Tips Rahasia Menurunkan Cost Per Click (CPC)
Rahasia Menurunkan CPC – Kini para pemilik bisnis sudah banyak yang sadar dan menggunakan Goolgle Ads. Dimana ketika pertama beriklan mayoritas mengingingkan CPC yang rendah. Diharapkan dari sini bisa menghemat pengeluaran dan yang bisa meningkatkan laba atas investasi (ROI). Bagaimana kalau kita ingin menurunkan CPC dan faktor-faktor apa sajakah yang bisa mempengaruhi turunnya CPC?
1. Pakai Jenis Pencocokan Baru
Sebelum menentukan jenis pencocokan kunci, tetap langkah awal melakukan riset kata kunci untuk niche atau kategori bisnis anda terlebih dahulu. Kemungkinan anda akan mendapati sedikit perbedaan dalam variasi CPC rata-rata untuk kata kunci yang sama persis dengan menggunakan jenis pencocokan yang berbeda.
Ketika anda mencoba untuk bereksperimen dengan berbagai jenis pencocokan yang berbeda, perlu diingat bahwa jenis pencocokan luas akan cenderung menarik lebih banyak trafik. Ketika anda melihat istilah penelusuran, anda akan mendapatkan klik untuk kueri penelusuran yang menyertakan frasa yang serupa tetapi tidak selalu persis, dengan kata kunci kampanye anda. Itulah yang menyebabkan jenis pencocokan luas akan cenderung sedikit murah dari pada pencocokan frasa.
Jika anda punya anggaran yang mencukupi tidak ada salahnya untuk mencoba bereksperimen dan menguji beberapa untuk melihat mana yang bisa memberikan hasil terbaik untuk bisnis anda. Anda bisa mencobanya dan ketika menemukan yang berhasil bisa ditingkatkan. Mungkin sebagian orang ragu untuk berekperimen, karena mungkin tidak memiliki dana yang cukup. Tapi ingatlah bahwa anda selalu mendapatkan kesempatan untuk;
- Menambahkan kata kunci
- Menjeda
- Lihat perkiraan tawaran halaman pertama dan halaman teratas yang sudah direkomendasikan oleh Google.
Dengan cara ini anda akan memiliki gambaran yang jelas tentang CPC kata kunci yang anda pakai. Selain itu, ini juga akan mencegah anda membelanjakan lebih dari apa yang sudah anda anggarakan.
2. Gunakan Kata Kunci Negatif
Kata kunci negatif adalah frasa tambahan yang bisa anda tambahkan ke kampanye dan grup iklan yang iklannya tidak anda inginkan. Anda bisa menilai ini sebagai lampiran tambahan apa pun pada kata kunci yang anda tawar yang bisa membuatnya tidak efektif. Kami juga menyarankan penggunaan daftar kunci untuk dipakai diseluruh akun anda. Anda perlu menambahkan kata kunci negatif ditingkat kampanye, tetapi mengerjakan ini sungguh akan memakan waktu anda.
3. Mengubah Strategi Penawaran
Anda bisa mengubah strategi penawaran dengan bidding otomatis. Bidding otomatis mencakup beberapa hal sebagai berikut:
- CPC yang disempurnakan
- Maksimalkan klik
- Maksimalkan konversi
- Target CPA dan lain sebagainya
Banyak pengiklan yang lebih memilih strategi penawaran manual, karena ini akan memberi anda kendali penuh atas jumlah CPC. Anda bisa menawar sebanyak atau sedikit yang anda inginkan, mengonfirmasi setiap jumlah ketika anda melanjutkan. Perlu diingat bahwa anda perlu menawar sampai jumlah tertentu untuk memastikan iklan anda muncul diposisi teratas.
4. Meningkatkan Quality Score
Selanjutnya, mari kita fokus pada quality score. Sederhananya quality score adalah peringkat Google untuk relevansi kata kunci, landing page dan iklan anda. Secara signifikan bisa mempengaruhi posisi iklan anda dan berapa banyak yang akan bayarkan untuk setiap kliknya. Semakin tinggi quality score anda akan semakin tinggi pula peringkat pula iklan anda dan semakin rendah CPC anda. Untuk meningkatkan quality score anda lebih jauh, cukup pastikan iklan anda tertarget, relevan dengan kueri penelusuran.
5. Buat Iklan Lebih Relevan
Salah satu kunci sukses dalam beriklan adalah relevannya suatu iklan. Ini adalah faktor lain yang akan digunakan Google untuk menentukan quality score untuk kata kunci dan iklan anda, jadi fokuslah pada relevansi ketika membuat sebuat kampanye.
Selain itu, relevansi juga akan mempengaruhi tingkat konversi, karena membawa orang ke situs web anda melalui kata kunci yang tidak relevan bisa meningkatkan trafik yang tidak baik, tetapi juga akan meningkatkan rasio pentalan. Secara signifikan, membuktikan tidak akan menghasilkan apa-apa dan hanya akan merusak kualitas kampanye anda.
Jika anda merasa perlu meningkatkan relevansi iklan, pastikan memulainya dengan menyertakan kata kunci dari grup ke dalam judul dan deskripsi iklan. Ini akan membantu memastikan bahwa landing page anda memiliki relevansi yang tinggi dengan kata kunci.
Sudah Memaksimalkan Konversi Iklan Anda?
Ketika anda ingin menurunkan CPC tentu anda tahu dimana dan harus membuat perubahan dalam kampanye anda. Segala sesuatu yang bisa anda lakukan untuk mengarahkan trafik dengan niat beli yang tinggi ke situs web anda akan jauh lebih bermanfaat. Garuda Media Digital hadir dengan menawarkan jasa pengelolaan iklan Google Ads agar anda tidak perlu pusing memikirkan strategi dalam pemasaran produk dan layanan anda dengan Google Ads.
Garuda Media Digital adalah agency jasa digital marketing yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Anda dapat berkonsultasi dengan kami mengenai rencana pembuatan media bisnis dan promosi anda. Kami juga melayani jasa pembuatan website dan jasa pembuatan landing page. Disamping itu, kami juga dapat membuat media promosi ini lebih powerfull dengan optimasi pengiklanan Google Ads. Sehingga website atau landing page yang anda buat akan menempati posisi nomor 1 halaman Google Search. Segera hubungi kami untuk penawaran menarik seputar jasa pembuatan landing page, website dan jasa iklan Google Ads!