Pahami Penggunaan Pencocokan Kata Kunci Frasa

pencocokan kata kunci frasa

Tips Menggunakan Pencocokan Kata Kunci Frasa – Ketika anda menjalankan iklan di Google Ads, mungkin anda akan berasumsi kalau menggunakan kata kunci short-tail sangat tepat untuk menjangkau audiens yang menjadi target market anda. Tetapi yang perlu anda ketahui, walaupun anda bisa menjangkau target market, terkadang kurang efisien jika anda tidak menggunakan frasa yang pas.

Paid Search/penelusuran berbayar berfungsi sangat baik, ketika anda bisa menunjukkan iklan kepada pelanggan anda tepat pada waktunya. Hal itu menunjukkan kalau anda menampilkan iklan kepada pengguna yang memakai frasa yang khusus dan tepat. Jika menurut anda bagus, anda bisa menggunakan pencocokan frasa yang tentunya bisa menguntungkan untuk anda.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan memaparkan tentang pencocokan frasa. Perlukah menggunakan pencocokan ini sampai alternatif lain yang dapat digunakan.

Pengertian Pencocokan Frasa

Pencocokan frasa adalah opsi pencocokan kata kunci yang mana Google hanya akan mencocokan iklan anda dengan kata kunci yang menyertakan frasa yang anda tentukan.

Sementara Google Ads memakai pencocokan luas sebagai jenis pencocokan default. Dengan pencocokan luas, iklan anda ditampilkan kepada orang-orang yang memasukan istilah penelusuran yang menurut Google itu mirip dengan kata kunci yang kamu pakai. Contoh ketika anda menargetkan kata kunci Sepatu olahraga, kemungkinan mereka akan menampilkan iklan anda kepada orang yang mencari sepatu lari.

Ketika anda menggunakan pencocokan frasa, akan lebih terkontrol dibandingkan menggunakan pencocokan luas. Dengan jenis pencocokan kata kunci ini, iklan anda akan ditampilkan kepada pengguna yang menyertakan frasa persis yang anda pilih sebagai kata kunci dari penelusuran mereka. Walaupun volume kata kunci yang besar sangat bagus, terkadang anda betul-betul menginginkan supaya iklan anda hanya ditampilkan dalam penelusuran yang akan membantu mendapatkan konversi secara langsung.

Apakah Harus Menggunakan Pencocokan Frasa Saja?

Jawabannya adalah tidak. Terkadang dengan jenis pencocokan frasa pun, anda masih bisa mengalami kerugian seperti halnya ketika anda menggunakan jenis kata kunci pencocokan luas. Kemudian anda pun akan kehilangan peluang untuk mendapatkan banyak trafik. Walaupun terlihat lebih baik dari pada pencocokan persis, anda akan kehilangan banyak trafik yang bagus.

Kelebihan dan Kekurangan

Pencocokan frasa akan membantu anda memastikan kalau iklan anda hanya akan ditampilkan kepada orang-orang yang sangat anda inginkan untuk melakukan konversi. Ini bisa membantu meningkatkan CTR dan konversi secara signifikan. Dan dengan begitu akan mengurangi pengeluaran iklan yang percuma dengan meningkatkan relevansi iklan anda. Kata kunci frasa jauh lebih tepat daripada kata kunci luas. Terkadang dengan pencocokan luas akan menampilkan iklan anda di kueri penelusuran yang nyaris sama sekali tidak relevan.

Kekurangan menggunakan pencocokan luas adalah dimana kampanye akan sedikit dibatasi ketika anda menggunakan pencocokan frasa. Tidak ada ruang untuk bisa menjangkau pengguna yang memakai istilah penelusuran yang umum. Apalagi disaat mereka mencari produk atau bisnis yang kemungkinan masih relevan dengan bisnis anda. Itu berarti anda kehilangan konversi.

Kapan Saya Harus Menggunakan Pencocokan Frasa?

Disaat anda menjalankan kampanye yang memang didesain untuk fokus pada audiens yang lebih spesifik, penggunaan kata kunci frasa bisa menjadi opsi yang bagus untuk digunakan. Memungkinkan anda untuk membuat ads copy dan membuat penawaran yang akan tayang kepada pengguna yang menelusuri dengan frasa tersebut. Hal ini tentunya bisa membantu anda untuk bisa memisahkan calon pelanggan yang berdasarkan pada permasalahan, proposisi nilai dan tahap perjalanan pembeli yang mereka lalui.

Namun ketika anda baru saja memulai beriklan dan ingin menjangkau banyak pengguna, anda bisa melakukan uji coba untuk menemukan kata kunci yang tepat dan pencocokan luas bisa menjadi pilihan yang baik.

Adakah Alternatif Lain Selain Menggunakan Pencocokan Frasa?

Ketika anda tidak ingin menggunakan pencocokan frasa, anda tetap bisa menggunakan pencocokan luas. Dimana nantinya anda akan menemukan variasi baru dari kata kunci yang anda tawar. Nantinya anda bisa menawar untuk kata kunci yang lebih spesifik dan relevan dengan bisnis anda.

Selain itu, anda bisa menggunakan jenis pencocokan kata kunci negatif. Dimana akan mencegah iklan anda tampil di berbagai kueri negatif yang ditentukan. Ini adalah jurus yang ampuh untuk menghalau trafik yang tidak relevan dengan bisnis anda. Garuda Media Digital hadir dengan menawarkan jasa pengelolaan iklan Google Ads agar anda tidak perlu pusing memikirkan strategi dalam pemasaran produk dan layanan anda dengan Google Ads.

Garuda Media Digital adalah agency jasa digital marketing yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Anda dapat berkonsultasi dengan kami mengenai rencana pembuatan media bisnis dan promosi anda. Kami juga melayani jasa pembuatan website dan jasa pembuatan landing page. Disamping itu, kami juga dapat membuat media promosi ini lebih powerfull dengan optimasi pengiklanan Google Ads. Sehingga website atau landing page yang anda buat akan menempati posisi nomor 1 halaman Google Search. Segera hubungi kami untuk penawaran menarik seputar jasa pembuatan landing page, website dan jasa iklan Google Ads!

Ingin beriklan di Google Ads?