Kenali Pengertian Negative Keyword dan Cara Pengelolaannya
Pengertian Negative Keyword – Menentukan dan menyusun kata kunci anda yang paling menguntungkan dan membuat grup iklan, iklan, dan landing page yang relevan berdasarkan kata kunci tersebut sangat penting untuk keberhasilan iklan anda. Dengan begitu anda bisa mendapatkan calon pelanggan yang memang betul-betul mencari produk dan layanan anda. Walaupun anda punya budget lebih dan rela dibakar, sama pentingnya untuk mengidentifikasi dan menghilangkan kata kunci yang bisa merugikan anda.
Pengertian Negative Keyword
Negative keywords atau kata kunci negatif adalah metode untuk mencegah iklan anda tampil kepada orang-orang yang mencari konten yang berhubungan dengan kata-kata tersebut. Dengan menggunakan negative keywords, anda bisa menjangkau audiens potensial.
Negative keywords bisa ditetapkan pada tingkat akun, kampanye, atau grup iklan. Selain itu juga ada didalam berbagai jenis pencocokan, baik pencocokan kata kunci luas, frasa dan tepat. Memahami cara kerja jenis pencocokan kata kunci ini sangatlah penting jika anda ingin memaksimalkan kata kunci yang tidak anda inginkan di iklan anda.
Jenis-jenis Negative Keyword
Ada berbagai jenis negative keyword di dalam Google Ads. Jenis-jenis ini untuk memastikan bahwa anda ingin iklan anda tidak ditampilkan di mana.
1. Negative broad match keywords
Saat menggunakan proses ini untuk menghilangkan keyword, pencocokan kata kunci luas negatif adalah yang digunakan secara default. Pada dasarnya ini akan membantu menyembunyikan iklan anda dari pencarian ketika seseorang mencari istilah dengan semua istilah kata kunci anda. Tapi jika mereka membiarkan satu atau lebih off, maka iklan anda akan tetap tampil.
2. Negative phrase match keywords
Pencocokan frasa negatif memastikan iklan anda tidak akan muncul jika seseorang mencari kata yang sama persis dalam urutan yang sama, meskipun ada kata lain yang ditambahkan.
3. Negative exact match keywords
Jika anda mencantumkan frasa sebagai kata kunci pencocokan persis negatif, iklan anda tidak akan muncul saat seseorang mencari kata yang sama persis dalam urutan yang sama tanpa menambahkan istilah tambahan. Ini adalah opsi yang bagus untuk digunakan jika menyangkut nama brand yang berdekatan atau penawaran anda mirip dengan pesaing.
Kelebihan Menambahkan Negative Keywords
Menambahkan kata kunci negatif atau negative keyword memiliki beberapa manfaat untuk jalannya iklan Google Ads. Berikut adalah kelebihan jika anda menambahkan negatif keyword pada iklan anda
1. Meningkatkan click-through rate (CTR)
Memastikan bahwa iklan anda tidak berjalan melawan kueri yang tidak relevan berarti mengekspos iklan anda ke lebih sedikit tayangan. Namun itu berarti presentase orang yang mengeklik anda akan lebih besar karena lebih tertarget.
2. Membuat Ad group lebih relevan
Dengan menyingkirkan kata kunci yang tidak terkait dengan bisnis anda, anda memperketat relevansi Ad group anda. Ad group kecil yang berhubungan erat memungkinkan anda untuk membuat satu pesan yang berbicara kepada seluruh grup kata kunci.
3. Menghemat budget
Dengan menghindari membayar klik yang tidak berguna, anda bisa menghemat banyak uang dengan menyingkirkan pencari yang tidak cocok untuk bisnis anda. Anda juga bisa menghindari penawaran terhadap diri sendiri atau menyederhanakan data tingkat kata kunci anda.
Sudah menambahkan negative keyword pada iklan anda?
Ketika anda menjalankan iklan, maka cost per click (CPC) bisa bertambah dengan sangat cepat. Namun dengan memilih negative keyword yang tepat akan memastikan anda untuk selalu menjangkau pelanggan yang tepat, trafik yang berkualitas dan mengurangi pengeluaran yang sia-sia. Tentu hal ini akan meningkatkan kinerja iklan anda. Namun pemilihan kata kunci negatif tidak bisa sembarangan. Perlu dipertimbangkan dan diriset terlebih dahulu agar negative keyword yang dipasang benar-benar tepat. Hal ini yang membutuhkan pengetahuan dan pengalaman dalam mengelola iklan Google Ads. Untuk itu Garuda Media Digital hadir dengan menawarkan jasa pengelolaan iklan Google Ads agar anda tidak perlu pusing memikirkan strategi dalam pemasaran produk dan layanan anda dengan Google Ads.
Garuda Media Digital adalah agency jasa digital marketing yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Anda dapat berkonsultasi dengan kami mengenai rencana pembuatan media bisnis dan promosi anda. Kami juga melayani jasa pembuatan website dan jasa pembuatan landing page. Disamping itu, kami juga dapat membuat media promosi ini lebih powerfull dengan optimasi pengiklanan Google Ads. Sehingga website atau landing page yang anda buat akan menempati posisi nomor 1 halaman Google Search. Segera hubungi kami untuk penawaran menarik seputar jasa pembuatan landing page, website dan jasa iklan Google Ads!