Kenali Prinsip Beriklan Di Google Ads

prinsip iklan google ads

Prinsip Beriklan Di Google Ads – Sudah bukan rahasia umum lagi kalau Google Ads adalah platform yang bisa diajak kerjasama untuk membantu membesarkan bisnis anda. Tentunya anda tidak perlu menjadi seseorang yang ahli didalam dunia digital marketing, kecuali jika anda ingin menjadi pakar tentu anda perlu mendalaminya.

Google Ads dirancang sedemikian rupa dan bisa di operasikan oleh siapapun, terlepas dari tingkat keahliannya. Dalam pembahasan kali ini kami akan memaparkan beberapa prinsip dalam beriklan di Google Ads yang bisa membantu anda untuk menghindari membuat kesalahan pada kampanye anda dan memastikan anda membuat kampanye dengan benar, sehingga bisa menghasilkan.

1. Bisa Untuk Semua Orang

Google Ads bisa diakses oleh semua orang yang ingin memasang iklan yang menarik bagi semua pengguna. Sudah pasti ketika anda memiliki bisnis hijab tentu anda tidak ingin iklan anda muncul disitus elektronik dan peralatan touring. Dengan Google Ads yang memiliki berbagai jenis kampanye, semua berfungsi untuk menampilkan iklan yang relevan kepada pengguna disaat mereka mencari dengan kata kunci yang sudah anda tentukan.

2. Mudah Digunakan

Walaupun Google Ads sudah didesain untuk bisa diakses semua kalangan, tentu masih membutuhkan waktu dan upaya yang keras untuk bisa memahami cara kerjanya. Tidak masalah apakah anda seorang manajer, CEO, Influencer, atau apappun profesinya ketika ingin belajar pasti bisa memahami dasar-dasar Google Ads.

Ada beberapa area yang perlu anda fokuskan ketika ingin membuat kampanye baru, seperti penggunaan kata kunci dan landing page. Ditambah dengan deskripsi yang harus relevan dengan apa yang ada di landing page hingga beberapa tautan yang bisa anda gunakan . Target dari kampanye apapun adalah ingin menjangkau orang-orang yang kemungkinan besar akan berkonversi.

3. Terus Berubah

Selain anda perlu memahami tentang kebijakan atau peraturan-peraturan yang ada di Google Ads, anda juga perlu memahami bahwa Google akan melakukan beberapa perubahan agar iklan anda bisa berjalan lebih optimal. Google Ads akan selalu menambahkan fitur baru, untuk menyempurnakan fitu yang sudah ada dan mengujinya untuk membuat iklan lebih efektif  dan tentunya menarik.

4. Tidak Hanya Untuk E-Commerce

Memang Google Ads memungkinkan anda untuk mengarahkan trafik langsung masuk ke toko anda dari hasil penelusuran. Namun anda tidak perlu membatasi hanya untuk ecommerce saja, tapi seiringnya waktu anda juga bisa menyiapkan dan menjalankan kampanye lain, seperti Display yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan brand awareness.

5. Pertimbangkan Sebelum Mengaktifkan

Penting untuk anda pahami ketika membuat kampanye Google Ads sebelum anda mengaktifkannya. Sebaiknya anda cek terlebih dahulu tentang;

  1. Siapa target anda ? Mengetahui siapa yang menjadi target anda sangat penting untuk melihat CPC dan kampanye Google Ads berfungsi.
  2. Kapan calon pelanggan harus mencari anda? Apakah ketika jam pagi sampai sore? atau anda menargetkan di jam-jam ketika target anda sedang makan siang? sangat penting untuk membuat jadwal iklan agar anda bisa mengukur di jam-jam berapa yang efektif.
  3. Kata kunci apa yang akan digunakan target pelanggan anda ketika melakukan pencarian agar relevan dengan produk atau layanan yang anda tawarkan.

6. Mulai Dulu dan Minimalisir Kesalahan

Faktanya adalah dari kampanye apapun yang sudah sukses/berhasil pasti melewati beberapa optimasi sehingga bisa berhasil. Kami pun meyakini untuk mulai saja dulu dan dengan seiringnya waktu bisa kita tingkatkan. Mulai dari apa yang anda pahami dan mana yang ingin anda coba. Jangan sampai anda mencoba dengan beberapa kampanye diawal, yang pada akhirnya bisa membuang-buang uang untuk kata kunci yang tidak relevan dengan bisnis anda.

Hadapi apa yang menjadi kendala anda dalam beriklan. Dengan seiringnya waktu anda akan menemukan polanya, dan bisa megoptimasi atau mencoba kampanye lain ketika satu kampanye sudah berhasil dan mendapatkan hasil yang baik.

7. Sabar Dalam Praktik

Pada dasarnya bagian tersulit yang sebenarnya dari beriklan bukanlah membuat kampanye tapi kita harus sabar dan membiarkan kampanye berjalan, sehingga kita bisa mendapatka data dan mempelajari bagaimana caranya untuk bisa lebih di optimalkan. Mengubah dan memperbarui kampanye Google Ads secara terus-menerus bisa merusak kinerja kampanye itu sendiri. Dan ketika tidak sabar kita akan cenderung mengambil tindakan yang salah dan akhirnya kampanye tidak memberikan hasil apapun.

8. Meminimalisir Pengeluaran Dengan Menggunakan Kata Kunci Negatif

Dengan strategi kata kunci negatif bisa menghemat anggaran untuk klik yang tidak diinginkan dari audiens yang mungkin tidak akan menjadi pelanggan anda. Kata kunci negatif akan memastikan iklan anda tidak muncul untuk klik dari penelusuran yang tidak anda inginkan. Salah satu kesalahan yang dilakukan pengiklan adalah dimana mereka tidak memiliki daftar kata kunci negatif. Padahal dengan memiliki daftar kata kunci negatif mereka bisa mencegah iklan mereka muncul untuk pencarian yang tidak relevan.

Sudah Mengerti Prinsip Beriklan Di Google Ads?

Beriklan di Google Ads memang tidak menjamin keberhasilan instan bagi bisnis anda. Metode beriklan yang salah akan membuat anda banyak membuang uang anda untuk biaya pengiklanan tanpa mendapatkan hasil. Namun jika sudah menemukan pola beriklan dan mampu mengoptmasi iklan dengan baik maka sangat besar kemungkinan bisnis anda meningkat pesat. Untuk itu perlu diketahui bahwa beriklan di Google Ads tidak mudah. Garuda Media Digital hadir dengan menawarkan jasa pengelolaan iklan Google Ads agar anda tidak perlu pusing memikirkan strategi dalam pemasaran produk dan layanan anda dengan Google Ads.

Garuda Media Digital adalah agency jasa digital marketing yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Anda dapat berkonsultasi dengan kami mengenai rencana pembuatan media bisnis dan promosi anda. Kami juga melayani jasa pembuatan website dan jasa pembuatan landing page. Disamping itu, kami juga dapat membuat media promosi ini lebih powerfull dengan optimasi pengiklanan Google Ads. Sehingga website atau landing page yang anda buat akan menempati posisi nomor 1 halaman Google Search. Segera hubungi kami untuk penawaran menarik seputar jasa pembuatan landing page, website dan jasa iklan Google Ads!

Ingin beriklan di Google Ads?