Penggunaan Google Ads Untuk Meningkatkan Brand Awareness

meningkatkan brand awareness

Meningkatkan brand awareness dengan Google Ads – Meningkatkan brand awareness di mata konsumen adalah pekerjaan yang cukup sulit, apalagi ketika anda ingin menjangkau audiens yang spesifik. Tapi tidak perlu khawatir, Google Ads bisa menjadi solusi yang tepat untuk anda.

Sebagian besar marketer sepakat jika Google Ads itu sangat efektif untuk mendukung proses marketing ataupun proses untuk meningkatkan brand awareness. Dimana anda bisa melihat ROAS, mengukur dan mengoptimalkan iklan anda sehingga bisa memberikan hasil yang maksimal. Sekarang kami akan menunjukkan cara untuk meningkatkan brand awareness bisnis anda dengan Google Ads.

Google Display Network

Cara yang umum dan terbukti berhasil untuk meningkatkan brand awareness di mata konsumen adalah dengan Google Display Network. GDN akan memberikan anda banyak keuntungan diantaranya, jangkauan yang lebih luas, dan klik yang relatif murah. Ini adalah pilihan yang tepat untuk menampilkan merek atau brand anda dihadapan calon konsumen sebanyak mungkin. Ketika beriklan dengan GDN untuk meningkatkan brand awareness tentu kita ingin memaksimalkan tayangan dan meminimalkan pengeluaran. Dengan Iklan Display Responsif anda bisa mendapatkan hasil yang optimal dengan biaya yang lebih murah.

Sekarang penargetan. Targeting untuk meningkatkan brand awareness adalah bagian yang cukup rumit. Dimana kita ingin menjangkau lebih luas tetapi sebisa mungkin muncul disitus yang relevan. Saran kami, hindari metode penargetan yang berbasis halaman “Topics”, “Placements” & “Keyword” dan tetap berfokus ke audiens.  Jika anda ingin penargetan audiens, anda bisa menggunakan pendekatan dua arah.

  1. Custom Affinity Audiences. Dengan custom affinity audiences bisa menjadi pilihan yang membantu anda untuk menentukan audiens yang betul-betul relevan dengan topik anda.
  2. “Similar to” Audiences. Apakah anda ingin memiliki daftar untuk remarketing yang lebih besar? Dengan strategi ini anda bisa menemukan orang-orang yang “mirip” dengan yang sudah ada di daftar remarketing anda.

Google Search Network

Search biasanya dimanfaatkan  untuk mengarahkan trafik ke situs anda (dengan tujuan melakukan konversi), tetapi menampilkan iklan anda didalam hasil penelusuran juga bisa menjadi cara untuk meningkatkan brand awareness. Walaupun iklan anda tidak diklik, mereka sudah melihat brand anda dan mungkin akan coba untuk membeli di lain waktu.

Anda bisa menggunakan remarketing  untuk menargetkan iklan penelusuran kepada orang-orang yang mirip dengan customer anda. Tapi yang perlu diingat adalah harga untuk klik di search lebih mahal dari pada display. Namun klik yang dihasilkan berasal dari pengguna yang memang sudah tertarik dengan produk atau layanan anda.

Sebagai tambahan, anda bisa menggunakan strategi bidding target pangsa tayangan. Tujuannya adalah untuk memaksimalkan tayangan iklan penelusuran anda. Sederhananya bertujuan untuk menampilkan iklan sebanyak mungkin. Dengan strategi bidding target pangsa tayangan yang aktif, secara otomatis anda membiarkan Google Ads untuk mengontrol bid kata kunci brand anda.

Mengukur keberhasilan. Sejatinya kita tidak bisa secara langsung mengukur keberhasilan dalam meningkatkan brand awareness. Ada beberapa metrik yang bisa menunjukkan peningkatan brand awareness, tetapi bukan hasil yang mutlak untuk menentukan apakah berhasil atau gagal. Tetapi anda bisa melihat beberapa metrik dibawah ini, sebagai hasil dan bahan pertimbangan dalam usaha anda untuk meningkatkan brand awareness.

  • Impressions, jumlah penayangan iklan
  • Clicks, jumlah orang yang mengklik iklan
  • Bounce rate, rasio pentalan pengunjung datang namun tidak melakukan aksi

Sudah Mengerti Tips Meningkatkan Brand Awareness dengan Google Ads?

Dalam mengukur keberhasilan kampanye untuk meningkatkan brand awareness tidak hanya terpaku dalam kampanye itu sendiri, tetapi juga perlu melihat kinerja situs web secara keseluruhan. Tetapi yang perlu diingat adalah Google Ads bisa menjadi opsi yang tepat bagi anda yang ingin meningkatkan brand awareness yang dilihat oleh target demografis anda. Namun tentunya anda perlu mengasah kemampuan analisa anda sehingga bisa memilih dan menentukan strategi yang tepat. Garuda Media Digital hadir untuk memberikan jasa iklan Google Ads sehingga anda tidak perlu pusing memikirkan strategi beriklan di Google Ads.

Garuda Media Digital adalah agency jasa digital marketing yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Anda dapat berkonsultasi dengan kami mengenai rencana pembuatan media bisnis dan promosi anda. Kami juga melayani jasa pembuatan website dan jasa pembuatan landing page. Disamping itu, kami juga dapat membuat media promosi ini lebih powerfull dengan optimasi pengiklanan Google Ads. Sehingga website atau landing page yang anda buat akan menempati posisi nomor 1 halaman Google Search. Segera hubungi kami untuk penawaran menarik seputar jasa pembuatan landing page, website dan jasa iklan Google Ads!

Ingin beriklan di Google Ads?