Tips Optimasi Iklan Bussiness to Bussiness (B2B)

optimasi b2b

Tips Optimasi Iklan B2B – Sudah menjadi sebuah kebiasaan ketika kita membutuhkan sebuah produk atau layanan kita mencarinya di search engine. Inilah yang dimanfaatkan para pemain Bussiness To Bussiness (B2B) mereka tampil dihasil pencarian Google untuk mendapatkan perhatian calon pelanggan. Google ads menjadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan brand awareness ditengah ketatnya persaingan.

Kemudian ada beberapa kendala yang dihadapi digital marketer ketika ingin menyiapkan dan melakukan optimasi kampanye iklan B2B nya. Salah satunya adalah tingginya persaingan kata kunci. Selain itu terkadang volume pencarian kata kunci yang akan digunakan rendah. Dalam pembahasan ini kami akan memberikan 7 cara mengoptimalkan kampanye iklan B2B.

1. Cermat Dalam Memilih Kata Kunci

Cermatlah dalam memilih kata kunci, temukan kata kunci yang tidak terlalu mahal namun memiliki volume pencarian yang cukup. Adapun caranya berikut ini:

Cari tema kata kunci yang luas

Perlu diingat jangan terlalu luas. Gunakan Google Keyword Planner untuk memilah kata kunci. Carilah kata kunci dengan rata-rata pencarian bulanan yang masuk akal dan lihat seberapa besar persaingannya. Jika anda memiliki kata kunci yang spesifik dan itu mahal, maka kata kunci tersebut akan menghabiskan anggaran anda.

Pertimbangkan maksud dari kata kunci yang dipilih

Pastikan maksud atau niat kata kunci yang akan digunakan itu relevan dengan bisnis anda dan fokus pada siapa yang mungkin akan menggunakan kata kunci ini ketika melakukan pencarian.

Buat daftar kata kunci

Lakukan riset dan buat daftar kata kunci yang akan digunakan. Meski daftar dari rekomendasi Google Ads mengharuskan anda menambahkan 10 atau 20 kata kunci per grup iklan, anda tetap harus teliti memilihnya. Kalau tidak anggaran anda akan habis tanpa mendapatkan hasil yang optimal.

2. Cek Persaingan

Lakukan analisa terhadap kompetitor anda untuk mengidentifikasi istilah penelusuran seperti apa yang mereka gunakan. Dengan begitu anda bisa memahami kompetitor anda dan gunakan istilah penelusuran itu untuk kampanye penawaran anda kepada audiens yang lebih spesifik.

3. Buat Daftar Kata Kunci Negatif

Memilih kata kunci dan memasukkannya ke dalam daftar kata kunci negatif menjadi salah satu upaya yang bisa anda gunakan untuk mengoptimalkan kampanye B2B anda. Kenapa penting? karena akan mencegah iklan anda ditampilkan kepada orang-orang yang bukan target market anda. Selain itu akan memastikan iklan anda hanya ditampilkan untuk niche yang relevan dengan bisnis anda.

4. Lakukan Pengujian

Uji beberapa kampanye yang anda buat, untuk melihat kampanye mana yang memiliki kinerja yang baik dan menghasilkan banyak trafik.

5. Lakukan Remarketing

Setelah anda mendapatkan cukup banyak data, buat kampanye remarketing untuk menyasar orang-orang yang tertarik namun belum melakukan pembelian.

6. Optimalkan Landing Page

Setelah melewati beberapa cara untuk mengoptimalkan kampanye anda, akan sangat disayangkan jika anda kehilangan klik karena kualitas landing page anda rendah atau buruk. Pastikan landing page anda mobile friendly, tambahkan penawaran yang menarik secara emosional dan gunakan CTA yang jelas. Jika anda memiliki beberapa kampanye untuk masing-masing produk atau layanan anda, gunakan landing page yang memiliki keunikan tersendiri.

7. Jadikan Kualitas Prospek Penentu Langkah Selanjutnya

Ketika anda sudah membuat kampanye iklan dan menggunakan kata kunci tertentu, cobalah untuk mulai mengamati kualitas prospek yang masuk dari kata kunci yang digunakan. Jika kualitas prospek baik dan itu berasal dari kata kunci A maka anda bisa menaikkan tawaran untuk kata kunci tersebut dan menambahkan kata kunci yang relevan dengan kata kunci A.

Sudah Mengoptimasi Iklan B2B Anda?

Iklan yang optimal akan mendatangkan banyak konversi dan pelanggan. Bagi anda yang sedang menjalankan iklan B2B bisa menjalankan 7 tips di atas untuk mengoptimalkan iklan yang anda jalankan. Garuda Media Digital hadir dengan menawarkan jasa pengelolaan iklan Google Ads agar anda tidak perlu pusing memikirkan strategi dalam pemasaran produk dan layanan anda dengan Google Ads.

Garuda Media Digital adalah agency jasa digital marketing yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Anda dapat berkonsultasi dengan kami mengenai rencana pembuatan media bisnis dan promosi anda. Kami juga melayani jasa pembuatan website dan jasa pembuatan landing page. Disamping itu, kami juga dapat membuat media promosi ini lebih powerfull dengan optimasi pengiklanan Google Ads. Sehingga website atau landing page yang anda buat akan menempati posisi nomor 1 halaman Google Search. Segera hubungi kami untuk penawaran menarik seputar jasa pembuatan landing page, website dan jasa iklan Google Ads!

Ingin beriklan di Google Ads?