Cara Pelacakan Konversi Google Ads

pelacakan konversi google ads

Cara Pelacakan Konversi Google Ads – Dalam beriklan di Google Ads, ketika anda ingin mendapatkan prospek, penjualan, dan konversi lainnya anda perlu tahu apa yang terjadi pasca klik. Untuk itu dalam pembahasan kali ini kami akan membahas tentang pelacakan atau tracking konversi Google Ads, termasuk kenapa anda membutuhkannya.

Apa itu pelacakan konversi Google Ads?

Pelacakan konversi Google Ads memantau tindakan yang dilakukan pengguna setelah berinteraksi dengan iklan anda. Tool gratis ini sangat penting untuk memahami dan membantu mengoptimalkan nilai yang dihasilkan kampanye anda. Tetapi perlu diingat bahwa Google tidak bisa menebak hasil mana yang ingin anda lacak. Anda perlu mengidentifikasi setiap konversi di akun Google Ads.

Mengapa saya harus melacak konversi Google Ads?

Jika anda serius membuat kampanye Google Ads, pelacakan konversi sangatlah penting. Berikut beberapa manfaat yang ditawarkan alat ini.

1. Tingkat pelaporan

Pengguna tidak selalu mengklik iklan dan langsung berkonversi diperangkat yang sama. Dengan alat ini, anda bisa melihat konversi diseluruh perangkat dan browser untuk mendapatkan data laporan yang lebih detail.

2. Sederhanakan pengoptimalan

Pelacakan konversi akan membantu anda melihat kampanye, grup iklan, dan iklan mana yang mendapatkan hasil yang anda inginkan. Dengan menggunakan data ini, anda bisa mengoptimalkan iklan dan mendapatkan nilai lebih.

3. Akses penawaran pintar

Anda bisa mendapatkan kontrol lebih besar atas kampanye anda dengan strategi smart bidding. Untuk mengakses opsi seperti memaksimalkan klik dan target CPA, anda perlu mengaktifkan pelacakan konversi.

5 jenis konversi untuk dilacak dengan Google Ads

Google Ads membagi konversi menjadi lima kategori yang berbeda.  Diantaranya

1. Tindakan situs

Konversi situs web mencakup langganan, penjualan, dan funnel lainnya. Anda juga bisa melacak peristiwa konversi atas tampilan lama web.

2. Pemasangan aplikasi

Jika anda mengiklankan aplikasi seluler, anda bisa melacak pemasangan dan pembelian, Google Ads mendukung pelacakan konversi aplikasi android dan iOS.

3. Panggilan telepon

Jika perusahaan anda menangkap prospek atau memproses pesanan melalui telepon, anda bisa melacak panggilan. Google Ads mendukung panggilan pelacakan yang datang langsung dari iklan dan penggilan yang datang secara tidak langsung dari situs web anda.

4. Tindakan lokal

Apakah bisnis anda memiliki lokasi fisik? anda bisa melacak tindakan konversi yang terkait dengan iklan lokal anda, seperti menelusuri petunjuk arah ataupun mengunjungi toko.

5. Tindakan offline

Apakah konversi anda yang paling berharga terjadi di situs dari pada online? Anda bisa mengimpor konversi offline menggunakan integrasi seperti Zapier, Salesforce dan HubSpot. Apakah situs web atau aplikasi anda menggunakan analitik untuk melacak sasaran dan transaksi? Anda bisa menyiapkan Google Analytics dan menautkannya dengan akun iklan anda untuk kelancaran pelacakan konversi akun iklan anda.

Tips untuk memecahkan masalah pada pelacakan

Akun iklan anda akan mulai melacak dalam waktu 24 jam setelah penyiapan. Sangat mudah untuk mengetahui apakah prosesnya berhasil dan tidak memerlukan audit Google Ads yang lengkap. Pertama, buka tab kampanye di akun Google Ads anda dan centang kolom konversi. Jika jumlah konversi lebih besar dari nol, akau anda berhasil dilacak.

Jika metrik kampanye anda belum menunjukkan konversi apapun, klik alat dan setelan lalu pilih konversi dibawah menu pengukuran. Cari merekam konversi dikolom status pelacakan. Jika status tidak menunjukkan konversi rekaman, pelacakan mungkin tidak berfungsi dengan baik. Berikut cara mengatasi beberapa masalah umum:

1. Belum diverifikasi

Belum ada yang menyelesaikan konversi. Klik tombol biru untuk menguji menggunakan Tag Assistant.

2. Tidak ada konversi terbaru

Tidak ada yang menyelesaikan konversi dalam seminggu atau lebih. Periksa kembali penyiapan dan konfirmasikan tautan iklan anda ke landing page yang diberi tag.

3. Tag tidak aktif

Tag telah dihapus dari landing page atau tidak berfungsi dengan baik. Pasang kembali tag pelacakan konversi untuk melanjutkan pemantauan dengan benar.

Sudah melakukan pelacakan konversi Google Ads anda?

Tindakan pengunjung ketika memasuki halaman situs anda dapat menjadi metrik penilaian atas iklan yang anda jalankan. Metrik tersebut nantinya dapat dievaluasi agar halaman landing page iklan akan lebih maksimal untuk menggiring pelanggan. Garuda Media Digital hadir dengan menawarkan jasa pengelolaan iklan Google Ads agar anda tidak perlu pusing memikirkan strategi dalam pemasaran produk dan layanan anda dengan Google Ads.

Garuda Media Digital adalah agency jasa digital marketing yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Anda dapat berkonsultasi dengan kami mengenai rencana pembuatan media bisnis dan promosi anda. Kami juga melayani jasa pembuatan website dan jasa pembuatan landing page. Disamping itu, kami juga dapat membuat media promosi ini lebih powerfull dengan optimasi pengiklanan Google Ads. Sehingga website atau landing page yang anda buat akan menempati posisi nomor 1 halaman Google Search. Segera hubungi kami untuk penawaran menarik seputar jasa pembuatan landing page, website dan jasa iklan Google Ads!

Ingin beriklan di Google Ads?