Tips Memilih Kata Kunci Terbaik Untuk Iklan

kata kunci terbaik

Tips Memilih Kata Kunci Terbaik – Bila  anda memiliki keinginan untuk meningkatkan konversi di Google Ads, anda wajib mempunyai strategi yang pas. Di dunia saat ini, pesaing dari segala penjuru dunia berupaya untuk mendapatkan prospek dan pelanggan yang sama. Maka perlu untuk membuat rencana yang efektif untuk memenangkan persaingan.

Terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam menjalankan kampanye Google Ads seperti ads copy, relevansi, foto, landing page, serta metode tindak lanjut. Namun langkah awal yang sangat penting untuk dilakukan adalah meriset target kata kunci yang tepat untuk membuat iklan anda dapat berjalan dengan baik.

Mengetahui metode memilih kata kunci terbaik untuk kampanye Google Ads akan membuat anda bisa menjangkau lebih banyak pelanggan yang tertarik dengan penawaran anda dan tentunya akan meminimalisir biaya iklan.

Bagaimana Cara Memilih Kata Kunci Terbaik Untuk Iklan Google?

1. Struktur akun : kata kunci dengan volume pencarian tinggi vs rendah

Salah satu elemen penting didalam menjalankan kampanye iklan adalah struktur akun. Struktur yang tepat berarti ketika kata kunci, iklan, dan landing page anda selaras dengan tujuan bisnis anda. Menemukan struktur akun Google Ads yang tepat bisa seperti mencari jarum di tumpukan jerami. Ada banyak pendekatan berbeda tergantung pada tujuan, anggaran, posisi, ukuran perusahaan, serta industri anda.

Anda mungkin berpikir harus mencari kata kunci yang memiliki volume pencarian yang lebih tinggi atau kata kunci yang persaingan rendah? 

Yang perlu anda ingat bahwa volume pencarian kata kunci mengacu pada berapa kali pencarian dilakukan untuk kata kunci tersebut selama sebulan. Inilah aspek yang perlu anda pertimbangkan agar kata kunci layak digunakan dan dibayar. Jika tidak ada pencarian selama sebulan pada kata kunci tersebut, itu menunjukkan bahwa tidak begitu banyak orang yang tertarik pada kata kunci atau frasa tersebut sehingga tidak akan menghasilkan cukup laba atas investasi anda.

Namun jika anda tidak bisa menawar untuk kata kunci yang memiliki volume pencarian yang tinggi (mahal), anda bisa menargetkan beberapa kata kunci yang memiliki volume rendah. Pendekatan ini bisa memperluas audiens anda dan bisa diuji untuk melihat kata kunci mana yang memiliki kineja yang baik. Selain itu anda pun bisa menampilkan iklan yang sama kepada orang berbeda yang menggunakan istilah penelusuran yang masih relevan.

2. Apakah kata kunci di niche anda memiliki volume pencarian yang baik?

Anda tidak bisa memakai seluruh kata kunci yang di tawarkan Google Ads. Volume kata kunci yang berbeda cenderung akan lebih efektif untuk industri yang berbeda pula. Pastikan anda mengetahui volume pencarian kata kunci khusus di niche anda.

3. Seberapa besar tingkat persaingannya?

Ada berbagai macam tools yang bisa anda gunakan untuk melihat bagaimana tingkat persaingan dari kata kunci tertentu salah satunya adalah Google Keyword Plannner. Tidak ada alasan untuk tidak bisa memahami bagaimana persaingan kata kunci yang akan anda gunakan. Walaupun kata kunci dengan volume yang lebih besar bisa mendatangkan lebih banyak trafik ke landing page anda, kata kunci tersebut juga jauh lebih kompetitif dan mahal daripada kata kunci dengan volume yang lebih rendah. Pertimbangkan hal itu.

4. Seberapa besar tingkat pembeliannya?

Anda perlu bertanya pada diri sendiri apa tujuan anda untuk kampanye iklan yang akan anda jalankan. Bila anda cuma mau mendapatkan prospek dan membangun brand awareness secara lebih luas, maka kata kunci yang memiliki niat membeli lebih besar itulah yang perlu anda gunakan.

Bagaimana Kata Kunci Bisa Berdampak Pada Tingkat Konversi?

Niat membeli yang tinggi akan menghasilkan konversi dengan baik. Namun tingkat konversi juga bergantung pada beberapa faktor seperti kualitas landing page, ads copy, gambar, video, dan elemen lainnya yang akan menentukan apakah orang berkonversi atau tidak. Tetapi untuk mengarahkan mereka ke situs web anda, itu tergantung pada kata kunci yang anda gunakan. Disitulah kemungkinan terjadinya konversi atau tidak.

Kata kunci tertentu akan menggiring pengunjung lebih jauh ke proses yang anda tentukan. Untuk itu sangat penting untuk mengerti mengenai kata kunci yang akan dipakai dalam iklan. Berikan pengunjung apa yang mereka butuhkan dan sediakan kebutuhan mereka dengan baik dan jelas.

1. Kata kunci dengan volume pencarian yang tinggi

Jika anda melihat kata kunci tersebut mempunyai volume yang tinggi, itu adalah pertanda baik. Ini mengartikan bahwa banyak pelanggan yang tertarik dengan topik ini dan mereka memakai Google untuk mempelajarinya lebih lanjut. Kata kunci dengan volume pencarian tinggi bisa meningkatkan pemahaman tentang profil bisnis anda di seluruh situs.

2. Kata Kunci dengan volume pencarian yang rendah

Jika kata kunci memiliki “volume pencarian rendah”, maka akan menghasilkan sedikit trafik. Itu mengartikan bahwa tidak relevan bagi kebanyakan orang yang mencari. Untuk itu anda bisa menjeda kata kunci tersebut agar tetap bisa menghemat anggaran anda dan memaksimalkan kata kunci yang memiliki kinerja lebih tinggi. Namun, kata kunci volume rendah bisa anda gunakan untuk menemukan kebutuhan yang belum dimanfaatkan atau permintaan yang meningkat untuk produk dan layanan tertentu.

Sudah memilih kata kunci terbaik untuk iklan anda?

Kata kunci memiliki peran yang sangat penting dalam kampanye iklan Google Ads. Anda perlu menentukan kata kunci terbaik yang tepat sesuai dengan produk atau layanan yang anda tawarkan. Selain itu, kata kunci yang dipasang harus disesuaikan dengan data permintaan volume penelusuran terhadap kata kunci tersebut. Maka dari itu pemilihan kata kunci akan sangat menentukan keberhasilan iklan anda di Google Ads. Garuda Media Digital hadir dengan menawarkan jasa pengelolaan iklan Google Ads agar anda tidak perlu pusing memikirkan strategi dalam pemasaran produk dan layanan anda dengan Google Ads.

Garuda Media Digital adalah agency jasa digital marketing yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Anda dapat berkonsultasi dengan kami mengenai rencana pembuatan media bisnis dan promosi anda. Kami juga melayani jasa pembuatan website dan jasa pembuatan landing page. Disamping itu, kami juga dapat membuat media promosi ini lebih powerfull dengan optimasi pengiklanan Google Ads. Sehingga website atau landing page yang anda buat akan menempati posisi nomor 1 halaman Google Search. Segera hubungi kami untuk penawaran menarik seputar jasa pembuatan landing page, website dan jasa iklan Google Ads!

Ingin beriklan di Google Ads?