Manfaat Dan Jenis Shopping Ads Yang Perlu Anda Ketahui

shopping ads

Manfaat dan Jenis Shopping Ads –Data menunjukkan bahwa ada 3,5 miliar pencarian per hari di Google dan lebih banyak yang mengklik iklan Google Shopping dari pada iklan teks. Iklan Google Shopping menjadi salah satu cara yang efektif dan terjangkau untuk meningkatkan trafik ke toko online dan tentunya meningkatkan penjualan anda.

Pengertian Google Shopping Ads

Sederhananya, Google Shopping Ads adalah iklan berbasis produk. Mereka akan muncul untuk pencarian produk di Google ataupun Google Shopping. Berbeda dengan iklan penelusuran, ikan belanja menampilkan gambar produk disertai detailnya seperti nama produk, harga, nama toko dan ulasan dari pelanggan yang sudah pernah belanja. Pada dasarnya mereka akan menampilkan informasi penting tentang produk kepada calon pelanggan sebelum mereka mengunjungi toko online.

Jenis-jenis Google Shopping Ads

Ada 3 jenis iklan belanja yang bisa anda gunakan di kampanye Google Shopping.

1. Product Shopping ad

Ini dibuat berdasarkan data produk yang disediakan di akun Google Merchant Center anda.

2. Showcase Shopping ad

Anda bisa dengan mudah mengelompokkan beberapa pilihan produk. Dengan seperti itu calon pembeli bisa membanding-bandingkan beberapa produk anda dan memutuskan untuk mengklik produk yang merek sukai. Ini akan membantu calon pembeli menemukan brand anda dan menelusuri produk-produk anda yang lainnya.

3. Local Inventory Shopping ad

Ini akan menggunakan data feed yang anda miliki untuk menampilkan produk dan informasi toko fisik anda kepada pembeli yang mungkin jaraknya dekat dengan anda.

Sama seperti iklan penelusuran, Google Shopping Ads juga mengikuti sistem lelang. Dalam membayar iklan sedikit berbeda tergantung dengan jenis iklan yang anda pilih.

1. Product Shopping ads, anda membayar per CPC

Artinya anda hanya dikenakan biaya ketika ada orang yang mengklik iklan anda.

2. Showcase Shopping ads, diberlakukan bidding CPE (biaya per keterlibatan) maksimum

Disini anda perlu menentukan jumlah tertinggi yang perlu anda bayarkan untuk suatu engagement. Anda akan dikenakan biaya ketika ada orang yang mengklik produk di Showcase ads anda.

Bagaimanapun itu, menurut Google anda hanya perlu membayar jumlah minimun yang diperlukan untuk mendapatkan posisi yang lebih tinggi dari pengiklan yang ada dibawah anda. Anda akan sering membayar kurang dari tawaran maksimum anda.

Apakah Google Shopping Ads Efektif?

Jawaban singkatnya adalah iya. Yang perlu anda ketahui dalam menyiapkan kampanye Google Shopping relatif mudah. Selain itu Google Shopping adalah salah satu cara untuk mendatangkan calon pembeli yang tertarik dengan lini produk anda.

  • Iklan menarik secara visual, ini menandakan bahwa produk anda terlihat dan memiliki kinerja yang lebih baik dari pada iklan penelusuran.
  • Mereka akan mendorong prospek yang ideal ke toko anda dan mempermudah pelanggan karena tersedianya berbagai macam informasi mengenai produk tersebut.
  • Platform mudah digunakan dan akan menampilkan laporan yang akurat tentang kinerja kampanye iklan anda.

Manfaat Google Shopping Ads

1. Meningkatkan visibilitas

Adapun cara Google Shopping dalam meningkatkan visibilitas produk anda sebagai berikut.

  • Mereka akan menampilkan produk anda di bagian atas hasil penelusuran Google. Inilah yang bisa membuat calon pelanggan tertarik dengan produk anda, karena produk anda menjadi yang pertama yang mereka lihat di hasil penelusuran, diatas hasil organik.
  • Mereka memiliki foto produk dan informasi tentang produk. Perlu di ingat visual atau gambar yang menarik perhatian orang akan menjadi lebih baik dari pada kata kunci atau tag line yang anda gunakan.

Bayangkan saja, ketika anda ingin membeli beberapa tanaman bunga yang cantik untuk hiasan di halaman rumah anda. Setelah anda melakukan pencarian di Google, anda mendapatkan beberapa hasil yang terlihat. Disitu banyak pilihan dan mana yang menarik pasti akan anda pilih. Disitulah pentingnya penampilan produk. Iklan Google Shopping membuat produk anda terlihat menarik secara visual di halaman hasil penelusuran. Apalagi ketika gambarnya menarik dan calon pembeli merasa cocok dengan harganya, besar kemungkinan mereka akan beli.

2. Jangkauan lebih luas

Perlu anda ketahui bahwa iklan belanja tidak hanya akan muncul di hasil penelusuran Google. Google berusaha untuk terus memperluas saluran iklan belanja. Artinya anda memiliki banyak peluang untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas. Saat ini, iklan Google belanja tayang di berbagai tempat, seperti;

  • Tab belanja di Google Search
  • Google images
  • Situs yang bermitra dengan Google
  • Diseluruh jaringan Google Display, termasuk YouTube dan Gmail.

Tertarik untuk beriklan dengan Google Shopping Ads?

Google Ads menawarkan jenis pengiklanan yaitu shopping ads yang cocok bagi anda yang memiliki produk online yang dijual. Jenis iklan ini akan memudahkan pengunjung internet untuk mendapatkan informasi harga dan pembelian produk yang mereka cari. Sehingga produk yang anda jual dapat langsung menjangkau customer dan peluang pembelian yang besar. Garuda Media Digital hadir dengan menawarkan jasa pengelolaan iklan Google Ads agar anda tidak perlu pusing memikirkan strategi dalam pemasaran produk dan layanan anda dengan Google Ads.

Garuda Media Digital adalah agency jasa digital marketing yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Anda dapat berkonsultasi dengan kami mengenai rencana pembuatan media bisnis dan promosi anda. Kami juga melayani jasa pembuatan website dan jasa pembuatan landing page. Disamping itu, kami juga dapat membuat media promosi ini lebih powerfull dengan optimasi pengiklanan Google Ads. Sehingga website atau landing page yang anda buat akan menempati posisi nomor 1 halaman Google Search. Segera hubungi kami untuk penawaran menarik seputar jasa pembuatan landing page, website dan jasa iklan Google Ads!

Ingin beriklan di Google Ads?