiens tidak paham maka mereka tidak akan berkonversi.

Bagaimana cara ads copy anda relevan? cara terbaik yang bisa anda lakukan adalah mengejar pain point mereka. Cari tahu terlebih dahulu masalah yang sedang mereka alami dan itu hanya bisa diselesaikan dengan produk atau layanan anda. Tentunya anda perlu memastikan tidak ada kesalahan dalam penulisan atau tata bahasa. Berikan ads copy yang cukup meyakinkan, tetapi relevan dengan apa yang diharapkan audiens adalah faktor yang sangat penting.

6. Tidak Meriset Kompetitor

Kompetitor anda mungkin sudah melewati masa-masa pengujian dan sekarang iklan mereka sudah stabil. Anda perlu melakukan riset untuk melihat apa yang dilakukan atau digunakan kompetitor anda. Seperti dengan menggunakan Google Keyword Planner anda bisa meriset kata kunci apa yang mereka gunakan dan berapa banyak yang mereka tawar. Bahkan anda bisa melihat iklan mereka yang sedang berjalan. Lakukan riset untuk mengetahui apa yang dilakukan kompetitor anda. Dengan begitu anda bisa mencari pembeda dan menjadi lebih unggul dari kompetitor anda.

Dari 6 kesalahan diatas mana yang pernah anda lakukan?

Beriklan di Google membutuhkan pemahaman dan ketelitian terutama dalam mengatur anggaran iklan. Terdapat 6 kesalahan umum dalam mengatur anggaran yang telah kami jelaskan. Hindari setiap kesalahan tersebut agar anggaran iklan anda dapat lebih optimal dan membuat iklan anda berhasil. Garuda Media Digital hadir dengan menawarkan jasa pengelolaan iklan Google Ads agar anda tidak perlu pusing memikirkan strategi dalam pemasaran produk dan layanan anda dengan Google Ads.

Garuda Media Digital adalah agency jasa digital marketing yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Anda dapat berkonsultasi dengan kami mengenai rencana pembuatan media bisnis dan promosi anda. Kami juga melayani jasa pembuatan website dan jasa pembuatan landing page. Disamping itu, kami juga dapat membuat media promosi ini lebih powerfull dengan optimasi pengiklanan Google Ads. Sehingga website atau landing page yang anda buat akan menempati posisi nomor 1 halaman Google Search. Segera hubungi kami untuk penawaran menarik seputar jasa pembuatan landing page, website dan jasa iklan Google Ads!

Ingin beriklan di Google Ads?