Cara Ampuh Mengoptimalkan Iklan dan Landing Page

Tips mengoptimalkan iklan dan landing page – Sebuah produk atau layanan yang menarik minat pelanggan banyak faktor utamanya adalah iklan anda. Pelanggan akan semakin meningkat apabila iklan anda semakin relevan dan menarik. Dengan adanya iklan yang relevan dan menarik, akan besar juga hasilnya. 

Anda dapat mengukur performa iklan anda dengan cepat dan mengurutkannya berdasarkan rasio klik-tayang atau statistik konversi. Ini tidak jauh beda dengan pengurutan kata kunci. Gunanya fitur ini untuk memudah anda jika ingin melihat iklan mana yang paling sering di klik dan menghasilkan konversi terbanyak. Selain itu, anda juga bisa memiliki rasio konversi terbaik hingga menghasilkan konversi dengan biaya terendah.

Apabila anda ingin membuat iklan, anda harus membuatnya lebih menarik agar pelanggan tertarik pada produk atau layanan anda. Seperti menjelaskan secara akurat apa yang anda tawarkan dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti perihal mengoptimalkan iklan dan landing page. Berikut ini ada beberapa cara atau tips yang bisa anda gunakan untuk mengoptimalkan iklan anda.

1. Samakan Iklan dengan Kata Kunci

Kebanyakan pelanggan akan tertarik pada iklan yang relevan dengan pencarian mereka. Pelanggan akan mencari sesuatu pada mesin pencari yang sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Bisa juga pelanggan mencari sesuatu yang hampir mirip dengan apa yang mereka cari. Kata kunci sangat berhubungan dengan teks iklan pada hal ini, kata kunci yang relevan dengan teks iklan akan menarik perhatian.

Sehingga iklan yang anda buat menunjukkan jika iklan anda berkaitan dengan yang mereka butuhkan. Sebuah kata kunci perlu anda kelompokkan menurut tema atau produk, jangan mencampurkan semua dalam satu grup iklan. Semakin besar pelanggan akan tertarik jika iklan dan kata kunci anda saling terkait dan relevan.

2. Buatlah Versi Iklan yang Beda

Ketika anda membuat iklan dan ingin menyampaikan bisnis anda dengan lengkap, akan merasa kesulitan. Untuk menjelaskan apa bisnis anda dalam beriklan, sebaiknya anda bisa membuat iklan dengan versi yang berbeda. Ketika anda memiliki beberapa iklan dalam sebuah grup, ini akan membantu anda untuk meningkatkan performa iklan bisnis anda. Anda bisa membuat 3 sampai 5 iklan pada sebuah grup iklan dengan versi yang berbeda.

Selain itu anda juga bisa menggunakan judul dan teks deskripsi yang berbeda pada beberapa versi iklan yang anda buat. Anda dapat mencoba menggunakan berbagai judul atau pesan yang persuasif, menambah kata kunci atau merek tertentu. Anda juga bisa menambahkan harga atau promosi yang spesifik.

3. Tambahkan Pesan Ajakan

Ketika anda ingin membuat iklan, pastikan pada teks iklan anda memiliki pesan yang mendorong seorang pelanggan untuk melakukan apa yang anda inginkan pada iklan anda. Gunakan pesan ajakan pada teks iklan yang jelas dan lugas, tujuannya agar pelanggan tahu dan yakin apa yang pelanggan lakukan untuk melakukan tindakan yang anda inginkan.

Pesan ajakan yang anda buat usahakan lebih spesifik, dimana pesan lebih dekat dengan kata kunci, halaman landing dan iklan anda. Untuk mendapatkan konversi semakin besar peluangnya. Tindakan yang tepat untuk anda pilih adalah dengan memilih frasa, ini cenderung lebih tidak menghasilkan pendapatan anda dan anda tidak perlu membayar untuk klik.

4. Fokus Hal yang Membedakan Bisnis Anda.

Sebuah produk atau layanan yang anda tawarkan, sangat perlu anda perlihatkan semuanya. Apalagi jika produk atau layanan anda memiliki penawaran khusus, anda harus memastikan jika penawaran khusus tersebut bisa dilihat pelanggan. 

Contohnya, jika anda memiliki penawaran khusus sebuah produk atau layanan yang memiliki diskon 20% dan penawaran hadiah gratis. Anda harus mengutamakan produk atau layanan tersebut paling atas atau utama. 

Penawaran khusus ini tentunya sangat membantu anda dalam mempengaruhi keputusan seorang pelanggan untuk meng klik. Semakin anda menunjukkan apa saja keunggulan anda dibandingkan dengan pesaing, maka semakin besar kemungkinan anda untuk menarik calon pelanggan.

5. Menggunakan Aset Iklan

Penggunaan aset iklan adalah salah satu cara untuk anda menarik lebih banyak pelanggan pada iklan. Dimana ini merupakan fitur yang menampilkan informasi bisnis tambahan dengan iklan. Informasi tambahan yang muncul berupa alamat, nomor telepon, reting toko, atau link halaman web lainnya. Anda juga dapat menambahkan aset iklan, hal ini juga akan mempengaruhi visibilitas dan CTR iklan anda agar tambah meningkat.

Mengoptimalkan Halaman Landing

Selain anda mengoptimalkan iklan, anda juga perlu mengoptimalkan halaman landing. Halaman landing memiliki peran besar untuk mengubah klik menjadi pelanggan. Ketika anda sudah membuat iklan dan diklik pelanggan, kemudian akan diarahkan menuju halaman yang di klik oleh pelanggan. Pelanggan akan meninggalkan halaman situs anda, jika tidak langsung ke halaman yang pelanggan harapkan. Berikut ini ada beberapa cara atau tips yang bisa anda lakukan untuk mengoptimalkan halaman landing:

1. Pastikan Halaman Landing Sesuai dengan Iklan dan Kata Kunci

Halaman landing harus sesuai dengan kata kunci dan iklan, jadi anda perlu memperhatikan hal ini. Anda juga harus tahu, Pesan ajakan teks pada iklan juga harus mencerminkan pada halaman landing. Jembatan untuk mendapatkan calon pelanggan dan pembeli adalah antara iklan dan halaman landing. Peluang anda akan tinggi untuk mendapatkan konversi jika iklan dan kata kunci relevan. 

Ketika produk atau layanan anda memiliki penawaran harga khusus seperti diskon 30% untuk menarik pelanggan. Anda perlu memperhatikan halaman landing anda pada iklan dan kata kunci. Iklan dan kata kunci harus relevan agar mencerminkan bisnis anda benar-benar dapat dipercaya. Dengan begitu, anda juga harus mengaitkan antar iklan, kata kunci dan halaman landing anda. Hal ini harus anda lakukan supaya pelanggan atau calon pelanggan dapat menemukan produk atau layanan yang iya cari pada iklan yang diklik. Seperti iklan anda tadi yang memiliki penawaran harga khusus, halaman landing juga harus sama dengan iklan tersebut. 

Jika tidak sama, pelanggan akan meninggalkan situs website anda bahkan tidak tertarik lagi dengan produk atau layanan yang anda iklankan.

2. Situs Mobile-Friendly

Alat yang mudah dibawa kemana saja dan dapat memudahkan seseorang adalah perangkat seluler, seperti handphone. Kebanyakan pelanggan lebih suka untuk mencari sesuatu yang mereka butuhkan melalui handphone mereka. Terkadang ada beberapa hal yang sulit untuk mereka temui pada handphone mereka, karena memiliki layar yang kecil. Sehingga, anda sebagai pelaku bisnis pada Google Ads harus menyesuaikan hal ini untuk bisa dijangkau oleh perangkat manapun.

Untuk itu situs anda perlu didukung dengan fitur mobile-Friendly. Fitur ini dapat memudahkan seseorang untuk melihat sebuah situs website dengan susunan yang rapi pada perangkat seluler. Jadi bukan hanya bisa dibuka melalui laptop saja yang rapi susunannya, pada perangkat seluler juga terlihat rapi dan nyaman ketika mencari sesuatu didalamnya.

Anda juga perlu untuk mempelajari cara meningkatkan, melihat kecepatan serta skor mobile-friendly. Ketika anda ingin membuat situs seluler yang efektif, anda bisa membuatnya dengan memastikan situs anda selalu dimuat dengan cepat. Anda juga harus memudahkan pelanggan untuk menghubungi anda, serta gunakan navigasi sederhana.

3. Halaman Landing Mudah Dijelajahi

Pastikan jika pelanggan yang ingin melakukan tindakan seperti yang anda mau dengan mudah dan cepat. Jangan membuat pelanggan untuk mencari informasi yang mereka butuhkan menjadi sulit. Seperti untuk memesan produk, nomor telepon yang bisa dihubungi, mengirim pertanyaan atau lainnya. 

Pastikan situs anda mudah untuk dijelajahi dan tersusun rapi. Pastikan juga untuk menghindari situs yang acak-acakan atau kacau, karena ini terlalu banyak iklan dan pop-up. Anda bisa menempatkan informasi penting pada bagian atas halaman, sehingga informasi akan langsung dilihat oleh pelanggan ketika mengunjungi situs anda. Hal ini memudahkan pelanggan untuk mencari informasi dan tidak harus mencari dan scroll ke bawah untuk mendapatkan informasi.

4. Konten yang Unik dan Bermanfaat

Konten yang anda tampilkan, usahakan memberikan informasi yang bermanfaat dan unik pada halaman landing anda. Selain pada halaman landing, anda juga bisa memberikan informasi yang bermanfaat dan unik pada iklan anda. Ini berguna untuk menarik pelanggan atau calon pelanggan. 

Anda bisa menguraikan informasi produk atau layanan bisnis anda dengan jelas dan lengkap. Seperti anda ingin memberitahu manfaat dan keunggulan produk atau layanan anda. Atau anda bisa memberikan ulasan atau testimoni produk atau layanan anda untuk konten pada halaman landing.

Apakah Sudah Mengoptimalkan Iklan dan Landing Page Anda?

Mengoptimalkan iklan dan landing page pada situs anda bisa mempengaruhi peningkatan pelanggan atau calon pelanggan dan traffic bisnis anda. Anda perlu melakukan optimasi iklan dan halaman landing anda secara berkala agar anda mengetahui apa yang sedang dicari oleh pelanggan atau calon pelanggan anda. 

Anda bisa melakukan cara atau tips mengoptimalkan iklan dan landing page situs anda seperti diatas. Gunakan fitur yang anda punya untuk menambah pengoptimalan situs anda, salah satunya anda bisa menggunakan fitur mobile-friendly untuk mendukung semua perangkat bisa menggunakan dan menjelajahi situs anda dengan mudah dan tersusun rapi.

Mengoptimalkan iklan dan landing page juga berhubungan dengan kata kunci yang anda gunakan. Sehingga anda harus cerdas dalam mencari kata kunci yang tepat dan relevan dengan iklan dan halaman landing yang anda buat. 

Pemilihan kata kunci bisa anda dapat dengan berbagai cara. Anda bisa menggunakan beberapa platform atau aplikasi untuk mencari kata kunci yang tepat untuk iklan produk dan layanan anda. Anda bisa mendapat informasi kata kunci untuk situs dan iklan produk atau layanan anda pada beberapa artikel pada blog kami di https://garudamediadigital.id/. Selain itu anda juga dapat menggunakan jasa layanan kami untuk mengoptimalkan iklan dan landing page anda jika anda masih bingung.

Garuda Media Digital adalah agency jasa digital marketing yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Anda dapat berkonsultasi dengan kami mengenai rencana pembuatan media bisnis dan promosi anda. Kami juga melayani jasa pembuatan website dan jasa pembuatan landing page. Disamping itu, kami juga dapat membuat media promosi ini lebih powerfull dengan optimasi pengiklanan Google Ads. Sehingga website atau landing page yang anda buat akan menempati posisi nomor 1 halaman Google Search. Segera hubungi kami untuk penawaran menarik seputar jasa pembuatan landing page, website dan jasa iklan Google Ads!

Ingin beriklan di Google Ads?