8 Teknik Membuat Landing Page Copywriting yang Menarik dan Efektif

landing-page-copywriting

8 Teknik Membuat Landing Page Copywriting yang Menarik dan Efektif – Dalam sebuah situs website, copywriting untuk landing page sangat berpengaruh terhadap perusahaan dan produk atau layanan yang anda tawarkan. Kenapa bisa terjadi? Hal ini terjadi karena kalimat atau kata yang berada di landing page dapat mempengaruhi atau mempersuasif pengunjung. Sehingga copywriting anda dapat membuat pengunjung untuk melakukan yang anda inginkan. 

Artikel ini akan menjelaskan tentang teknik copywriting untuk membuat landing page jadi, simak artikel ini dengan seksama. Namun sebelum anda mendapatkan informasi tentang landing page copywriting, anda harus mengenal dasarnya terlebih dahulu. Berikut ini ada sedikit penjelasan sebelum anda mengetahui teknik landing page copywriting.

Apa Itu Landing Page dan Copywriting

Landing page adalah halaman web khusus yang dirancang untuk mengirimkan pengunjung ke tujuan akhir. Seperti mengumpulkan data pribadi, mempromosikan penjualan, atau mendorong pengunjung untuk melakukan aksi tertentu. Membuat landing page yang menarik membutuhkan penggunaan teknik copywriting yang tepat agar mampu menarik minat pengunjung dan meningkatkan konversi.

Landing page copywriting adalah proses membuat konten tulisan yang dirancang khusus untuk memotivasi pengunjung website agar melakukan tindakan tertentu. Seperti pembelian, pendaftaran, atau pengisian formulir. 

Proses pembuatan landing page copywriting melibatkan pembuatan judul, sub judul, teks isi, dan pernyataan panggilan. Agar menarik serta membujuk pengunjung untuk melakukan tindakan yang anda inginkan. Copywriting untuk landing page  yang efektif juga mempertimbangkan faktor seperti target audiens, bahasa, nada, dan format. 

Hal tersebut perlu dilakukan untuk mengoptimalkan pesan agar mencapai konversi maksimal. Proses ini dapat dibantu melalui riset, pengujian, dan analitik untuk menentukan apa yang paling berhasil dengan audiens yang anda tuju.

Teknik Copywriting Landing Page

Berikut ini adalah beberapa teknik copywriting yang dapat membantu meningkatkan keefektifan landing page anda:

1. Tampilkan Headline yang Menarik

Pertama, gunakan headline yang menarik dan jelas untuk menarik perhatian pengunjung dengan cepat. Dalam pembuatan headline harus mudah dipahami oleh pengunjung, Serta merangkum tawaran utama atau manfaat yang ditawarkan. Headline harus sejalan dengan pesan dan penawaran di landing page. Ini akan meningkatkan kepercayaan pengunjung pada produk atau layanan anda.

2. Menekankan Solusi atas Masalah

Kedua, anda harus memastikan penawaran solusi yang anda sediakan menyelesaikan masalah atau kebutuhan pengunjung. Pada landing page copywriting juga harus menekankan manfaat dan kegunaan dari produk atau layanan yang anda tawarkan. Hal ini akan membantu anda juga untuk menarik minat pengunjung.

3. Menampilkan Bukti Sosial

Ketiga, setelah anda menekankan solusi dan masalah, menampilkan bukti sosial bisa anda tampilkan. Menampilkan bukti sosial seperti sertifikat, testimoni, review dan rating membantu meningkatkan kepercayaan pengunjung pada produk atau layanan anda. Ketika pengunjung berada pada situs website anda, pengunjung akan lebih yakin ketika akan memutuskan untuk membeli produk atau layanan anda.

4. Tekankan Keuntungan

Keempat, dalam membuat landing page copywriting anda juga perlu menekankan keuntungan. Yang dimaksud menekankan keuntungan adalah, menekankan keuntungan dari produk atau layanan yang anda tawarkan. Anda bisa membuat daftar manfaat yang jelas dari penggunaan produk atau layanan anda. Sehingga akan membantu pengunjung memutuskan untuk melakukan tindakan tertentu.

5. CTA (Call to Action) yang Jelas

Kelima, saat membuat landing page copywriting anda bisa tambahkan CTA yang jelas. Pastikan jika CTA anda mudah terlihat dan selaras dengan tindakan yang anda ingin pengunjung lakukan.

6. Buatlah Tampilan Landing Page yang Menarik

Keenam, membuat landing page copywriting perlu anda buat tampilan yang menarik. Desain dan tata letak landing page juga merupakan faktor penting yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah landing page yang efektif. Selain membuat landing page yang efektif, anda juga harus membuat landing page copywriting yang menarik. Tujuannya adalah untuk memberikan kesan yang baik kepada pengunjung. Pastikan tampilan landing page yang anda buat bersih, simpel, dan relevan dengan penawaran yang sedang ditawarkan. Selain itu, jangan lupa untuk menambahkan gambar atau video yang mendukung penawaran anda.

7. Gunakan Bahasa yang Menarik

Ketujuh, dalam teknik copywriting untuk landing page anda harus memastikan menggunakan bahasa yang menarik, baku, tetapi mudah dipahami oleh target audiens anda. Hindari menggunakan kalimat-kalimat yang terlalu panjang dan rumit sehingga sulit dipahami oleh calon pembeli. Kalimat yang terlalu panjang bisa juga akan membuat pengunjung untuk malas membacanya. Jadi anda harus membuat kalimat yang singkat, padat dan jelas untuk memudahkan pengunjung.

8. Uji Coba dan Analisis Hasil

Terakhir, teknik copywriting untuk membuat landing page bisa anda lakukan uji coba dan analisis hasil yang anda buat. Anda bisa lakukan analisis terhadap data hasil uji coba. Selain itu, lakukan pengevaluasian terhadap hal apa saja yang perlu diperbaiki. Hingga terus melakukan perbaikan pada landing page anda, sehingga landing page semakin efektif.

Yuk Membuat Landing Page Copywriting Yang Menarik dan Efektif!

Dalam membuat landing page copywriting dengan teknik copywriting, penting untuk menjaga fokus pada pesan dan penawaran utama yang ingin disampaikan kepada calon pembeli dan pastikan landing page yang dibuat selaras dengan produk atau layanan yang ditawarkan. Dengan menerapkan teknik copywriting yang tepat, landing page dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan konversi dan keuntungan bisnis anda.

Landing page copywriting adalah proses membuat konten tulisan yang dirancang khusus untuk memotivasi pengunjung website agar melakukan tindakan tertentu. Buatlah landing page yang menarik dengan menggunakan kalimat atau kata yang mudah dimengerti. Sehingga pengunjung akan paham dengan sekali membaca kalimat anda.

Gunakan kalimat atau kata yang bisa mempersuasif pengunjung untuk melakukan apa yang anda inginkan. Selain itu, anda juga dapat membuat tampilkan headline yang menarik, menekankan solusi atas masalah, menampilkan bukti sosial, dan tekankan keuntungan. Anda juga bisa membuat CTA (Call to Action) yang Jelas, tampilan landing page yang menarik, dan lainnya. 

Anda bisa mencari informasi lainnya yang berhubungan dengan Website, WordPress atau lainnya di Garudamediadigital.id untuk mendapatkan informasi lainnya seputar  Website, WordPress atau sejenisnya.

Garuda Media Digital adalah agency jasa digital marketing yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Anda dapat berkonsultasi dengan kami mengenai rencana pembuatan media bisnis dan promosi anda. Kami juga melayani jasa pembuatan website dan jasa pembuatan landing page. Disamping itu, kami juga dapat membuat media promosi ini lebih powerfull dengan optimasi pengiklanan Google Ads. Sehingga website atau landing page yang anda buat akan menempati posisi nomor 1 halaman Google Search. Segera hubungi kami untuk penawaran menarik seputar jasa pembuatan landing page, website dan jasa iklan Google Ads!

Ingin beriklan di Google Ads?