5 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Beriklan di Google Ads

persiapan iklan google ads

Persiapan Beriklan di Google Ads – Google merupakan layanan mesin pencari yang banyak digunakan penduduk dunia. Apalagi di Indonesia, 90% pengguna internet Indonesia memanfaatkan Google untuk mencari informasi dan mendapatkan data yang mereka butuhkan. Ini adalah kesempatan besar bagi anda pemilik bisnis atau perusahaan yang mau meningkatkan bisnisnya. Akan semakin besar lagi peluangnya bila menggunakan Google sebagai platform untuk mengiklankan bisnis atau usaha anda. Tetapi ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan sebelum beriklan di Google.

Persiapan Beriklan di Google Ads

Berikut ini adalah hal – hal yang perlu anda persiapkan sebelum mulai beriklan Google Ads

1. Tentukan Tujuan Beriklan

Ibarat ingin liburan, anda harus menentukan mau liburan kemana? kota atau wisata seperti apa yang mau anda tuju? Tentunya harus ditentukan terlebih dahulu. Karena kalau tidak ada tujuan yang jelas maka waktu, uang dan tenaga anda akan habis. Begitupun ketika beriklan harus punya tujuannya kan? Memasang iklan di Google Ads tanpa ada tujuan adalah hal yang sangat mubazir. Efeknya apa? iklan anda jadi kurang efektif dan anda hanya membuang – buang uang tanpa mendapatkan apapun. Dengan memiliki tujuan, tingkat keberhasilan iklan akan menjadi besar kalaupun masih belum maksimal namun bisa diperbaiki lagi. Asalkan tujuannya jelas.

2. Tentukan Lokasi Iklan

Sama halnya membuka toko fisik, anda harus memperhitungkan iklan anda mau di tempatkan dimana. Lakukan riset dimana target anda berada atau lihatlah data kota mana yang banyak permintaan. Jangan lupa mencantumkan kota – kota potensial atau kota yang berdekatan dengan domisili anda. Dengan begitu bisnis anda akan diketahui banyak orang

3. Riset Kata Kunci (Keyword)

Keyword adalah aspek penting dalam digital marketing. Untuk mendapatkan posisi teratas, anda harus menggunakan kata kunci yang tepat. Susunlah kata kunci relevan yang menggambarkan situs atau bisnis anda. Sehingga, jika ada calon prospek mengetikan kata kunci yang relevan dengan bisnis atau situs anda maka, iklan anda akan muncul. Untuk menyusun kata kunci tidaklah susah. Sekarang banyak tools yang bisa membantu anda dalam melakukan riset kata kunci.

4. Tentukan Budget

Sama halnya dengan beriklan secara offline pasti butuh budget. Tapi beriklan secara online bisa mengurangi budget dan tenaga. Kalaupun ingin mendapatkan jangkauan yang lebih luas, anda harus siap dengan budget yang besar. Google Ads akan memberikan beberapa pilihan layanan iklan dengan level harga yang berbeda – beda. Anda dapat memperhitungkan berapa biaya yang akan anda keluarkan perharinya.

5. Tentukan Jenis Kampanye

Tentukan jenis kampanye yang anda inginkan. Ada 5 opsi kampanye yang bisa anda gunakan

  • Search Ads: Jenis kampanye ini akan membuat iklan anda tampil ketika ada orang yang melakukan pencarian di Google, tentunya akan muncul ketika kata kunci yang diketikan calon pelanggan relevan dengan bisnis atau situs anda. Untuk mengoptimalkan kampanye ini anda harus melakukan riset keyword secara lebih mendalam lagi.
  • Display Ads: Jenis kampanye ini akan menampilkan iklan anda di situs web tertentu sesuai dengan niche bisnis anda. Untuk mengoptimalkan kampanye ini anda perlu melakukan riset seperti letak geografis, atensi audiens dan kata kunci. Buat konten yang bisa menarik perhatian anudiens anda.
  • Shopping Ads: Jenis kampanye ini memang di program khusus untuk golongan target market yang suka berbelanja online. Nanti akan ditampilkan data seputar produk
  • Video Ads: Jenis kampanye ini akan muncul ketika anda membuka video youtube. Untuk membuat video anda perlu memikirkan konsep videonya.
  • Universal App: Jenis ini akan menampilkan iklan di aplikasi smartphone.

Sudah menyiapkan semuanya sebelum beriklan di Google Ads?

Hasil tidak akan menghianati sebuah proses. Dengan persiapan yang baik dan matang, tentu akan menghasilkan hasil yang maksimal. Persiapkan semua aspek yang di butuhkan untuk beriklan di Google Ads. Persiapan yang baik akan membuat iklan bisnismu berhasil dan terhindar dari boncos. Namun jika memang persiapan ini sulit, konsultasikan kepada pakar Google Ads seperti Garuda Media Digital.

Garuda Media Digital adalah agency jasa digital marketing yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Anda dapat berkonsultasi dengan kami mengenai rencana pembuatan media bisnis dan promosi anda. Kami juga melayani jasa pembuatan website dan jasa pembuatan landing page. Disamping itu, kami juga dapat membuat media promosi ini lebih powerfull dengan optimasi pengiklanan Google Ads. Sehingga website atau landing page yang anda buat akan menempati posisi nomor 1 halaman Google Search. Segera hubungi kami untuk penawaran menarik seputar jasa pembuatan landing page, website dan jasa iklan Google Ads!

Ingin beriklan di Google Ads?