Penyebab Penangguhan Akun Google Ads dan Cara Memperbaikinya

akun ditangguhkan

Penangguhan Akun Google Ads – Bisa dikatakan hampir semua advertiser pernah merasakan yang namanya akun di tangguhkan. Kebanyakan teman-teman advertiser tidak memahami lebih detail tentang kebijakan-kebijkan yang ada di Google. Karena ketidaktahuannya, mereka melakukan sesuatu yang bernilai kesalahan di mata Google. Penangguhan iklan tidak memandang apakah itu perusahaan besar atau kecil. Jika terbukti melanggar maka akan ditangguhkan.

Mungkin anda sudah mencoba menyelesaikannnya dengan tim support google dan sama sekali tidak berhasil. Salah satu penyebab paling umum untuk akun Google Ads ditangguhkan adalah malware disitus web atau landing page.

Apa efek dari penangguhan akun Google Ads?

Ketika Google menangguhkan akun ads anda, iklan anda akan berhenti total. Artinya setiap kampanye, ad group, dan setiap iklan individu akan berhenti berjalan. Mereka tidak akan ditampilkan di jaringan Google manapun dan mereka berhenti membawa calon pelanggan ke landing page, situs web atau aplikasi anda.

Namun, walaupun akun anda ditangguhkan, trafik yang organik tidak akan terpengaruh. Pengiklan cenderung panik dan berpikir bahwa mereka akan kehilangan pengunjung mereka. Trafik organik tidak akan terpengaruh kecuali ada malware di situs web anda.

Pahami kebijakan Google Ads

Ada 4 kategori utama kebijakan yang mencakup penangguhan di Google Ads

1. Konten terlarang

Google melarang setiap konten terlarang dipromosikan oleh pengiklan di platform mereka. Konten terlarang mencakup banyak hal, dan sejalan dengan kebijakan etika perusahaan. Hal-hal seperti barang dan jasa ilegal, barang berbahaya, produk palsu, dan konten apa pun yang bisa memicu aktivitas ilegal atau merugikan siapa pun. Serta konten diskriminatif atau kebencian, semuanya termasuk dalam kategori konten terlarang.

2. Praktik terlarang

Jika anda dinilai mencoba mengelabui atau memanipulasi pengguna maka itu adalah praktik terlarang. Ini bisa mencakup penyelubungan di situs web, atau mengarahkan pengguna ke page sementara dengan tujuan yang sebenarnya ada di tempat lain. Dan akhirnya, iklan Anda harus sesuai dengan apa yang ada di situs web atau halaman arahan Anda. Jika tidak, Google menganggapnya sebagai representasi yang keliru.

3. Konten dan fitur yang dibatasi

Google melarang apapun yang ilegal, mulai dari konten perjudian, konten dewasa, bahkan konten politik.

4. Editorial dan teknis

Dari semua kategori, kebijakan editorial dan teknis adalah faktor paling subjektif dan terbuka untuk interprestasi. Iklan yang mudah dikonsumsi dan “tidak mengganggu” sulit untuk dijabarkan. Beberapa persyaratannya adalah bahwa situs web harus memiliki pengalaman pengguna yang baik, artinya pengguna bisa mengontrol bagaimana mereka berinteraksi dengan konten dan situs web.

Seperti yang anda lihat, ada banyak tempat dimana anda bisa salah. Walaupun malware disitus web bukanlah salah anda. Tapi Google menganggap andalah yang bertanggung jawab karena mereka menganggap situs web tersebut adalah milik anda.

Kenali Penyebabnya

Kunci untuk mengembalikan akun anda adalah mencari tahu terlebih dahulu apa yang salah. Setelah anda memahami itu, anda bisa segera mencari tahu cara mengatasinya. Berikut beberapa alasan yang paling umum untuk akun Google Ads yang ditangguhkan.

1. Situs web diretas

Iklan, situs web, landing page, atau aplikasi anda mungkin ada perangkat lunak perusak, konten yang tidak bisa diterima, atau pengalihan yang berbahaya bagi pengunjung. Dalam kebanyakan kasus, pemilik situs web tidak menyadari keberadaan malware. Namun demikian, akun Google Ads mereka tetap ditangguhkan.

2. Misrepresentation

  • Mengakali sistem. Jika situs web anda menampilkan satu versi konten ke Google, dan versi lain ke pengunjung situs web, ini dianggap sebagai praktik penipuan yang dikenal sebagai penyelubungan. 
  • Praktik penipuan. Jika konten berisi tentang subjek sensitif, yang berhubungan dengan masalah sosial, politik, dan masalah lain yang menjadi perhatian publik, misalnya, anda harus menyatakan identitas dan afiliasi anda dengan jelas. Demikian pula, mengiklankan satu tujuan kepada pengguna, dan kemudian membawa mereka ke tempat lain adalah pelanggaran kebijakan. 
  • Pelanggaran merek dagang. Yang ini sedikit rumit. Ini bisa berarti bahwa anda menggunakan merek dagang atau logo yang tidak bisa dibedakan dari merek dagang lain. Jika produk yang anda jual dianggap sebagai replika dari produk lain, Google akan menganggap anda menjual barang palsu. Selain itu, jika anda adalah pengecer resmi, anda harus mengajukan permohonan ke Google secara terpisah agar iklan Anda ditampilkan. 

3. Praktik yang dilarang

  • Menjual obat-obatan melalui apotek tidak resmi. Karena obat-obatan adalah zat yang diatur secara ketat, akun anda bisa ditangguhkan jika anda menjual obat tanpa resep atau menargetkan lokasi tempat anda dan tidak memiliki izin untuk menjual obat tersebut. 
  • Praktik bisnis lain yang tidak bisa diterima. Praktik seperti menampilkan iklan untuk menarik pengguna dan kemudian menipu mereka agar membagikan informasi medis, keuangan, atau pribadi. Serta memberikan gambaran yang salah tentang bisnis atau produk dan layanan akan membuat anda dilarang. 

4. Pembayaran yang jatuh tempo atau masalah penagihan

  • Saldo yang belum dibayar. Jika pembayaran anda tidak berhasil sekali pun, akun anda bisa ditangguhkan.
  • Penyalahgunaan kode promosi. Jika anda secara tidak sengaja menggunakan kode promosi Google Ads lebih dari sekali, atau menjualnya kepada orang lain, ini merupakan pelanggaran kebijakan. 
  • Meminta batal bayar. Jika anda telah meminta bank untuk membatalkan pembayaran, akun anda akan ditangguhkan.
  • Aktivitas pembayaran yang mencurigakan. Google terkadang mengira bahwa kartu kredit anda adalah kartu curian, dan menandai akun Anda. Mereka juga menganggap detail penagihan yang sama untuk beberapa akun sebagai hal yang mencurigakan.

Bagaimana cara menyelesaikan masalah penangguhan akun Google Ads?

Mari kita bicara tentang solusi untuk akun yang ditangguhkan.

1. Tinjau pelanggaran dengan cermat

Diatas sudah kami cantumkan beberapa potensi pelanggaran kebijakan, tetapi masih sulit untuk mencari tahu dimana letak kesalahannya. Tempat pertama untuk memulai adalah dengan memerikasa email yang dikirim Google untuk mencari petunjuk. Jika penyebabnya adalah konten yang dinilai berbahaya atau menipu di situs web, maka cobalah untuk diperbaiki kontennya.

2. Perbaiki semua pelanggaran kebijakan

  1. Setelah anda memiliki informasi tentang apa yang perlu diperbaiki, silahkan diperbaiki. Cek terlebih dahulu perangkat lunak yang digunakan, apakah ada masalah atau tidak. Terkadang malware adalah pelanggaran kebijakan terbesar dan paling mengkhawatirkan walaupun itu bukan salah anda. 
  2. Perbaiki masalah pembayaran. Jika anda memiliki iuran yang terutang untuk sebuah iklan, anda harus menghapusnya. Periksa dengan bank anda untuk memastikan tidak ada transaksi yang dilakukan dari rekening anda yang bisa dianggap mencurigakan. Periksa metode pembayaran lama anda menjadi tidak valid. Jika sudah, tambahkan metode baru.

  3. Perbaiki masalah konten. Silahkan perbaiki konten-konten seperti artikel yang ada disitus anda.

  4. Hapus malware dari situs web. Banyak tool bisa membantu anda untuk membersihkan malware. Setelah membersihkan situs web, anda perlu membersihkan cache WordPress dan browser.

  5. Setelah anda memperbaiki masalahnya, saatnya memberi tahu Google bahwa akun anda bisa segera dipulihkan.

Mengalami penangguhan akun Google Ads dan masih bingung memulihkannya?

Lolos dari penangguhan akun Google Ads memang tidak mudah. Kesalahan yang menjadi penyebab akun ditangguhkan kadang tidak terduga oleh kita. Namun anda tidak perlu bingung karena ada cara untuk memulihkannya. Tapi yang perlu digarisbawahi adalah proses pemulihan bisa jadi gagal jika Google masih menganggap situs web, landing page atau aplikasi anda bermasalah. Untuk itu mengenali kesalahan akun anda adalah hal pertama yang perlu anda identifikasi. Hal ini yang membutuhkan pengetahuan dan pengalaman dalam mengelola iklan Google Ads. Untuk itu Garuda Media Digital hadir dengan menawarkan jasa pengelolaan iklan Google Ads agar anda tidak perlu pusing memikirkan strategi dalam pemasaran produk dan layanan anda dengan Google Ads.

Garuda Media Digital adalah agency jasa digital marketing yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Anda dapat berkonsultasi dengan kami mengenai rencana pembuatan media bisnis dan promosi anda. Kami juga melayani jasa pembuatan website dan jasa pembuatan landing page. Disamping itu, kami juga dapat membuat media promosi ini lebih powerfull dengan optimasi pengiklanan Google Ads. Sehingga website atau landing page yang anda buat akan menempati posisi nomor 1 halaman Google Search. Segera hubungi kami untuk penawaran menarik seputar jasa pembuatan landing page, website dan jasa iklan Google Ads!

Ingin beriklan di Google Ads?