Pengertian Dan Cara Efektif Menggunakan Google Keyword Planner

Penjelasan tentang bagaimana menggunakan Google keywords planner – Agar situs website anda bisa teratas di mesin pencari google salah satunya dengan menentukan keyword atau kata kunci yang tepat. Alat bantu untuk riset keyword yang tepat salah satunya adalah Google Keyword. 

Google Ads akan membantu anda untuk melakukan riset keyword untuk kebutuhan Google Ads Anda.  Anda bisa menggunakan alat ini secara gratis seperti yang akan dijelaskan di bawah.

Anda perlu membuat akun Google Ads terlebih dahulu untuk menggunakan alat riset ini. Anda juga tidak harus memasang iklan terlebih dahulu pada Google Ads untuk menggunakannya.

Keyword sendiri memiliki fungsi yang utama dalam pembuatan website agar situs anda bisa berada pada posisi teratas. Keyword berfungsi untuk memudahkan anda dalam mencari suatu konten di posisi teratas hasil dari pencarian di mesin pencari. Apabila anda masih bingung untuk menentukan keyword pa yang cocok untuk situs website anda, anda bisa menggunakan alat bantu. Keyword memiliki beberapa macam alat bantu, salah satunya adalah Google Keyword Planner.

Google Keyword Planner adalah salah satu alat riset keyword layanan Google Ads. Bertujuan untuk membantu kebutuhan iklan Google Ads dan kebutuhan lainnya, seperti riset keyword SEO.

Jika anda ingin menggunakan alat riset ini, anda perlu mengetahui cara mendaftarnya terlebih dahulu. Dibawah ini ada langkah-langkah yang bisa anda ikuti untuk menggunakan Google Keyword Planner.

1. Buka Google Ads

Anda bisa masuk ke menu tools, kemudian anda pilih keyword planner.

2. Membuat Akun Baru

Buatlah akun baru Google Ads dengan pilih new Google Ads Account.

3. Tujuan Google Ads

Tujuan Google Ads ada tiga yang bisa kamu pilih. Seperti

    • Untuk mengarahkan pengunjung supaya menelpon anda.
    • Menargetkan pengunjung ke website.
    • Menargetkan pengunjung untuk datang ke lokasi website.

Anda bisa memilih salah satu dari tiga tujuan tersebut sesuai dengan kebutuhan untuk bisnis anda.

4. Memasukkan Informasi Bisnis

Anda bisa mengisi seluruh informasi website anda dari awal hingga akhir.

5. Menentukan Jangkauan Konsumen 

Kemudian anda bisa menentukan Jangkauan Konsumen iklan anda seperti apa dan dimana.

6. Menentukan Target Pencarian

Anda bisa menentukan dipencarian apa dan mana saja iklan anda akan muncul.

7. Membuat Headline dan Deskripsi

Selanjutnya, anda buat headline dan deskripsi iklan anda untuk menarik pengunjung website.

8. Menentukan Budget

Untuk menuju langkah paling akhir anda harus menentukan Budget iklan anda di Google Adword sesuai dengan keinginan anda.

9. Mereview Iklan

Di langkah ini, anda harus mereview iklan yang sudah anda buat sebelumnya. Anda harus memastikan informasi yang sudah anda input sudah benar.

10. Memilih Metode Pembayaran

Langkah terakhir adalah menentukan jenis metode pembayaran. Ada dua jenis metode pembayaran yang bisa anda lakukan, yaitu manual atau transfer bank.

Anda akan menerima nomor rekening dari Google untuk segera melakukan proses pembayaran. Sebelum anda membayar, iklan anda tidak akan aktif. Kemudian anda akan memungkinkan untuk menggunakan Google Keyword Planner tanpa perlu beriklan di Google.

Cara Efektif Menggunakan Google Keyword Planner

Selain anda tahu bagaimana cara mendaftar Google Keyword Planner, anda juga perlu tahu cara menggunakan Google Keyword Planner secara efektif, yaitu :

1. Discover New Keyword

Tips pertama menggunakan google keyword planner yang pertama yaitu discover new keyword. Mencari keyword yang tepat dapat anda lakukan dengan menemukan saran kata kunci di Google Keyword Planner. Ada dua macam cara yang bisa anda gunakan, cara pertama adalah memasukkan kata kunci dari riset yang anda inginkan. 

Anda bisa memasukkan kata kunci yang ada hubungannya dengan website anda. Contohnya, website anda berisi tentang domain atau Google Ads, sehingga anda bisa memasukkan kata kunci yang ada hubungannya dengan topik. 

Google Keyword Planner memiliki batasan dalam satu kali riset, maksimal 10 kata kunci. Kemudian anda bisa pilih Get result setelah memasukkan semua keyword pada Google Keyword Planner. Setelah itu anda akan mendapatkan detail riset keyword anda dengan informasi berupa 

  • Rata-rata pencarian kata kunci setiap bulan.
  • Tingkat kesulitan untuk memenangkan keyword yang anda pilih.
  • Harga terendah dan tertinggi yang diajukan pengiklan.
  • Serta saran kata kunci yang berhubungan dengan keyword yang anda masukkan sebelumnya.

Cara pertama yang bisa anda temukan kata kunci di Google Keyword Planner dengan memasukkan alamat website anda. Hanya dengan memasukkan alamat website anda, kemudian Google Keyword Planner akan menganalisis kata kunci yang berhubungan dengan website anda.

2. Get Search Volume and Forecast

Tips kedua menggunakan google keyword planner yaitu get search volume and forecast. Fitur Google Keyword Planner Get Search Volume and Forecast memberikan dua informasi, yaitu forecast dan historical metrics.

Anda hanya perlu memasukkan keyword yang ingin anda riset. Kemudian anda akan mendapatkan informasi, seperti:

  • Perkiraan jumlah klik yang akan anda dapatkan.
  • Perkiraan impression yang akan anda dapatkan.
  • Perkiraan biaya untuk memasang iklan pada kata kunci tersebut.
  • Perkiraan CTR yang akan anda dapatkan.
  • Perkiraan rata-rata biaya per klik.
  • Perkiraan posisi iklan pada hasil mesin pencari.

Selain anda mendapatkan informasi diatas, anda juga akan mendapatkan informasi historical metrik. Dimana, historical matrik ini memberikan informasi yang tidak berbeda pada saat anda menggunakan fitur Discover New Keyword.

Dari beberapa penjelasan diatas, anda juga perlu mengetahui tips menggunakan Google Keyword Planner. Terdapat 5 cara lagi  menggunakan google keyword planner namun fitur ini memang hanya ada dua seperti penjelasan di atas, dengan dua fitur di atas anda bisa memaksimalkannya dengan cara berikut ini:

1. Memanfaatkan Filter Kata Kunci

Walaupun kata kunci pada Google Keyword Planner dibatasi dengan maksimal 10 kata kunci, anda dapat memanfaatkan filter yang ada didalamnya. Anda akan menemukan ide keyword yang banyak, hanya dengan memasukkan kata kunci pada fitur Discover New Keyword. Kemudian anda akan mendapatkan hasil riset keyword dan klik Add Filter > Keyword.

2. Curi Keyword Kompetitor

Mencuri pada kalimat ini bersifat positif untuk anda. Anda dapat memanfaatkan dan mencuri ide-ide kata kunci kompetitor.

Anda bisa memasukkan URL website anda pada fitur Discover New Keyword untuk riset keyword. Selain itu anda juga bisa memasukan website kompetitor anda. Dengan begitu anda bisa mengetahui kata kunci yang berhubungan dengan website anda melalui Google Keyword Planner.

3. Temui Kata Kunci yang Paling Potensial

Banyak saran yang diberikan oleh Google Keyword Planner. Anda bisa kebingungan dengan menentukan kata kunci mana yang diprioritaskan. Namun, anda bisa menargetkan ide kata kunci yang bisa anda targetkan.

Potensi kata kunci yang bagus harus anda prioritaskan. Melihat biaya Top of Page Bid (high range tertinggi) anda bisa mengetahui kata kunci mana yang bagus potensinya dengan cara yang efektif. Karena, data top of page bid (high range) akan menampilkan biaya yang dihabiskan pengiklan untuk sebuah kata kunci. Semakin tinggi biaya yang dihabiskan, semakin tinggi pula nilai yang didapat.

4. Atur Lokasi Pencarian

Google Keyword Planner akan melakukan riset kata kunci berdasarkan dengan negara yang anda daftarkan saat pertama kali. Anda juga dapat mempersempit jangkauan riset keyword hingga tingkat kota. Hal ini akan mempermudah dan menguntungkan anda jika mengincar pelanggan lokal. Anda bisa mengaturnya dari hasil riset keyword Discover New Keyword, dan klik Locations.

5. Tahu Perangkat yang Digunakan dan Lokasi Populer

Google Keyword Planner, bisa mencari tahu perangkat apa yang digunakan untuk mencari kata kunci dan lokasi yang populer. Anda dapat melihatnya pada fitur Forecast and Search Volume.

Anda dapat melihatnya setelah memasukkan kata kunci dan melihat hasilnya dengan membuka menu Plan Overview.

Sudah Mengerti Bagaimana Cara Menggunakan Google Keyword Planner dan dengan Efektif?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Google Keyword Planner adalah salah satu alat riset keyword layanan Google Ads. Bertujuan untuk membantu kebutuhan iklan Google Ads dan kebutuhan lainnya, seperti riset keyword SEO. Cara efektif menggunakan Google Keyword Planner juga telah dibahas di artikel ini.

Google Keyword Planner sangat cocok dan dapat diandalkan untuk anda gunakan sebagai tool riset keyword untuk pemilik website dan blog. Baik itu untuk kebutuhan Google Ads atau SEO.

Atau anda masih bingung dengan menentukan keyword yang tepat agar website anda berada pada peringkat teratas di mesin pencari?. Anda dapat berkonsultasi secara langsung pada Garuda Media Digital

Garuda Media Digital adalah agency jasa digital marketing yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Anda dapat berkonsultasi dengan kami mengenai rencana pembuatan media bisnis dan promosi anda. Kami juga melayani jasa pembuatan website dan jasa pembuatan landing page. Disamping itu, kami juga dapat membuat media promosi ini lebih powerfull dengan optimasi pengiklanan Google Ads. Sehingga website atau landing page yang anda buat akan menempati posisi nomor 1 halaman Google Search. Segera hubungi kami untuk penawaran menarik seputar jasa pembuatan landing page, website dan jasa iklan Google Ads!

Ingin beriklan di Google Ads?