Tips Optimasi Checkout Landing Page

optimasi landing page

Optimasi checkout landing page – Mungkin anda sendiri pernah mengalami, ketika ingin mengklik tombol “checkout” untuk membeli sesuatu tiba – tiba anda pergi dan tidak menyelesaikan proses pembelian tersebut.

Ada beberapa hal yang bisa membatalkan proses pembayaran yang terkadang terlalu merepotkan bagi pelanggan dan akhirnya mereka keluar tanpa menyelesaikan pembayaran. Pelanggan pasti menginginkan kebebasan ketika proses checkout tanpa harus membaca atau mengisi form lainnya.

Dalam artikel ini kami akan memaparkan pentingnya memberikan pengalaman yang baik kepada pelanggan dan mengoptimalkan halaman checkout di landing page anda. 

Pentingnya Memberikan Pengalaman Yang Baik Ketika Checkout

Tidak terlalu penting seberapa banyak pelanggan yang ingin memiliki produk anda jika proses checkout anda meninggalkan pengalaman yang buruk dimata pelanggan, itu akan berakibat fatal terhadap pembelian produk anda. Pengalaman pembayaran yang buruk akan menghentikan langkah pelanggan untuk membeli, sedangkan pengalaman pembayaran yang baik justru akan meningkatkan konversi. Faktanya E-Commerce yang mengoptimalkan alur pembayaran mereka bisa meningkatkan rasio konversi sebesar 35,26%.

Cara Mengoptimalkan Halaman Checkout di Landing Page

Apa yang perlu anda lakukan untuk meningkatkan rasio konversi melalui proses checkout yang baik ? Berikut adalah caranya

1. Pastikan Biaya Tetap Transparan

Salah satu penyebab kenapa pelanggan tidak menyelesaikan proses pembayaran mereka adalah karena total biaya yang tersembunyi dan akan muncul ketika mereka akan checkout. Mereka memilih tidak menyelesaikan checkout ketika ada biaya tambahan seperti pajak atau biaya pengiriman yang terlalu mahal. Toko tidak memberitahu pelanggan sebelumnya dan membuat mereka terkejut.

Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah sebelum pelanggan mengklik ikon keranjang, beri tahu pelanggan tentang biaya tambahan dihalaman produk dan halaman keranjang anda, sehingga pelanggan sadar tentang biaya itu. Lebih baik lagi jika harga sudah termasuk PPN.

2. Jadikan Checkout Sebagai Proses Tanpa Komitmen

Mungkin anda mengharuskan pelanggan untuk membuat akun terlebih dahulu untuk menangkap data dan menjadikan dia prospek. ini bisa menghentikan proses checkout. Jika anda tetap menginginkan data mereka, maka berilah opsi untuk mendaftar dengan akun Google atau Facebook yang mereka miliki. Dengan begitu proses pendaftaran akan lebih singkat dan memiliki kata sandi yang lebih pendek sehingga mudah diingat.

3. Permudah Alur Checkout

Semakin rumit dan banyaknya proses yang harus dilalui pelanggan anda sudah pasti akan menghambat mereka untuk menyelesaikan pembayaran. Sederhanakan proses checkout, bila perlu gunakan pihak ketiga untuk kelancaran ketika pelanggan menyelesaikan proses checkout.

4. Gunakan Desain Yang Mobile Friendly

Orang yang berbelanja melalui handphone mencapai 45% dari semua penjualan e-commerce. Artinya, hampir setengah dari pelanggan anda membeli sesuatu melalui handphone. Jika proses pembayaran anda hanya berfungsi didesktop dan tidak ramah di handphone maka ada kemungkinan pelanggan anda tidak akan menyelesaikan proses pembayaran.

Pastikan elemen berukuran besar, mudah diketuk ataupun digulir dan pastikan semuanya ada didalam satu kolom untuk memudahkan pelanggan. Jangan sampai proses checkout anda buruk, sehingga menghalangi pelanggan untuk membeli. Coba tanyakan kepada diri sendiri apa yang bisa dilakukan untuk mempermudah pelanggan berpindah dari halaman keranjang ke pembayaran?

Segera optimalkan halaman checkout di landing page anda, jangan sampai pelanggan pergi tiba-tiba tanpa menyelesaikan pembayaran!

Optimasi halaman checkout adalah salah satu hal penting yang menentukan penjualan produk anda. Walaupun sepertinya sepele namun proses checkout berpengaruh besar kepada pengalaman pelanggan. Ketika proses checkout mudah, maka pelanggan akan dapat segera menyelesaikan pembeliannya. Namun jika proses checkout ribet? jelas pelanggan akan berpikir dua kali untuk menyelesaikan pembeliannya. Sehingga harus diperhatikan masalah alur checkout pembelian produk anda.

Garuda Media Digital adalah agency jasa digital marketing yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Anda dapat berkonsultasi dengan kami mengenai rencana pembuatan media bisnis anda. Kami juga melayani jasa pembuatan website dan jasa pembuatan landing page. Disamping itu, kami juga dapat membuat media promosi ini lebih powerfull dengan optimasi pengiklanan Google Ads. Sehingga website atau landing page yang anda buat akan menempati posisi nomor 1 halaman Google Search. Segera hubungi kami untuk penawaran menarik seputar jasa pembuatan landing page dan website bisnis profesional!

Ingin membuat landing page menarik?