Kenali Pentingnya Riset Kata Kunci Sebelum Beriklan

pentingnya riset keyword

Pentingnya Riset Kata Kunci Sebelum Beriklan – Melakukan riset kata kunci adalah salah satu langkah penting ketika anda ingin membuat kampanye Google Ads yang sukses. Itu  adalah hal pertama yang harus anda lakukan. Maka dari itu anda perlu meluangkan waktu untuk meneliti dan menemukan kata kunci yang berpotensi menghasilkan trafik ke bisnis anda.

Pertama kali anda harus memahami apa yang menjadi kebutuhan pelanggan anda. Cobalah untuk memikirkan semua cara ketika mereka mencari bisnis anda dan membuat daftar kara kunci populer yang bisa anda pakai sebagai bagian dari peneilitian anda. Setelah itu anda bisa menggunakan berbagai macam tools yang bisa membantu anda menemukan kata kunci yang bagus. Seperti Google Keyword planner tool gratis yang akan memberi anda informasi tentang kata kunci yang akan anda gunakan.

Mulai dari berapa volume trafik yang mereka peroleh setiap bulannya. Perlu untuk anda pertimbangkan seberapa besar kompetitifnya, persaingannya rendah, sedang, atau tinggi.  Ada banyak informasi yang akan anda dapatkan di Google Keyword Palnner. Berikut kami paparkan empat alasan pentinya melakukan riset kata kunci sebelum beriklan.

Menemukan Kata Kunci Yang Bagus

Sebelum melakukan riset kata kunci, anda bisa menentukan sampai 3-5 kata kunci yang mewakili bisnis yang sedang anda jalankan. Mayoritas orang bisa melakukan ini dengan gampang. Tetapi, anda membutuhkan daftar yang lebih luas untuk menargetkan berbagai cara  yang dicari orang.

Google Keyword Planner akan membantu anda untuk menemukan kata kunci yang perlu ditawar. Kata kunci ini akan didasarkan pada produk ataupun layanan yang anda jual dan akan mencakup berbagai cara orang menelusuri di Google. Tidak bisa dipungkiri, kalau nantinya anda akan menemukan kata kunci yang kurang relevan dengan bisnis anda. Tetapi anda perlu mengidentifikasi terlebih dahulu kemudian anada masukkan ke daftar kata kunci negatif. Melakukan riset kata kunci negatif juga perlu anda lakukan untuk melihat kata kunci mana yang bisa menguras anggaran anda sehingga uang anda terbuang sia-sia tanpa menghasilkan konversi apapun.

Perkiraan Volume Pencarian

Ketika melakukan riset kata kunci anda akan diperlihatkan jumlah rata-rata pencarian bulanan untuk kata kunci yang anda inginkan. Ini menunjukkan berapa banyak tayangan yang akan anda terima dan anda pun bisa menghitung jumlah klik berdasarkan tawaran dan CTR (Rasio Klik Tayang).

Dengan ini anda akan terbantu dalam mengatur anggaran yang perlu anda siapkan.  Akan sedikit sulit untuk menentukan berapa anggaran yang harus anda keluarkan untuk kampanye anda, tanpa mengetahui jumlah tayangan dan potensi klik yang akan anda dapatkan. Kemudian tawaran yang disarankan juga memberi gambaran tentang seberapa besar tingkat persaingannya. Jika tawaran yang disarankan cukup tinggi, maka andapun harus menyiapakan anggaran yang lebih untuk mendapatkan volume klik yang layak.

Perkiraan Biaya Yang Dikeluarkan

Google Keyword Planner akan memberikan anda info tentang perkiraan biaya yang perlu anda keluarkan. Anda perlu menggunakan tool ini ketika sudah memiliki daftar kata kunci dan ingin mengetahui berapa biaya yang harus anda siapkan. Anda bisa menyesuaikan tawaran untuk kata kunci anda untuk bisa melihat berapa klik yang didapat dan berapa biayanya. Disini anda bisa memilih dan menentukan mana kata kunci yang tidak ingin anda gunakan, mungkin karena biayanya yang mahal.

Tingkat Persaingan

GKP akan memperlihatkan kepada anda seberapa tinggi tingkat persaingan dari kata kunci yang anda inginkan. Jika ada kata kunci yang memiliki tingkat persaingan tinggi berarti sebagai pengiklan, anda harus bersiap-siap untuk membayar lebih tinggi untuk mendapatkan posisi teratas. Anda bisa mempertimbangkan, apakah ingin memakainya atau mencari kata kunci yang lain.

Sudah Melakukan Riset Kata Kunci?

Melakukan riset kata kunci sangatlah penting, sebab akan membantu anda untuk menemukan kata kunci terbaik hingga mengetahui volume pencarian perbulannya. Anda pun akan memiliki sebuah gambaran tentang seberapa besar anggaran yang perlu anda persiapkan untuk bisa lebih unggul dari kompetitor anda. Garuda Media Digital hadir dengan menawarkan jasa pengelolaan iklan Google Ads agar anda tidak perlu pusing memikirkan strategi dalam pemasaran produk dan layanan anda dengan Google Ads.

Garuda Media Digital adalah agency jasa digital marketing yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Anda dapat berkonsultasi dengan kami mengenai rencana pembuatan media bisnis dan promosi anda. Kami juga melayani jasa pembuatan website dan jasa pembuatan landing page. Disamping itu, kami juga dapat membuat media promosi ini lebih powerfull dengan optimasi pengiklanan Google Ads. Sehingga website atau landing page yang anda buat akan menempati posisi nomor 1 halaman Google Search. Segera hubungi kami untuk penawaran menarik seputar jasa pembuatan landing page, website dan jasa iklan Google Ads!

Ingin beriklan di Google Ads?