Bagaimana Cara Kerja Google Ads?

cara kerja google ads

Cara Kerja Google Ads – Mengetahui cara kerja iklan di Google Ads salah satu upaya yang baik sebelum kita mulai beriklan di Google Ads. Dengan mengetahui cara kerja akan memudahkan kita dalam menyusun strategi. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tentang cara kerja iklan Google Ads.

Pemasaran Ulang (Remarketing)

Pemasaran ulang adalah metode untuk bisa tersambung dengan calon pelanggan yang pernah mengunjungi atau datang ke website atau aplikasi seluler tapi tidak menciptakan konversi. Maka dari itu, anda bisa memasang iklan kembali secara strategis dengan target auidens. Jadi, kalau ada calon customer yang belum menghasilkan konversi, anda bisa menargetkan ulang, Ada kemungkinan ketika mereka mendapati iklan anda, mereka akan mengunjungi lagi dan melakukan tindakan yang anda perintahkan.

Keuntungan dari melakukan pemasaran ulang adalah meningkatkan brand awareness. Bisa jadi ketika mereka baru pertama kali mengunjungi situs anda mereka belum paham dengan produk/layanan anda. Dengan pemasaran ulang mereka akan mulai penasaran dan mencari tahu apa yang anda jual/ layanan apa yang anda sediakan.

Dengan jenis kampanye Google Display Network, anda bisa menargetkan audiens ataupun kata kunci tertentu, yang bisa menunjukkan iklan di web yang dijelajahi calon customer. Tampilan GDN akan bekerja sama dengan GSN untuk memunculkan perintah pada iklan. Setelah itu ada kemungkinan calon pelanggan akan melakukan transaksi.

Mengetahui Peringkat Iklan dan Faktor - faktornya

Berada di posisi 4 paling atas tentu jauh lebih baik dari pada berada dihalaman yang sama , tapi di posisi paling bawah. Ketika iklan berada diposisi teratas, besar kemungkinan akan mendapatkan perhatian dan kunjungan yang banyak. Anda akan mendapatkan posisi iklan setelah melalui proses lelang.

Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi posisi iklan

1. Jumlah Bid

Penawaran lebih besar akan mendapatkan peringkat yang lebih besar. Walaupun anda sudah memberitahu google tentang jumlah maksimum yang hendak anda keluarkan untuk tiap klik pada iklan. Tetapi tetap siapa yang berani lebih besar, maka mereka akan mendapatkan peluang berada diatas.

Tapi apakah anda tidak mendapatkan kesempatan untuk berada diposisi atas? Tentu anda akan mendapatkan itu jika anda bisa membidik kata kunci yang relevan.

Tidak sampai disitu, kualitas iklan serta landing Google akan melihat tingkatan penyesuaian dan pemakaian iklan serta web website yang tertaut, setelah itu akan diringkas dalam skor kualitas

2. Memenuhi Nilai Minimum Yang Ditetapkan

Google akan menetapkan nilai minimum yang wajib dipenuhi untuk menjelaskan iklan yang anda pasang memiliki kualitas yang baik.

3. Konteks Penelusuran

Dalam proses lelang, konteks ini sanhat berarti karena ketika Google menghitung peringkat iklan, Google juga akan  mengamati penelusuran yang digunakan audiens, posisi, fitur, tipe, waktu dan lain sebagainya yang berkaitan dengan iklan anda.

4. Dampak Ekstensi dan Formatnya

Iklan merupakan opsi untuk meningkatkan data ekstensi yang lebih rinci dalam iklan, seperti no telepon ataupun tautan yang terkoneksi ke web anda. Setelah itu, Google Ads dapat memprediksi, apakah ekstensi dan format iklan yang anda pakai akan mempengaruhi performa iklan ataupun tidak.

Yang perlu diingat adalah tawaran yang lebih besar tentu akan berpengaruh terhadap peringkat iklan. Tapi ketika anda ingin berada di posisi satu atau dua, anda perlu memahami seluruh aspek yang tercantum diatas. Iklan anda harus memiliki skor dan berkualitas baik, data kontekstual dan RKPT yang besar dari pada rata-rata.

Mengamati Skor Kualitas

Skor kualitas mulai dari peringkat 1-10 (10 sudah pasti terbaik) untuk mengamati kualitas iklan, diawali dari bacaan iklan, kata kunci sampai landing page. Semuanya adalah skor umum untuk membagikan cerminan tentang seberapa baik iklan yang anda jalankan. Iklan dengan skor kulitas yang baik akan mendapatkan posisi iklan yang jauh lebih baik, tetapi dengan bayaran yang lebih murah. Inlah hal yang sangat menguntungkan untuk strategi digital marketing bisnis anda.

Anda bisa melihat skor pada kolom skor kualitas yang sudah anda tambahkan ke laporan. Skor 1-10 yang diharapkan mencakup rasio klik ataupun siaran yang relevan, relevansi iklan dan kualitas landing page.

Relevansi iklan bisa dilihat dari seberapa khusus iklan anda terhadap tawaran dan ajakan untuk melaksanakan tindakan. Kalau iklan anda berkata “kunjungi toko sekarang juga” tapi anda hanya menjual produk secar online, pastinya relevansi iklan anda akan rendah. Demikian juga dengan landing page. Anda bisa melihat apakah landing page anda mengkomunikasikan data yang sama dengan iklan anda ? Tawaran yang sama? kata kunci yang sama? Jika tidak, skor mutu iklan anda bisa menjadi rendah.

Faktor-faktor diatas perlu anda ingat dan pelajari agar iklan anda dapat bekerja secara optimal, sehingga bisa mengkonversi lebih banyak pelanggan.

Sudah memahami cara kerja Google Ads dan ingin beriklan di Google Ads?

Jika anda memiliki produk dan layanan serta anda ingin berada di halaman teratas pencarian Google, maka anda harus beriklan di Google Ads. Lalu jika anda ingin mempromosikan produk dan layanan anda hingga dapat menjangkau banyak pelanggan potensial, maka Google Ads adalah pilihan yang tepat. Dengan cara kerja yang sedemikian rupa, Google Ads sangat ampuh dalam upaya pemasaran secara digital.

Garuda Media Digital adalah agency jasa digital marketing yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Anda dapat berkonsultasi dengan kami mengenai rencana pembuatan media bisnis dan promosi anda. Kami juga melayani jasa pembuatan website dan jasa pembuatan landing page. Disamping itu, kami juga dapat membuat media promosi ini lebih powerfull dengan optimasi pengiklanan Google Ads. Sehingga website atau landing page yang anda buat akan menempati posisi nomor 1 halaman Google Search. Segera hubungi kami untuk penawaran menarik seputar jasa pembuatan landing page, website dan jasa iklan Google Ads!

Ingin beriklan di Google Ads?