Kenali Jenis Audiens Anda di Iklan Search

audience iklan search

Jenis audiens di iklan search – Google Ads memiliki beberapa penargetan yang bisa dimanfaatkan oleh para advertiser atau marketer. Salah satunya penargetan yang ada di Google Search Network. Dimana secara aktif audiens yang melakukan penelusuran untuk menemukan solusi atas permasalahan yang sedang mereka alami.

Apa Itu Audiens Penelusuran?

Audiens merupakan sekelompok orang yang memiliki minat, niat dan lokasi tertentu. Dimana anda bisa memilih dari berbagai kategori, minat audiens atau orang tertentu yang sudah pernah mengunjungi situs anda. Sederhananya, audiens adalah suatu cara bagi anda untuk bisa mempersempit siapa yang akan melihat iklan anda atau mengamati bagaimana aktivitas audiens tertentu saat melakukan penelusuran. Artinya anda bisa memfokuskan iklan hanya untuk orang yang tepat. Selain itu memiliki lebih banyak data audiens akan memudahkan anda dalam membuat iklan yang lebih relevan dan bisa membuat iklan bekerja lebih optimal.

Ada beberapa macam audiens penelusuran Google Ads yang bisa anda pilih. Pilihlah jenis audens yang relevan dengan kampanye anda.

1. In-market Audiences

Audiens dalam pasar terdiri dari orang-orang yang secara aktif mencari dan memiliki niat untuk membeli suatu produk atau layanan. Nantinya Google akan merekam data seperti riwayat kunjungan halaman dan penelusuran sebelumnya. kemudian algoritma akan mengidentifikasi mereka apakah mereka mencari atau hanya ingin membandingkan produk yang berbeda.

Anda pun bisa memilih dari berbagai kategori yang sudah ditentukan. In-market Audiences adalah salah satu cara untuk menargetkan orang-orang yang sudah tertarik dengan produk anda. Yang menjadi tugas anda selanjutnya adalah membuat mereka yakin kalau produk/layanan anda adalah yang terbaik.

2. Detailed Demographic Audiences

Dengan penargetan ini memungkinkan anda untuk memfilter penargetan anda ke orang-orang tertentu berdasarkan usia, jenis kelamin dan lokasi. Bahkan bisa lebih dalam lagi yaitu apakah mereka memiliki rumah, sudah menikah atau memiliki anak. Dengan cara ini anda bisa mempersempit target audiens dan bisa menentukan siapa yang paling cocok untuk memakai produk atau layanan anda.

3. Seasonal In-market Segments

Segmen musimam adalah salah satu yang baru untuk audiens penelusuran Google Ads. Ini memperbolehkan anda untuk melakukan penargetan kepada orang-orang yang mencari penawaran musiman. Contoh penawaran musiman yaitu ketika sedang ada ajang piala dunia, hari valentine, dan lain sebagainya. Dengan segmen musiman anda bisa membagikan kampanye iklan anda dan menawarkan diskon untuk mendapatkan penjualan

4. Remarketing Lists For Search Ads

Audiens remarketing terdiri dari orang-orang yang sudah pernah berinteraksi dengan website anda, channel YouTube ataupun aplikasi seluler dengan metode tertentu. Besar kemungkinan mereka akan melakukan konversi karena sudah mengenal brand dan sudah mempersiapkan diri untuk membeli produk anda. Remarketing bisa dipecah menjadi 4 jenis:

  • Orang yang sudah pernah berinteraksi dengan situs web anda
  • Orang yang sudah pernah berinteraksi dengan video YouTube anda
  • Orang yang sudah pernah mengunduh aplikasi
  • Orang-orang yang sudah ada didaftar anda

Remarketing menjadi metode yang tepat untuk bisa menjaga hubungan dengan prospek dan sangat efisien jika anda memiliki saluran penjualan yang lebih luas di berbagai titik.

5. Similar Audiences

Audiens serupa adalah sebuah metode untuk menargetkan ke orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan audiens anda sebelumnya. Lebih besar kemungkinan mereka akan menjadi pelanggan anda karena memiliki kesamaan dengan pelanggan anda sebelumnya. Jika anda memiliki daftar remarketing yang banyak, similar audiences bisa membantu anda untuk memperluas jangkauan anda.

6. Customer Match

Menargekan orang-orang yang sesuai dengan pelanggan anda. Pada dasarnya, anda mengunggah daftar yang berisi informasi yang sudah anda kumpulkan tentang untuk membuat audiens dari orang- orang yang secara eksplisit menampilkan atensi pada produk anda. Bila anda sudah mengumpulkan email, alamat, no telepon, ID fitur seluler, dll. dari pelanggan anda dengan metode tertentu, Anda bisa mengunggah data tersebut lewat CSV. Setelah itu Google akan menargetkan kampanye iklan anda kepada orang- orang ini.

Ini termasuk cara yang bagus untuk mendorong mereka yang sudah minat untuk membeli/mendaftar dan menjadi cara untuk mengirim orang lebih jauh ke channel anda. Selain itu anda pun bisa memilih untuk menggunakan daftar ini untuk mengecualikan pelanggan yang ada agar tidak melihat jenis aktivitas penelusuran tertentu.

7. Affinity Audiences

Selain untuk Google Display Network, penargetan ini juga bisa digunakan untuk Search. Audiens atensi adalah audiens yang terdrii dari orang-orang yang tertarik dengan bidang tertentu. Seperti keuangan, kebugaran, makanan dan lain sebanginya. Audiens atensi menawarkan metode kilat serta simpel untuk menargetkan orang- orang dengan atensi tertentu. Bila produk anda tercantum dalam salah satu jenis, ini merupakan metode yang berguna untuk meningkatkan terjadinya konversi.

Sudah memahami jenis audiens dalam iklan search?

Iklan search atau penelusuran memiliki beberapa jenis audiens yang menjadi target iklan tersebut. Kenali setiap jenis audiens tersebut untuk memaksimalkan iklan penelusuran yang anda buat. Garuda Media Digital hadir dengan menawarkan jasa pengelolaan iklan Google Ads agar anda tidak perlu pusing memikirkan strategi dalam pemasaran produk dan layanan anda dengan Google Ads.

Garuda Media Digital adalah agency jasa digital marketing yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Anda dapat berkonsultasi dengan kami mengenai rencana pembuatan media bisnis dan promosi anda. Kami juga melayani jasa pembuatan website dan jasa pembuatan landing page. Disamping itu, kami juga dapat membuat media promosi ini lebih powerfull dengan optimasi pengiklanan Google Ads. Sehingga website atau landing page yang anda buat akan menempati posisi nomor 1 halaman Google Search. Segera hubungi kami untuk penawaran menarik seputar jasa pembuatan landing page, website dan jasa iklan Google Ads!

Ingin beriklan di Google Ads?