Hindari 5 Kesalahan dalam Beriklan di Google Ads

kesalahan dalam google ads

Kesalahan dalam Beriklan di Google Ads – Google Ads bukanlah platform yang mudah digunakan, apalagi jika anda masih pemula dan baru mau beriklan untuk yang pertama kalinya. Begitu banyak pengaturan dan beberapa opsi yang perlu anda pahami. Maka dari itu kami memiliki layanan jasa iklan Google Ads untuk membantu anda. Sehingga anda bisa lebih fokus ke bidang yang lainnya di bisnis anda. Karena jika terjadi kesalahan atau ada sesuatu yang lupa anda terapkan, mungkin tidak membuat anda rugi besar, namun akan berdampak pada kinerja kampanye iklan anda. Untuk itu segera konsultasikan kepada kami kebutuhan anda seputar Google Ads.

Kesalahan yang harus dihindari dalam beriklan Google Ads

Dalam pembahasan ini, kami akan memberikan beberapa gagasan tentang kesalahan beriklan Google Ads yang perlu dihindari dan ditingkatkan di akun Google Ads anda untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

1. Mengemas semua produk dan target yang berbeda di dalam satu kampanye atau satu grup iklan

Membuat struktur akun Google Ads dengan benar bisa membantu anda mencapai kesuskesan dalam menjalankan iklan. Jangan pernah mencoba menggabungkan semua produk yang anda jual didalam satu kampanye, walaupun anda berpikir akan lebih mudah mengelolanya. Itu adalah kesalahan besar. Justru anda akan kesulitan dalam mengontrol anggaran dan membuat penargetan yang tepat.

Untuk itu, cara yang bisa anda lakukan adalah dengan membaginya berdasarkan target yang berbeda. Bisa menurut negara, bahasa, profil audiens atau berdasarkan produk dan layanan yang anda ingin tawarkan.

2. Tidak membagi kata kunci ke beberapa grup iklan

Ketika anda sudah membagi produk dan target anda ke dalam kampanye dan sekarang anda ingin melakukan riset kata kunci yang tepat, kemungkinan besar anda akan mendapatkan banyak kata kunci dengan berbagai variasi. Sebuah kesalahan besar jika anda menyalin semua kata kunci tersebut dan memasukkan ke dalam satu grup iklan tanpa menyeleksi dan membaginya.

Lebih baik anda membaginya ke dalam beberapa grup iklan. Sehingga ketika membuat materi iklan bisa menyesuaikan dengan kata kunci yang akan digunakan. Dengan begitu iklan anda akan jauh lebih relevan daripada anda memasukan semua kata kunci didalam satu grup iklan. Jika relevan, tentunya bisa menghasilkan CPC yang lebih rendah dan sudah pasti ini menjadi keuntungan tersendiri bagi anda.

3. Hanya menggunakan pencocokan luas

Perlu diketahui jika anda hanya menyalin kata kunci yang anda sukai kedalam kampanye, maka anda akan mendapatkan banyak klik dari audiens yang melakukan pencarian yang mungkin memiliki maksud yang berbeda. Sementara Google Ads akan berusaha mencocokan pencarian tersebut dengan kata kunci yang anda pakai. Kenapa bisa terjadi? karena anda hanya menyalin kata kunci dan memasukkannya ke dalam kampanye tanpa menganalisanya.

Sudah pasti yang anda gunakan adalah jenis kata kunci pencocokan luas. Karena itulah Google Ads akan menampilkan iklan anda. Baik kepada audiens yang menggunakan kata kunci yang sama dan menampilkan iklan sesuai yang dicari walaupun salah ejaan, sinonim ataupun variasi lainnya yang masih berkaitan. Bisa jadi “variasi yang relevan” dari produk atau layanan anda adalah sesuatu yang sebenarnya tidak anda jual. Dengan begitu audiens akan kecewa dan meninggalkan situs anda karena mereka tidak menemukan apa yang mereka butuhkan.

Andapun akan membayar untuk klik yang tidak relevan tersebut dan ini sangat merugikan. Ada beberapa jenis pencocokan yang bisa digunakan selain luas yaitu frasa dan persis. Pencocokan frasa adalah pencocokan yang mana kata kunci akan difokuskan pada frasa yang anda pilih. Kalaupun ada tambahan sugesti frasa tidak akan mengubah kata kunci yang sudah anda pilih. Sedangkan pencocokan persis adalah pencocokan kata kunci yang sesuai dengan apa adanya. Tidak ada tambahan sugesti seperti pencocokan frasa.

Perlu rasanya untuk lebih teliti dalam melakukan riset kata kunci. Karena jika salah dalam memilih, bisa membuat iklan anda kurang relevan dan sudah pasti bisa menghabiskan anggaran anda tanpa ada hasil sama sekali.

4. Tidak memakai kata kunci negatif

Masih berkaitan dengan pembahasan diatas. Sering kali Google berusaha mencocokan iklan anda dengan penelusuran yang tidak relevan dengan iklan anda. Tapi tenang, ini normal dan anda tidak perlu menonaktifkan kata kunci yang memberi beberapa klik yang tidak relevan. Sebaiknya periksa terlebih dahulu.

Ada cara yang bisa anda praktekan yaitu ketika anda melihat data ada hasil penelusuran yang tidak relevan dengan iklan anda, ada opsi untuk menambahkannya ke dalam daftar kata kunci negatif. Dengan begitu, kita memberi tahu Google untuk tidak menampilkan iklan kepada orang yang melakukan penelusuran menggunakan kata atau istilah tersebut. Dengan demikian, iklan anda tidak akan pernah tampil lagi kepada orang-orang yang menggunakan istilah penelusuran tersebut. Tapi ingat tetap dikontrol, jangan terlalu membatasi akun anda secara berlebihan.

5. Tidak memeriksa performa dan kualitas landing page

Terkadang banyak advertiser yang terlena dengan ini. Padahal sebagus apapun iklan anda, jika performa landing page anda buruk tentu akan merugikan. Ketika ada calon pelanggan yang mengklik iklan anda dan berharap bisa melihat landing page anda, tetapi proses memuatnya memakan waktu yang lama, sudah pasti mereka akan lari. Atau calon pelanggan tidak melihat produk atau layanan yang sudah anda janjikan di iklan. Untuk itu performa landing page harus tetap dijaga agar dapat meningkatkan konversi iklan.

Sudah menghindari 5 hal tersebut?

Beriklan di Google Ads memang susah – susah gampang. Tidak semua orang dapat beriklan dan mendapatkan hasil yang bagus dari iklan yang dijalankan. Terdapat banyak pertimbangan dalam beriklan di Google Ads agar hasil yang didapat maksimal. Hal ini yang membutuhkan pengetahuan dan pengalaman dalam mengelola iklan Google Ads. Untuk itu Garuda Media Digital hadir dengan menawarkan jasa pengelolaan iklan Google Ads agar anda tidak perlu pusing memikirkan strategi dalam pemasaran produk dan layanan anda dengan Google Ads.

Garuda Media Digital adalah agency jasa digital marketing yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Anda dapat berkonsultasi dengan kami mengenai rencana pembuatan media bisnis dan promosi anda. Kami juga melayani jasa pembuatan website dan jasa pembuatan landing page. Disamping itu, kami juga dapat membuat media promosi ini lebih powerfull dengan optimasi pengiklanan Google Ads. Sehingga website atau landing page yang anda buat akan menempati posisi nomor 1 halaman Google Search. Segera hubungi kami untuk penawaran menarik seputar jasa pembuatan landing page, website dan jasa iklan Google Ads!

Ingin beriklan di Google Ads?