Apa itu Target CPA? Bagaimana Cara Kerjanya?

target cpa

Pengertian Target CPA – Salah satu istilah dalam periklanan Google Ads adalah Cost Per Acquisition (CPA).  Alokasi biaya pemasaran merupakan hal yang penting bagi sebuah perusahaan dalam menjalankan kampanye iklan. Parameter keberhasilan suatu iklan untuk memenuhi tujuan perusahaan perlu diukur. Bagaimana kinerja pemasaran terhadap datangnya keuntungan bagi perusahaan atau bisnis anda adalah hal yang harus diperhitungkan. Google Ads menyediakan CPA untuk digunakan sebagai parameter kesuksesan iklan anda. Untuk pengertian CPA lebih detail akan kami bahas di artikel ini 

Pengertian Target CPA

CPA atau dikenal dengan biaya per akuisisi atau biaya per tindakan adalah strategi smart bidding yang disediakan oleh Google Ads. Cara ini digunakan untuk mengoptimalkan tawaran untuk mendapatkan konversi sebanyak mungkin untuk target CPA yang anda tetapkan untuk kampanye anda.

Google Ads menggunakan machine learning untuk mengoptimalkan bid secara otomatis untuk setiap lelang. Akuisis atau konversi bisa meliputi banyak hal antaranya, klik, mengunduh aplikasi, ,mendaftar, mengisi formulir atau penjualan.

Anda bisa menentukan target CPA dengan dua cara yaitu strategi standar untuk kampanye tunggal dan strategi portofolio untuk beberapa kampanye

Bagaimana Cara Kerja Target CPA?

Google Ads menggunakan data historis dari kampanye anda dan akan mengevaluasi sinyal kontekstual seperti lokasi pengguna, jenis perangkat, daftar remarketing, waktu dan lain sebagainya.

Target CPA akan menemukan CPC yang optimal untuk setiap lelang yang dilakukan oleh pengguna. Konversi mungkin akan melewati target anggaran anda atau mungkin lebih sedikit Namun Google Ads akan mempertahankan dan menyesuaikan CPC  sama dengan target CPA yang akan anda tetapkan. Perubahan ini karena CPA anda yang sebenarnya bergantung pada berbagai faktor yang tidak berada di bawah kendali Google seperti, meningkatnya persaingan dalam lelang iklan dan perubahan di situs web atau iklan.

Batas Tawaran

Batas tawaran tidak direkomendasikan oleh Google Ads karena akan membatasi peluang yang lebih kecil bagi iklan anda untuk muncul kapanpun dan dimanapun diperlukan. Namun dengan anggaran terbatas dan untuk memantau tawaran anda dengan cermat, anda bisa menetapkan tawaran maksimum dan minimum agar target CPA anda tidak habis.

1. Batas tawaran maksimum

Tawaran maksimum yang bisa anda berikan ke Google Ads untuk Ad Group atau kumpulan kata kunci saat menggunakan bidding target CPA.

2. Batas tawaran minimum

Tawaran minimum yang bisa anda berikan ke Google Ads untuk Ad Group anda, kumpulan kata kunci saat menggunakan bidding target CPA.

Strategi Penawaran Otomatis

Mengelola pembelanjaan iklan yang besar itu cukup rumit dan membingungkan, itulah kenapa Google Ads memiliki opsi yang disebut dengan strategi penawaran. Strategi penawaran otomatis akan muncul ketika anda menawar kata kunci dalam jumlah besar dan memiliki anggaran yang besar tetapi tidak memiliki cukup waktu untuk mengelola kampanye individu.

Namun sebaiknya jika anda memiliki anggaran lebih sedikit dan memiliki cukup waktu untuk mengelola kampanye individual, cara terbaik adalah menggunakan opsi penawaran manual di Google Ads.

Penyesuaian Tawaran Perangkat

Device bid adjustment adalah fitur yang disediakan oleh Google Ads untuk menargetkan pengguna berdasarkan perangkat. Anda pun bisa menetapkan penyesuaian tawaran untuk seluler, tablet, dan desktop.

Mendapatkan trafik ke situs web adalah setengah dari perjuangan. Memastikan situs web anda berkonversi dengan baik adalah bagian lain dari perlombaan. Untuk mencapai ini, anda perlu memastikan situs web anda menyediakan apa yang dicari pelanggan anda, relevan dengan kebutuhan pelanggan anda. Anda juga perlu memahami motivasi pelanggan potensial anda, mengapa mereka tertarik dengan produk atau jasa anda.

Untuk memahami motivasi pelanggan, anda perlu menganalisis data dengan Google Analytics. Hanya melalui data dan KPI reporting, anda bisa memahami apa yang diperlukan untuk mengubah konteks produk atau layanan anda untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Rata-rata tingkat konversi hanya 2-3% artinya 97% pengunjung anda akan pergi tanpa membeli. Melalui penggunaan data analitik Google, anda bisa menentukan apa yang menjadi fokus pengujian AB dan bagaimana upaya untuk mengoptimalkan tingkat konversi anda.

Pada akhirnya tujuan anda adalah untuk meningkatkan rasio konversi diatas rata-rata dan dengan demikian anda bisa meningkatkan nilai setiap uang yang anda habiskan untuk beriklan.

Cara Mengatur Target CPA

Yuk ikuti langkah-langkah ini:

  1. Masuk ke akun Google Ads anda.
  2. Pilih opsi kampanye dan klik tab pengaturan.
  3. Klik semua pengaturan dan gulir ke bawah pilih strategi penawaran.
  4. Klik opsi edit dan kemudian klik ubah strategi penawaran.
  5. Pilih menu Dropdown dan pilih target CPA.
  6. Masukkan target CPA, kemudian klik simpan.

Sudah mengetahui pengertian CPA dalam Google Ads?

Pengukuran CPA memiliki peran yang penting dalam menjalankan iklan Google Ads. Tanpa adanya pengukuran CPA, Anda tidak akan bisa mengetahui efektifitas iklan yang anda jalankan. Disamping itu, beriklan di Google Ads juga terdapat parameter-parameter iklan lain yang juga penting. Hal ini yang membutuhkan pengetahuan dan pengalaman dalam mengelola iklan Google Ads. Untuk itu Garuda Media Digital hadir dengan menawarkan jasa pengelolaan iklan Google Ads agar anda tidak perlu pusing memikirkan strategi dalam pemasaran produk dan layanan anda dengan Google Ads.

Garuda Media Digital adalah agency jasa digital marketing yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Anda dapat berkonsultasi dengan kami mengenai rencana pembuatan media bisnis dan promosi anda. Kami juga melayani jasa pembuatan website dan jasa pembuatan landing page. Disamping itu, kami juga dapat membuat media promosi ini lebih powerfull dengan optimasi pengiklanan Google Ads. Sehingga website atau landing page yang anda buat akan menempati posisi nomor 1 halaman Google Search. Segera hubungi kami untuk penawaran menarik seputar jasa pembuatan landing page, website dan jasa iklan Google Ads!

Ingin beriklan di Google Ads?