Tips Menjangkau Target Iklan yang Tepat

tips menjangkau target iklan

Tips Menjangkau Target Iklan – Apakah anda pernah mengalami dimana click-through rate (CTR), conversion rate, dan return on ad spend (ROAS)  sangat buruk. Walaupun mungkin kampanye ataupun materi iklan anda sepertinya bagus dan ada konversi. Masalah seperti ini ada kaitannya dengan targeting atau penargetan.

Jika anda tidak menjangkau  segmen audiens yang tepat, besar kemungkinan kampanye iklan anda tidak berfungsi. Pada akhirnya anda hanya akan membuang-buang anggaran anda tanpa menampilkan apapun kecuali conversion rate yang rendah. Bahkan yang lebih buruk adalah anda mendapatkan prospek yang tidak sesuai dengan kriteria. Lalu, bagaimana caranya bisa memastikan bahwa anda menjangkau audiens yang tepat? Dalam pembahasan ini, kami akan mengulas dasar-dasar penargetan Google Ads dengan harapan bisa membantu anda meningkatkan kampanye dan hasil yang optimal.

Ketahui Cara Kerja Penargetan Google Ads

Google Ads memberikan berbagai alat penargetan konten dan audiens untuk mempersempit siapa yang akan melihat kampanye anda. Anda bisa terhubung dengan audiens sesuai dengan lokasi mereka tinggal, apa yang mereka sukai hingga situs mana yang sering mereka kunjungi. Jangan khawatir, Google Ads tidak membatasi anda untuk satu jenis penargetan. Sebagai opsi lain, anda bisa membangun audiens yang ideal dengan memanfaatkan berbagai opsi penargetan di tingkat kampanye atau grup iklan.

1. Penargetan Tampilan Google

Display ads pada umumnya akan berfungsi dengan baik ketika cocok dengan persona pelanggan anda atau pengguna yang memiliki minat pada suatu brand, produk maupun layanan anda. Ketika beriklan di Google Display Network (GDN), anda bisa  menggunakan berbagai opsi penargetan iklan berikut:

  • Lokasi
  • Demografi
  • Tema
  • Penempatan
  • Kata kunci
  • Minat audiens
  • Audiens khusus
  • Dioptimalkan

2. Penargetan Penelusuran Google

Sebaliknya, iklan penelusuran pada umumnya akan berfungsi dengan baik pada calon pelanggan yang secara mandiri mencari apa yang ditawarkan oleh anda atau pengguna yang pernah berinteraksi dengan anda. Ketika beriklan di Google  Search Network, anda bisa memilih opsi penargetan berikut:

  • Lokasi
  • Kata kunci
  • Audiens dalam pasar
  • Daftar pemasaran ulang
  • Audiens khusus
  • Penargetan lokasi

Secara default Google Ads akan menargetkan orang-orang sesuai dengan lokasi atau minat di negara anda. Bila anda ingin memperluas penargetan lokasi, pilih wilayah yang lebih luas, seperti seluruh dunia ataupun beberapa negara. Jika anda bermain disekitar tempat anda, maka anda perlu mempersempit penargetan lokasi. Anda pun bisa memasukkan negara, kota, kabupaten mana pun.

Google Ads memungkinkan Anda menyertakan atau mengecualikan lokasi tak terbatas Apakah Anda ingin menghindari menjangkau orang-orang di area tertentu? Saat memasukkan lokasi, pilih kecualikan target untuk membuat daftar pengecualian demografis.

3. Penargetan Demografis

Anda bisa memilih kombinasi penargetan demografis. Google Ads memberikan filter demografis yang bisa membantu anda dalam menargetkan orang-orang yang cocok dengan persona customer anda. Jika menggunakan Display ads anda bisa memperluas audiens dengan menjangkau pelanggan yang sesuai dengan demografi berikut:

  • Kelompok usia antara 18 dan 65+ tahun
  • Jenis kelamin
  • Status orang tua
  • Pendapatan rumah tangga

4. Penargetan Topik

Penargetan topik akan membantu anda menjangkau audiens dalam konteks tertentu.  Dengan penargetan lokasi bisa menentukan dimana display ads anda tayang dan memastikan bahwa iklan anda hanya tampil pada konten yang relevan dengan audiens anda. Dengan penargetan kontekstual ini, anda bisa menentukan situs web, aplikasi dan video yang sesuai dengan karakter audiens anda.

5. Penargetan Penempatan

Dengan penargetan ini, anda bisa lebih spesifik lagi tentang ke mana arah display ads anda. Tentunya anda bisa memilih halaman web, aplikasi maupun video tempat anda menampilkan iklan.

6. Penargetan Kata Kunci

Kampanye penelusuran ataupun kampanye display sangat mendukung penargetan kata kunci, tapi opsi ini memiliki kinerja yang berbeda pada masing-masing jaringan. Jika anda menggunakan kampanye display, maka anda bisa memasukkan istilah yang berhubungan dengan brand, produk ataupun layanan anda untuk membantu Google Ads menemukan situs yang relevan untuk menepatkan kampanye anda.

Walaupun penargetan ini bersifat opsional untuk kampanye display, penargetan ini sangat penting untuk kampanye penelusuran. Kata kunci yang dipilih akan memberi tahu Google Ads istilah penelusuran mana yang perlu ditawar. Telitilah dalam menggunakan jenis kata kunci pencocokan luas dan kata kunci negatif untuk mengoptoimalkan iklan.

7. Penargetan Audiens

Jika anda lebih suka menargetkan audiens sesuai dengan minat dan perilaku mereka, Google Ads menawarkan berbagai jenis segmen audiens.

  • Minat audiens. Disini anda bisa memilih berbagai segemen audiens berdasarkan yang disukai dan hobi mereka. Anda pun bisa menjangkau mereka yang tertarik dengan apa yang anda tawarkan. Pengguna bisa menyesuaikan minat untuk akurasi dengan mengubah setelah Google Ads.
  • Audiens dalam pasar. Audiens dalam pasar akan memberikan penargetan berbasis perilaku. Sehingga bisa menjangkau pengguna yang aktif mencari apa yang anda tawarkan.
  • Audiens khusus. Anda bisa membuat segmen khusus baru selama pembuatan kampanye Sebagai pengiklan,  bisa membuat audiens minat khusus yang memberikan kecocokan yang lebih baik atau penargetan yang lebih spesifik. Untuk membuat audiens niat kustom, masukkan kata kunci, situs web, atau aplikasi sebagai sumbernya. Kemudian Google Ads bisa membangun grup audiens sesuai dengan minat atau niat membeli yang relevan.
  • Audiens pemasaran ulang. Dengan Google Ads anda bisa melakukan remarketing untuk menargetkan orang-orang yang pernah mengunjungi situs atau aplikasi anda ataupun berinteraksi dengan iklan. Dengan memanfaatkan segmen ini bisa untuk menemukan audiens yang memliki kesamaan dan mungkin tertarik dengan bisnis anda.
  • Penargetan yang dioptimalkan. Kegunaan optimized targeting adalah bisa mendorong lebih banyak konversi berdasarkan landing page dan aset materi iklan anda. Setelah anda menambahkan salah satu opsi manual, anda bisa menonaktifkan penargetan tambahan ini. Tapi ketika anda ingin Google memperluas penargetan anda secara otomatis, maka biarkan opsi ini diaktifkan.

Jika anda ingin menergetkan orang, konteks, atau istilah penelusuran tertentu, Google Ads mempunyai opsi yang tepat untuk bisnis anda.

Sudah menargetkan iklan anda dengan tepat?

Iklan Google Ads memerlukan perhatian khusus pada penargetan iklan. Penargetan yang tepat akan membuat iklan memiliki sasaran yang sesuai dengan tujuan atau goals yang ingin dicapai. Terdapat beberapa metode penargetan iklan Google Ads yang telah kami jelaskan diatas. Anda dapat mengikuti setiap tips menjangkau target iklan tersebut agar iklan anda lebih maksimal. Namun jangan sembarangan dalam menargetkan iklan anda. Tetap lakukan riset iklan agar target tidak keliru. Garuda Media Digital hadir dengan menawarkan jasa pengelolaan iklan Google Ads agar anda tidak perlu pusing memikirkan strategi dalam pemasaran produk dan layanan anda dengan Google Ads.

Garuda Media Digital adalah agency jasa digital marketing yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Anda dapat berkonsultasi dengan kami mengenai rencana pembuatan media bisnis dan promosi anda. Kami juga melayani jasa pembuatan website dan jasa pembuatan landing page. Disamping itu, kami juga dapat membuat media promosi ini lebih powerfull dengan optimasi pengiklanan Google Ads. Sehingga website atau landing page yang anda buat akan menempati posisi nomor 1 halaman Google Search. Segera hubungi kami untuk penawaran menarik seputar jasa pembuatan landing page, website dan jasa iklan Google Ads!

Ingin beriklan di Google Ads?