Tips Menggunakan Automated Bidding pada Google Ads

automated bidding

Tips Menggunakan Automated Bidding – Anda mungkin punya banyak waktu untuk membuat strategi bidding yang ideal di Google Ads. Tetapi apakah tidak sayang kalau waktu anda habis hanya untuk membuat strategi bidding yang ideal. Padahal Google Ads menawarkan Automated Bidding, dimana anda bisa menghemat waktu anda.

Automated Bidding akan menyesuaikan bid berdasarkan sasaran anda, berdasarkan dengan kemungkinan iklan akan mendapatkan klik atau konversi. Ini dirancang untuk menghemat waktu dan anda bisa fokus ke tugas-tugas lainnya. Ada beberapa strategi penawaran yang bisa anda pilih dan semuanya akan bekerja sesuai dengan tujuannya masing-masing.

Maksimalkan Klik

Maksimalkan klik akan menentukan tawaran dengan tujuan untuk mendapatkan klik sebanyak mungkin tanpa melebihan anggaran yang sudah anda tentukan. Bisa anda gunakan ketika anda ingin meningkatkan kunjungan situs. Anda bisa menentukan batas CPC maks untuk membantu agar CPC tetap rendah, walaupun Google menghabiskan anggaran harian. Jangan lupa untuk memeriksa secara berkala kinerja CPC yang dihasilkan dari strategi ini.

Maksimalkan Konversi

Maksimalkan konversi dimana anda menentukan tawaran untuk mendapatkan konversi sebanyak mungkin dan tentunya tidak melebihi dari anggaran anda. Gunakan strategi ini jika anda ingin meningkatkan konversi. Jika anda ingin menggunakan maksimalkan konversi ada yang perlu anda perhatikan diantaranya:

  • Setiap kampanye memiliki anggaran hariannya sendiri-sendiri. Jadi bukan bagian dari anggaran bersama, karena strategi ini akan berusaha menghabiskan anggaran harian anda disetiap kampanye. Kalau digabungkan dalam anggaran bersama, strategi maksimalkan konversi akan menghabiskan anggaran harian seluruh grup iklan secara bersamaan.
  • Gunakan pelacakan konversi. Jangan gunakan strategi ini jika anda tidak memiliki pelacakan konversi. Jika tidak ada pelacakan konversi, besar kemungkinan algoritma akan membuat keputusan yang buruk untuk menemukan orang yang ingin berkonversi. Jika tujuan anda ingin mendapatkan banyak prospek dengan harga yang lebih murah, maksimalkan konversi adalah jawabannya.

Target CPA

Mudahnya Target CPA adalah singkatan dari target biaya per tindakan (atau konversi). Dengan strategi ini anda menentukan CPA  (konversi), kemudian Google akan menyesuaikan tawaran anda untuk mendapatkan konversi sebanyak mungkin . Perlu diingat kalau dari beberapa konversi bisa menghabiskan biaya lebih sedikit atau bahkan lebih besar dari target CPA anda. Jangan lupa untuk membuat pelacakan target CPA.

Target Pangsa Tayangan

Startegi ini bertujuan untuk menampilkan iklan anda diposisi teratas pada halaman, bagian atas halaman dan di mana saja dihalaman. Akan bekerja dengan baik kalau goal anda adalah untuk meningkatkan visibilitas. Tentunya anda masih bisa menentukan tawaran CPC Maks dengan penawaran target pangsa tayangan untuk menjaga pengeluaran anda tetap stabil, tetapi perlu di ingat jangan terlalu rendah. Dikhawatirkan akan memperlambat kinerja iklan.

Target ROAS

Target laba atas belanja iklan (ROAS) menentukan tawaran, alhasil anda bisa memaksimalkan nilai konversi dengan tetap mempertahkan target ROAS. Automated bidding dengan strategi ini bisa menyertakan konversi yang lebih tinggi atau bahkan bisa lebih rendah dari target laba anda.

Biaya Per Tampilan (CPV)

Cost per view atau biaya per tampilan hanya ada untuk iklan video. Dengan strategi ini anda menentukan tawaran tingkat kampanye dengan jumlah maksimum yang siap anda bayarkan untuk setiap tampilan atau interaksi dengan video anda. Anda hanya dikenakan biaya untuk satu penayangan kalau orang menonton video lebih dari 30 detik. Jika audiens mengklik tautan yang dibagikan video atau melakukan tindakan lainnya seperti mengunduh aplikasi, maka anda akan dikenakan biaya.

Terus Strategi Mana Yang Harus Dipilih?

Ketika anda ingin memilih, evaluasi terlebih dahulu kampanye anda. Untuk memastikan apakah strategi yang akan dipilih bisa membantu anda mencapai goal.

Manfaat ketika menggunakan Automated Bidding adalah anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mencari tahu cara menawar ke beberapa kata kunci dan lainnya. Biarlah sistem Google Ads yang menjalankannya dan tentunya bisa meningkatkan kunjungan situs anda. Garuda Media Digital hadir dengan menawarkan jasa pengelolaan iklan Google Ads agar anda tidak perlu pusing memikirkan strategi dalam pemasaran produk dan layanan anda dengan Google Ads.

Garuda Media Digital adalah agency jasa digital marketing yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Anda dapat berkonsultasi dengan kami mengenai rencana pembuatan media bisnis dan promosi anda. Kami juga melayani jasa pembuatan website dan jasa pembuatan landing page. Disamping itu, kami juga dapat membuat media promosi ini lebih powerfull dengan optimasi pengiklanan Google Ads. Sehingga website atau landing page yang anda buat akan menempati posisi nomor 1 halaman Google Search. Segera hubungi kami untuk penawaran menarik seputar jasa pembuatan landing page, website dan jasa iklan Google Ads!

Ingin beriklan di Google Ads?