Ini Dia! Tips Beriklan Dengan Kampanye Lokal Untuk Toko Offline

Cara mengiklankan toko offline dengan kampanye lokal – Semakin kesini, semakin banyak toko offline memilih pindah ke toko online. Hal ini terjadi karena semakin mudah untuk menggunakannya dan mengikuti perkembangan dunia digital. 

Di Indonesia sudah banyak platform yang bisa anda gunakan untuk menawarkan produk atau layanan anda. Pengguna internet saat ini semakin banyak, bukan di Indonesia saja namun di dunia. Perlu anda tahu juga, untuk menawarkan sebuah produk atau layanan yang anda miliki bukan hanya melalui toko offlinenya saja. Toko offline hanya bisa anda jangkau untuk wilayah yang dekat dengan anda saja. Namun, seperti yang sudah dijelaskan di awal anda dimudahkan untuk menjangkau pelanggan di Indonesia bahkan hingga ke dunia.

Anda dapat berinteraksi dengan pelanggan di beberapa daerah atau kota bahkan dunia, dengan mulai merubah toko offline anda menjadi online. Anda bisa memproses dan menyelesaikan pesanan pelanggan di toko lokal anda atau lokasi bisnis fisik anda.

Merubah toko offline ke online bisa dengan membuat iklan pada website toko online yang anda buat. Google Ads bisa memfasilitasi anda untuk berbisnis online dengan mudah dan tepat. Untuk meningkatkan kualitas iklan online serta pengoptimalan untuk mendorong banyak pengunjung dan penjualan pada bisnis anda, simak tips berikut ini.

1. Bangun Etalase Digital

Ketika anda ingin beralih ke toko online, langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan membangun etalase digital. Ini adalah platform yang bisa anda gunakan untuk mempromosikan bisnis anda lebih luas.

Anda harus membuat tampilan yang berbeda pada bisnis anda di Google. Penambahan membuat profil bisnis dan melakukan interaksi dengan pelanggan di Google Penelusuran dan maps bisa anda lakukan. 

Hal ini bisa anda lakukan untuk langkah pertama agar mendorong dan meningkatkan kunjungan ke toko anda.

2. Ukur Nilai Offline dari Iklan Online

Pada poin ini anda harus memahami bagaimana iklan online anda dapat mendorong nilai bisnis anda secara offline. Jadi bukan hanya mendorong klik dan penjualan di situs saja. Akan tetapi, toko offline anda sebelumnya juga harus meningkat dan terdorong dari online. 

Untuk meningkatkan kualitas kampanye, yang bisa anda lakukan adalah dengan mendapatkan gambaran lengkap mengenai dampak iklan terhadap semua saluran. Selain meningkatkan kualitas, anda juga bisa membuat keputusan anggaran dan melaksanakan strategi bisnis anda.

3. Menggunakan Strategi Omnichannel Untuk Meningkatkan Penjualan Online dan Offline

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari konversi online dan offline anda perlu mengoptimalkan kampanye anda.

Hal ini anda lakukan guna memaksimalkan investasi pemasaran dan meningkatkan pendapatan toko anda. Baik itu pelanggan yang membeli secara online maupun offline.

4. Tampilkan Toko Terdekat Untuk Peningkatan Penjualan

Untuk meningkatkan penjualan, anda bisa menjelaskan lokasi dan menyampaikan informasi toko anda. Selain itu anda juga bisa memberitahu penawaran bisnis dan promosi kepada pelanggan. 

Anda juga bisa memberikan informasi apa saja yang ada di sekitar toko anda. Ketika pelanggan menelusuri atau menjelajah di Google penelusuran, maps atau yang lainnya. 

Penggunaan machine learning dapat membantu anda untuk mempromosikan lokasi bisnis fisik anda. Hal ini memiliki skala yang besar di seluruh properti Google dengan lebih mudah dan efisien. Pelanggan yang akan anda jangkau akan lebih mudah saat proses pembelian dan pengoptimalan orang yang mengunjungi bisnis anda.

Selain dari penjelasan diatas anda bisa juga menggunakan kampanye lokal. Kampanye lokan bisa anda gunakan untuk membantu anda menghubungkan antara iklan online ke etalase anda. Dengan menggunakan kampanye lokal anda bisa mempromosikan toko offline anda di hasil penelusuran Google, Maps, YouTube dan situs lain.

Seperti penjelasan di atas anda memerlukan toko online untuk mempromosikan toko online anda terlebih dahulu. Kemudian anda bisa mempromosikan toko anda melalui kampanye lokal. Anda bisa mengakses kampanye lokal, Apabila anda memiliki aset lokal atau aset lokasi afiliasi aktif yang tertaut ke Google Ads. 

Anda dapat menjalankan kampanye anda minimal selama 30 hari dengan target 10 lokasi atau lebih setiap akun untuk mendukung performa kampanye anda. Sebelum anda menggunakan kampanye lokal, sebaiknya anda mengetahui kelayakan untuk pengukuran penjualan toko anda, seperti berikut ini.

  • Kampanye lokal memiliki persyaratan dengan nilai minimum yang cukup tinggi untuk menggunakan penjualan toko. Sehingga, ada beberapa pengiklan yang memenuhi persyaratan penjualan toko umum dapat menggunakan penjualan toko dengan kampanye lokal.
  • Anda sudah bisa menggunakan kampanye lokal ketika anda sudah mendapatkan pelaporan penjualan toko dan opsi untuk bisa mengoptimalkan kampanye anda. Sebaliknya, jika anda tidak melihat opsi tersebut maka anda bisa menjalankan kampanye lokal dengan tujuan konversi kunjungan toko. 

Memerlukan waktu selama 45 hari untuk menilai kelayakan anda. Apabila anda memenuhi syarat, maka anda akan otomatis mulai mendapatkan pelaporan serta anda memiliki akses ke bidding.

Anda bisa membuat kampanye lokal anda sendiri untuk mengangkat, meningkatkan dan promosi bisnis anda sendiri dengan melakukan :

1. Buat Kampanye lokal

Pastikan anda sudah memiliki akun Google Ads terlebih dahulu untuk membuat kampanye lokal. Tentunya, ketika anda ingin membuat kampanye lokal, akun anda sudah memiliki opsi untuk dapat membuat kampanye lokal.

Pembuatan kampanye lokal ini bisa menjadi langkah awal yang cocok untuk anda meningkatkan penjualan bisnis anda.

2. Memilih Setelan Kampanye Lokal

Setelah anda membuat kampanye lokal pada akun Google Ads anda. Selanjutnya anda bisa melakukan penyetelan pada kampanye lokal anda. Anda bisa memasukkan nama kampanye dan isi aset. Isi aset dalam kampanye lokal berupa judul, deskripsi, Pesan ajakan, URL final, jalur yang ditampilkan, dan URL final seluler.

Setelah anda melengkapinya, anda bisa menghubungkan ke feed produk lokal anda. bertujuan untuk mempromosikan produk atau layanan yang anda sediakan di setiap lokasi. Sebelum anda menghubungkan, anda perlu membuat feed produk lokal terlebih dahulu pada data bisnis kampanye lokal anda.

3. Membuat Grup Iklan Tambahan

Pendekatan efektif yang bisa anda lakukan untuk mewakili tema materi yang berbeda anda bisa membuat grup iklan tambahan. Ini bisa anda lakukan apabila anda memiliki lebih dari satu kumpulan aset materi iklan. Jadi anda bisa membuat beberapa grup iklan agar lebih efektif. Anda bisa menambahkan lebih banyak grup iklan setelah membuat kampanye iklan.

4. Optimalkan Bidding

Pada kampanye lokal, secara otomatis menggunakan strategi bidding untuk memaksimalkan nilai konversi. Baik itu dari penjualan toko, kunjungan toko, klik panggilan telepon atau rute mobil untuk kampanye anda berdasar pada rata-rata anggaran harian.

Apakah Anda Sudah Pernah Menerapkannya?

Toko offline yang anda miliki bisa anda kembangkan lebih besar dan dikenal lagi. Anda bisa menggunakan tips diatas untuk meningkatkan penjualan toko anda. Dengan mengikuti perkembangan zaman, bisnis anda juga akan lebih dikenal lagi. Karena penggunaan internet saat ini sangat tinggi di Indonesia apalagi di dunia.

Kampanye lokal adalah salah satu strategi untuk mempromosikan produk atau layanan anda serta sebagai penghubung iklan online ke etalase anda. Ada beberapa platform yang bisa anda gunakan untuk promosi iklan produk atau layanan, seperti hasil penelusuran Google, Maps, atau Youtube. 

Anda bisa mengikuti tips diatas untuk promosi, membangung relasi, dan meningkatkan bisnis anda. Atau anda bisa berkonsultasi dengan Garuda Media Digital yang bisa membantu masalah bisnis anda. Serta anda dapat mencari informasi lainnya mengenai website ataupun Google Ads di website kami https://garudamediadigital.id/.

Garuda Media Digital adalah agency jasa digital marketing yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Anda dapat berkonsultasi dengan kami mengenai rencana pembuatan media bisnis dan promosi anda. Kami juga melayani jasa pembuatan website dan jasa pembuatan landing page. Disamping itu, kami juga dapat membuat media promosi ini lebih powerfull dengan optimasi pengiklanan Google Ads. Sehingga website atau landing page yang anda buat akan menempati posisi nomor 1 halaman Google Search. Segera hubungi kami untuk penawaran menarik seputar jasa pembuatan landing page, website dan jasa iklan Google Ads!

Ingin beriklan di Google Ads?