Apa itu Google Ads?

pengertian google ads

Pengertian Google Ads – Mungkin kita sering mencari suatu penjelasan, produk atau layanan di google dengan mengetikkan kata kunci tertentu. Nantinya akan muncul beberapa hasil pencarian dan jika dari hasil pencarian disebelah judul halaman ada kata “Ads” ataupun “Iklan” maka itulah fitur google yaitu Google Ads. 

Kemudian, apa itu Google Ads ? Ini adalah pertanyaan yang sering dipertanyakan oleh orang yang mungkin baru saja memasarkan bisnisnya lewat media digital. Google Ads adalah salah satu platform yang menjadi andalan digital marketer karena bisa menjangkau market lebih luas.

Pengertian Google Ads

Google Ads adalah platform iklan yang disediakan oleh Google. Dimana kita bisa mengendalikan iklan dari web bisnis kita sendiri. Disini kita bisa mengatur sendiri dimana iklan kita akan tayang, lokasi mana yang dituju, bahasa dan lain sebagainya.

Google Ads mengatur dan menunjukkan iklan yang kita buat sesuai dengan sasaran dan tujuan yang telah kita tentukan. Nantinya, iklan yang dipasang akan muncul di perangkat seperti handphone, laptop ataupun komputer orang yang melakukan pencarian dengan kata kunci yang sudah kita seleksi.

Inilah yang membuat Google Ads menjadi pilihan dan teman terbaik dalam memasarkan produk atau layanan secara online. Ketika anda paham tentang fitur dan kelebihan Google Ads, disinilah bisnis atau penjualan anda akan meningkat dengan pesat. Dengan fitur – fitur yang siap mendukung performa iklan anda, ini adalah peluang besar. Peluang besar bagi anda untuk bisa menjangkau target market tanpa batas, apalagi anda bisa menjangkau konsumen di luar Indonesia.

Google Ads memberikan anda kebebasan untuk menentukan target market anda sesuai dengan keyword (kata kunci), kategori, topik, lokasi sampai waktu. Selain itu Google Ads tidak memaksa anda untuk beriklan diluar dari anggaran anda. Tapi Google Ads akan memberi rekomendasi harga sesuai dengan kata kunci yang anda pilih. Kalau untuk pemula minimal berapa ya? Untuk pemula minimal mulai dari Rp.20.000 per hari.

Apa keuntungan yang didapatkan dari beriklan di Google Ads?

Google Ads adalah salah satu fitur dari Google yang memiliki beberapa kelebihan. Dengan beriklan di Google Ads anda akan mendapatkan berbagai keuntungan ini

1. Biaya Dapat Dikendalikan

Google Ads memberikan anda kendali penuh tentang berapa besar budget yang anda siapkan untuk beriklan. Anda bebas untuk mengatur dan menentukan sendiri berapa biaya perhari, perbulan atau periklan sesuai dengan kemampuan dan target anda. Yang perlu anda ingat adalah nantinya anda hanya akan membayar ke Google jika ada calon pelanggan yang mengklik iklan anda. Jika harga kliknya Rp.2.000, maka anda akan membayar sebesar Rp. 2.000 juga.

2. Iklan Mudah Diukur

Google Ads akan memberikan anda informasi data dengan detail. Mulai dari siapa yang mengunjungi website anda, berapa yang mengklik iklan anda atau dari mana calon pelanggan anda itu berasal. Inilah keistimewaan beriklan dengan Google Ads. Informasi yang didapat sangat detail sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan anda dalam menyusun strategi iklan selanjutnya.

3. Mudah dalam mengelola kampanye

Didalam Google Ads ada beberapa alat yang bisa anda manfaatkan untuk memantau ataupun mengelola akun dengan mudah. Kalaupun anda punya banyak akun Google Ads, anda bisa mengatur atau mengelolanya dalam satu lokasi saja.

4. Iklan Tepat Target

Mesin pencarian akan menampilkan informasi sesuai dengan kata kunci yang terdapat didalam bisnis atau website anda. Ketika audiens mengetikan kata kunci dan itu relevan dengan bisnis anda, maka iklan atau website anda akan tayang. Google Ads pun memberikan opsi penargetan iklan yang bisa anda gunakan seperti

  • Penargetan sesuai dengan keyword
    Menyambung penjelasan diatas, keyword adalah salah satu opsi yang bisa anda gunakan untuk mengiklankan layanan atau produk anda yang paling banyak disukai. Perlu diperhatikan, iklan hanya akan muncul jika kata kunci yang diketikan konsumen itu sama atau relevan dengan kata kunci yang anda pakai.
  • Penargetan sesuai dengan lokasi
    Iklan anda hanya akan tayang atau tampil di lokasi yang sudah anda atur diawal.
  • Penargetan sesuai dengan umur, bahasa dan lokasi
    Ketika beriklan, anda bisa memilih usia berapa yang ingin anda jadikan target iklan. Kemudian lokasi dan bahasa yang digunakan taget market anda.
  • Penargetan iklan sesui dengan hari serta waktu
    Anda bisa mengatur hari atau waktu. Maksudnya, iklan anda akan tayang dihari atau waktu tertentu sesuai dengan apa yang anda inginkan.
  • Penargetan sesuai dengan perangkat yang dipakai
    Anda bisa mengatur iklan anda akan ditampilkan di perangkat apa saja. Akan ditampilkan di desktop, mobile, tablet ataupun ketiga – tiganya.

Sudah mengerti pengertian Google Ads dan ingin beriklan di Google Ads?

Jika anda memiliki produk dan layanan serta anda ingin berada di halaman teratas pencarian Google, maka anda harus beriklan di Google Ads. Lalu jika anda ingin mempromosikan produk dan layanan anda hingga dapat menjangkau banyak pelanggan potensial, maka Google Ads adalah pilihan yang tepat. Untuk itu Google Ads adalah platform yang penting untuk anda manfaatkan dalam mempercepat promosi produk dan layanan Anda.

Garuda Media Digital adalah agency jasa digital marketing yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Anda dapat berkonsultasi dengan kami mengenai rencana pembuatan media bisnis dan promosi anda. Kami juga melayani jasa pembuatan website dan jasa pembuatan landing page. Disamping itu, kami juga dapat membuat media promosi ini lebih powerfull dengan optimasi pengiklanan Google Ads. Sehingga website atau landing page yang anda buat akan menempati posisi nomor 1 halaman Google Search. Segera hubungi kami untuk penawaran menarik seputar jasa pembuatan landing page, website dan jasa iklan Google Ads!

Ingin beriklan di Google Ads?