Copywriting SEO Teknik dan Caranya

Copywriting SEO Teknik dan Caranya

Teknik dan cara copywiting SEO – Anda bekerja pada salah satu perusahaan industri? Tidak asing bukan dengan yang namanya “Coprwriting” ? 

Setiap sebuah perusahaan industri yang memiliki sebuah produk atau layanan akan membutuhkan Copywriting untuk memasarkan produk atau layanannya. Namun, masih banyak yang mengartikan atau bahkan belum mengetahui tentang copywriting secara keseluruhan atau dasarnya.

Lalu, apa sih “Copywriting” itu ?

Secara umum copywriting adalah sebuah kegiatan menulis teks  yang digunakan untuk memasarkan sebuah poduk atau layanan. Tujuannya adalah untuk mempersuasif pembaca agar menjadi pelanggan atau konsumen anda. Copywriting bisa digunakan konten pada penulisan website, media sosial, atau untuk landing page.

Copywriting SEO adalah sebuah teknik penulisan konten untuk website. SEO copywriting ini bertujuan untuk meningkatkan peringkat SEO dari sebuah situs web di mesin pencari. Dengan memperhatikan kata kunci atau frasa kata kunci yang relevan dengan topik yang dibahas pada bisnis anda. 

Copywriting mejadi hal yang berpengaruh dalam sebuah citra perusahaan atau brand tertentu. Untuk menghasilkan konten dalam meningkatkan sebuah branding biasanya seorang copywriter memiliki teknik khusus. 

Dalam penulisan konten copywriting SEO, harus memiliki pemahaman yang baik mengenai algoritma mesin pencari serta optimalisasi SEO. Sehingga akan menghasilkan konten yang relevan dan berkualitas tinggi. 

Sebuah konten SEO copywriting perlu mencakup persepsi konsumen, menampilkan keunggulan produk atau layanan. Selain itu juga perlu fokus pada kata kunci yang relevan dengan isi konten. 

Tujuan akhir yang diharapkan oleh pebisnis adalah bisa membuat pembaca tertarik dan memberikan nilai tambah. Dengan begitu, situs bisnis anda bisa menjadi posisi teratas pada hasil mesin pencarian.

Teknik copyrwiting SEO untuk meningkatkan halaman web :

1. Research

Hal perama yang harus anda lakukan adalah melakukan research sebelum membuat sebuah copywriting SEO. Anda dapat mempelajari kata kunci yang paling banyak dicari oleh target audiens. Anda dapa menggunakan informasi tersebut untuk menentukan topik yang relevan dan menarik. Seorang copywriter menganalisis sebuah bisnis terlebih dahulu untuk membuat copywriting yang sesuai dengan konten bisnis anda yang menarik dan berkualitas.

2. Penulisan konten yang berkualitas

Setelah melakukan research, hal yang selanjutnya anda lakukan adalah penulisan konten. Buatlah konten yang menarik, informatif, dan berkualitas sehingga akan memancing minat pengunjung pada mesin pencari. Konten harus diorganisir dengan baik, mudah dibaca, dan mengandung kata kunci yang relevan.

Sehingga, konten anda akan diklik dan dipilih oleh pembaca serta pembaca akan terus berlama-lama pada situs website anda.

3. Optimalisasi kata kunci

Selanjutnya anda dapat mengoptimalisasi kata kunci yang sudah anda pilih. Gunakan kata kunci yang relevan dalam konten, judul, URL, dan meta deskripsi. Pastikan anda jangan menyalahgunakan kata kunci untuk taktik black-hat SEO, karena ini dapat merusak reputasi halaman web. 

Dengan mengoptimalisasikan kata kunci, penulisan konten sebuah bisnis pada situs web akan meningkatkan pembaca.

4. Struktur halaman web yang baik

Anda harus memastikan halaman web mudah dinavigasi baik oleh pembaca maupun mesin pencari. Gunakan header dan sub-header untuk memisahkan topik dan pastikan untuk memasukkan tautan ke halaman web lain di halaman itu sendiri. Adanya struktur halaman web yang baik, akan banyak juga pembaca yang tertarik dengan situs web anda.

5. Pembuatan backlink

Backlink adalah tautan menuju halaman web anda yang diletakkan di halaman web lain. Pastikan tautan tersebut diletakkan di situs web berkualitas yang relevan dan terkait dengan topik yang sama seperti halaman web Anda. 

Ini akan secara otomatis juga tautan anda kan muncul di situs web lain. Jika kata kunci atau isi konten copywriting seo sama dengan situs web lain.

6. SEO Mobile Friendly

Terakhir, anda bisa menggunakan SEO mobile friendly untuk halaman web anda. Halaman web harus mudah diakses dan dibaca di perangkat seluler. Dengan menggunakan SEO friendly dapat memudahkan pembaca untuk bisa diakses dimanapun dan kapanpun.

Apakah Sebuah Perusahaan Bisnis Membutuhkan Copywriting SEO ?

Sebua perusahaan bisnis, baik itu produk atau layanan tentunya akan membutuhkan seorang copywriter. Seorang copywriter akan memberikan warna dalam tulisan untuk menarik pembaca. Biasanya sebuah copywriting SEO bisnis tujuannya adalah mempengaruhi atau mempersuasif pembaca untuk membaca. 

Ketika seorang pembaca sudah tertarik,  nantinya pembaca juga akan melihat produk atau layanan dengan copywriting yang bagus. Anda bisa mengikuti beberapa teknik copywriting SEO seperti diatas. 

Dalam menjalankan copywriting SEO, seorang copywriter harus bisa mengkombinasikan penulisan yang baik dengan teknik SEO untuk mencapai hasil yang maksimal. Semakin baik teknik SEO yang digunakan, semakin mudah mesin pencari dapat memahami halaman web Anda dan membawanya ke peringkat teratas dalam hasil pencarian. Seperti melakukan research, penulisan konten yang berkualitas, optimalisasi kata kunci, struktur halaman web yang baik, pembuatan backlink, dan mobile friendly.

Untuk mendapatkan informasi yang lainnya, anda bisa langsung berkunjung ke website Garudamediadigital.id.

Garuda Media Digital adalah agency jasa digital marketing yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Anda dapat berkonsultasi dengan kami mengenai rencana pembuatan media bisnis dan promosi anda. Kami juga melayani jasa pembuatan website dan jasa pembuatan landing page. Disamping itu, kami juga dapat membuat media promosi ini lebih powerfull dengan optimasi pengiklanan Google Ads. Sehingga website atau landing page yang anda buat akan menempati posisi nomor 1 halaman Google Search. Segera hubungi kami untuk penawaran menarik seputar jasa pembuatan landing page, website dan jasa iklan Google Ads!

Ingin beriklan di Google Ads?