Cara Menghemat Anggaran Google Ads

menghemat anggaran google ads

Menghemat Anggaran Google Ads – Sekarang sudah banyak perusahaan maupun pebisnis yang mulai menggunakan Google Ads untuk mendukung proses marketing mereka. Karena di Google Ads menggunakan sistem lelang, semakin banyak pebisinis yang beriklan akan semakin mahal pula harganya. Tetapi tidak perlu khawatir masih ada cara untuk tetap mendapatkan calon pelanggan dengan menghemat anggaran. Dalam pembahasan kali ini kami akan memaparkan cara mengemat anggaran di Google Ads.

1. Gunakan Penargetan Lokasi

Langkah pertama supaya anda bisa menghemat anggaran beriklan anda adalah dengan menargetkan lokasi yang kemungkinan besar akan melakukan konversi. Jika anda memiliki bisnis jasa dan hanya melayani disekitar kota Semarang, maka anda bisa menargetkan hanya untuk wilayah kota Semarang. Sangat sia-sia jika anda beriklan dan menargetkan orang-orang di Jakarta sedangakan anda hanya melayani di kota Semarang. Google Ads menawarkan opsi penargetan lokasi yang bisa disesuaikan dan anda bisa mengecualikan lokasi yang nanti hanya akan membuang-buang anggaran anda.

2. Tawar Kata Kunci Yang Memiliki Niat Tinggi

Sering kali ketika kita melihat orang yang baru pertama kali beriklan tidak terlalu melihat hasil yang mereka inginkan dan kata kunci yang digunakan luas. Contoh: Anda menjual sepatu, tapi ketika dicek persaingannya sangat besar. Lebih baik anda memilih satu jenis sepatu yang lebih spesifik, seperti sepatu lari wanita. Ketika anda menjual produk yang spesifik maka prospek ataupun klik yang dihasilkan lebih berkualitas. Ketika calon pelanggan mencari dengan keyword seperti di atas maka iklan anda akan muncul.

Perlu kita ketahui, bahwa kata kunci yang spesifik akan memiliki volume pencarian yang jauh lebih rendah dari pada kata kunci pencocokan luas. Tetapi di sini yang kita tekankan adalah untuk mendapatkan penjualan bukan untuk volume pencarian. Untuk itu, jika anda memiliki anggaran yang terbatas fokuslah menggunakan kata kunci yang menggambarkan produk yang anda jual dan batasi penggunaan kata kunci yang memiliki volume pencarian yang tinggi. Yang tentunya akan membuat pengeluaran anda semakin besar dan trafik yang dihasilkan kurang berkualitas.

3. Gunakan Kata Kunci Pencocokan Frasa Dan Persis

Dalam pembahasan kali ini, kami akan mengarahkan anda untuk fokus dengan kata kunci pencocokan frasa dan persis. Walaupun banyak yang mengatakan pencocokan luas akan jauh lebih efektif. Akhir-akhir ini kueri yang lebih berkualitas dan persis akan datang dari penggunaan jenis pencocokan yang spesifik.

4. Gunakan Ekstensi Iklan

Ketika anda ingin mulai menghemat anggaran dan ingin bersaing dengan kompetitor, maka anda harus sedikit berbeda atau iklan anda harus lebih menonjol dari kompetitor. Untuk itu anda perlu menambahkan ekstensi di iklan anda. Dengan memanfaatkan ekstensi akan membuat iklan anda berbeda dari yang lain dan informasi yang diberikan pun bisa lebih detail. Adapun ekstensi iklan antara lain:

  1. Ekstensi sitelink
  2. Ekstensi info
  3. Ekstensi ringkasan terstruktur
  4. Ekstensi panggilan
  5. Ekstensi formulir prospek
  6. Ekstensi pesan
  7. Ekstensi lokasi
  8. Ekstensi lokasi afiliasi
  9. Ekstensi harga

5. Riset Kompetitor

Ada kalanya anda perlu meriset siapa saja kompetitor anda. Ketika anda sudah mengetahui siapa kompetitor anda, anda bisa menggunakan tools untuk melihat kata kunci yang mereka gunakan. Ketika kompetitor anda menawarkan diskon, kenapa anda tidak mencoba untuk menawarkan diskon. Kemudian ketika harga mereka lebih dari anda, maka anda perlu mencatat bagaimana anda bisa lebih murah dari orang lain atau bahkan bisa lebih baik dari orang lain tanpa menghabiskan anggaran beriklan anda.

6. Optimalkan Landing Page

Mungkin saat ini anda sedang bersusah payah mengoptimalkan kampanye anda tanpa memperhatikan landing page. Landing page yang berkulitas akan membuat Quality Score anda naik. Adapun berbagai cara yang bisa anda gunakan untuk mengoptimalkan landing page anda, antara lain;

  1. Memiliki ajakan bertindak yang spesifik dan bisa dilacak melalui pelacakan konversi.
  2. Pastikan konten yang ditampilkan di halaman produk atau jasa anda berisi informasi yang menggambarkan produk atau layanan anda dan manfaat apa yang akan didapatkan calon pelanggan.
  3. Pastikan halaman bisa di muat dengan cepat di desktop dan perangkat seluler. Jika anda tidak tahu bagaimana perfoma landing page, anda bisa menggunakan Google PageSpeed Insights.

CTA yang spesifik, jelas dan informasi yang diberikan bisa memuaskan calon pelanggan maka peluang mendapatkan konversi semakin besar.

7. Tentukan Tujuan Konversi

Konvesi yang seperti apa yang harus dilakukan calon pelanggan anda. Apakah anda mengajak mereka untuk masuk kedalam list anda atau membeli barang anda yang sedang diskon. Tentukan goals konversi anda dan lakukan pelacakan konversi yang anda gunakan.

Sudah Menghemat Anggaran Google Ads Anda?

Anggaran iklan Google Ads adalah salah satu komponen yang perlu selalu diperhatikan dalam beriklan. Google Ads menawarkan pembayaran iklan setiap klik nya yang berarti jika terdapat pengunjung mengklik iklan kita, saldo kita akan berkurang. Jika konversi klik tersebut menghasilkan pembelian produk atau layanan hal ini tidak menjadi masalah. Namun jika pengunjung tidak melakukan apa-apa setelah mengklik karena mungkin produk tidak sesuai dengan pencarian mereka, hal tersebut akan membuat anggaran iklan kita boncos. Untuk itu sangat penting menghemat anggaran dalam iklan Google Ads. Dan beberapa tips sudah kami paparkan diatas. Garuda Media Digital hadir dengan menawarkan jasa pengelolaan iklan Google Ads agar anda tidak perlu pusing memikirkan strategi dalam pemasaran produk dan layanan anda dengan Google Ads.

Garuda Media Digital adalah agency jasa digital marketing yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Anda dapat berkonsultasi dengan kami mengenai rencana pembuatan media bisnis dan promosi anda. Kami juga melayani jasa pembuatan website dan jasa pembuatan landing page. Disamping itu, kami juga dapat membuat media promosi ini lebih powerfull dengan optimasi pengiklanan Google Ads. Sehingga website atau landing page yang anda buat akan menempati posisi nomor 1 halaman Google Search. Segera hubungi kami untuk penawaran menarik seputar jasa pembuatan landing page, website dan jasa iklan Google Ads!

Ingin beriklan di Google Ads?