7 Langkah Cerdas Beriklan Google Display Network

Langkah iklan GDN

Langkah Beriklan Google Display Network – Google Ads bisa membantu para pebisnis untuk menargetkan iklan ke 90% pengguna internet. Anda pun bisa menargetkan ke berbagai audiens di seluruh dunia dengan Google Display Network. Ini adalah salah satu cara untuk menjangkau target audiens anda ketika mereka sedang online, baik itu sedang bermain game, menonton video di youtube, mendengarkan lagu atau sedang menghabiskan waktu di sebuah aplikasi.

Pengertian Google Display Network

Google Display Network adalah iklan berbasis visual yang dilihat audiens saat menjelajah, menonton video, atau saat menggunakan aplikasi. Alat ini memungkinkan pemasar untuk menjangkau audiens maksimum dan dapat memperkenalkan brand mereka kepada banyak pelanggan yang relevan.

Jika anda sering menghabiskan waktu dengan membaca berita atau artikel disuatu situs dan melihat iklan seperti banner berbentuk persegi atau persegi panjang yang umumnya ada di sebelah kanan maupun kiri website, terkadang di tengah-tengah artikel itu semua adalah iklan Google Display Network (GDN).

Jenis iklan ini itayangkan dalam bentuk display ads, bisa berbentuk teks maupun visual. Dimana anda bisa menargetkan iklan ke situs website yang relevan dengan bisnis anda. Salah satu alasan banyak yang menggunakan GDN adalah untuk mendapatkan pelanggan atau prospek sebanyak-banyaknya. Secara tidak langsung iklan GDN akan menarik perhatian calon pelanggan.

Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengoptimalkan iklan GDN anda.

1. Pahami Target Audiens

Penargetan adalah bagian yang penting dari upaya anda menjalankan iklan yang ditujukan untuk target audiens anda. Artinya anda perlu mencari orang-orang yang berpotensi akan menjadi pelanggan anda. Anda bisa melakukan penargetan dengan berdasarkan demografi, situs yang sering dikunjungi audiens, hobi, pendapatan rumah tangga dan lain sebagainya. Dari informasi tersebut anda akan mendapatkan gambaran tentang apa yang disukai target audiens anda.

2. Tentukan Anggaran

Menentukan berapa besar anggaran yang siap anda keluarkan akan membantu iklan anda berjalan dengan optimal. Lakukan riset terlebih dahulu dan pilih strategi yang tepat untuk menjalankan iklan GDN pertama anda.

3. Melakukan Remarketing

Jika anda pernah melihat sebuah produk disuatu website dan tanpa anda sadari iklan tersebut muncul lagi ketika anda membuka situs web yang lain, maka itulah praktik remarketing. Penargetan ini bisa anda gunakan untuk menjangkau calon pelanggan yang sudah tertarik dengan produk anda tapi belum melakukan pembelian. Tidak hanya itu, anda juga bisa memanfaatkan jenis penargetan ini  untuk meningkatkan brand awareness dan meningkatkan konversi.

4. Optimalkan Landing Page

Menjadi laman awal bagi calon pelanggan anda ketika mereka mengklik iklan, membuat anda harus betul-betul bisa mengoptimalkan landing page anda. Perhatikan poin-poin berikut:

  • Bersifat spesifik artinya berisi satu produk/layanan dan perintah yang jelas
  • Gunakan gaya dan warna teks yang menarik
  • Isi landing page ringkas
  • Berisi elemen visual yang bisa meningkatkan emosional

Mengoptimalkan landing page bisa membuat anda mendapatkan konversi dan prospek yang maksimal.

5. Perlihatkan Manfaat Produk

Iklan harus menampilkan bagaimana produk anda bermanfaat dan bisa membantu calon pelanggan keluar dari masalah yang sedang mereka alami. Calon pelanggan tidak terlalu perduli dengan brand anda, tetapi mereka akan lebih tertarik jika produk anda betul-betul bisa membantu mereka. Iklan yang efektif adalah iklan yang berdasarkan sudut pandang pelanggan. Sehingga membuat target audiens anda tertarik dengan apa yang anda tawarkan.

6. Pantau Kinerja Iklan

Walaupun iklan bisa berjalan sendiri, tentu anda perlu memantaunya untuk melihat apakah iklan anda ditayangkan disitus yang relevan atau tidak. Dikhawatirkan Google tidak konsisten menayangkan ke target situs anda. Tentu anda tidak mau iklan makanan burung anda tayang di website otomotif. Walaupun mungkin ada yang tertarik tapi belum tentu mereka membutuhkan makanan burung. Berbeda ketika iklan anda ditayangkan di situs yang membahas tentang tips merawat burung. Sudah bisa dipastikan kalau orang yang mengunjung situs tersebut pasti memiliki peliharaan burung. Besar kemungkinan anda akan mendapatkan konversi.

Sangat penting untuk memantau kinerja iklan anda, sehingga anda tidak akan kehilangan anggaran harian anda dengan sia-sia tanpa mendapatkan konversi satu pun.

7. Bijak Mengatur Anggaran

Jangan sampai karena anda sudah mengetahui berbagai macam kelebihan dari Google Diplay Network membuat anda terlena, sehingga tidak mengatur anggaran harian dengan bijak. Jika anda baru pertama kali menjalankan iklan GDN, sebaiknya gunakan anggaran rendah terlebih dahulu sambil melihat data yang dihasilkan. Ketika kampanye anda menghasilkan data yang bagus, maka anggarannya bisa anda naikkan. Namun jika tidak, cobalah untuk menjeda iklan terlebih dahulu sambil mengevaluasi.

Sudah Beriklan dengan Google Display Network?

Google Display Network adalah salah satu bentuk iklan Google Ads yang dapat menjangkau banyak orang di seluruh dunia. Penggunaan media yang ditampilkan pada GDN akan membuat iklan lebih menarik dan jelas diterima oleh pengunjung internet. Namun iklan GDN memerlukan optimasi agar konversi lebih banyak. Kami sudah menjelaskan 7 tips optimasi iklan Google Display Network diatas yang dapat anda ikuti. Garuda Media Digital hadir dengan menawarkan jasa pengelolaan iklan Google Ads agar anda tidak perlu pusing memikirkan strategi dalam pemasaran produk dan layanan anda dengan Google Ads.

Garuda Media Digital adalah agency jasa digital marketing yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Anda dapat berkonsultasi dengan kami mengenai rencana pembuatan media bisnis dan promosi anda. Kami juga melayani jasa pembuatan website dan jasa pembuatan landing page. Disamping itu, kami juga dapat membuat media promosi ini lebih powerfull dengan optimasi pengiklanan Google Ads. Sehingga website atau landing page yang anda buat akan menempati posisi nomor 1 halaman Google Search. Segera hubungi kami untuk penawaran menarik seputar jasa pembuatan landing page, website dan jasa iklan Google Ads!

Ingin beriklan di Google Ads?