Pengertian Kata Kunci Pencocokan Luas

pengertian kata kunci luas

Pengertian Kata Kunci Pencocokan Luas – Jenis pencocokan luas adalah salah satu opsi pencocokan kata kunci yang ditawarkan oleh Google Ads. Lalu apa maksud dari jenis pencocokan luas? lalu seberapa penting pencocokan ini? dan bagaimana cara menggunakannya? Simak pembahasan artikel ini untuk tahu  lebih detail tentang jenis pencocokan luas.

Pengertian Pencocokan Luas

Pada dasarnya, pencocokan luas adalah jenis pencocokan kata kunci yang digunakan mesin pencari untuk menemukan istilah penelusuran mana yang layak digunakan untuk iklan anda. Alasan disebut “luas” karena memungkinkan iklan anda untuk mencocokan rentang terluas dari kemungkinan pencarian kata kunci yang masih relevan dengan kata kunci anda.

Google mendefinisikannya sebagai berikut:

Jika grup iklan anda berisi kata kunci baju renang, maka iklan anda akan ditampilkan jika kueri penelusuran pengguna berisi baju dan renang dalam berbagai urutan dan walaupun bersama istilah yang lain. Iklan juga bisa tampil untuk bentuk tunggal atau jamak, sinonim, dan variasi yang relevan.

Jadi pada dasarnya, opsi ini memungkinkan anda untuk memilih istilah yang berhubungan dengan bisnis anda, dan mencoba menemukan istilah lain yang dianggap relevan oleh mesin telusur dengan iklan anda.

Pentingnya Pencocokan Luas

Kata kunci anda secara otomatis disetel ke opsi pencocokan luas saat anda mengunggahnya, jadi akan berguna untuk memahami dampak dari tetap membiarkan pencocokan luas diaktifkan. Dampaknya adalah kata kunci yang anda pilih sekarang secara otomatis dicocokan dengan beragam kueri terkait. Ada dua konsekuensi yang menarik yaitu

  • Temukan dan tawar kata kunci baru yang berguna. Pencocokan luas nantinya akan memberi anda sejumlah frasa baru yang dianggap relevan oleh mesin telusur dengan bisnis anda. Dimana, frasa yang tidak akan bisa anda buat sendiri.
  • Temukan dan tawar kata kunci yang sama sekali tidak relevan. Dengan opsi ini akan mencocokan ads copy anda dengan kata kunci yang sama sekali tidak relevan.

Pencocokan Luas Sama Seperti Pemburu Sekaligus Pengumpul

Ketika ingin memulai kampanye baru, tentu kita tidak tau secara spesifik kata kunci apa yang akan digunakan oleh audiens. Dengan menggunakan pencocokan luas, kita akan memperoleh banyak data terkait kata kunci yang digunakan oleh audiens.

Dengan menduplikasi kata kunci pencocokan tepat dan frasa kemudian memantaunya, ini akan berpeluang untuk mendapatkan kata kunci baru. Sedangkan kelemahan dari pencocokan luas adalah kata kunci dapat dipicu oleh apa pun yang sebenarnya masih dekat atau relevan.

Satu-satunya cara untuk mengoptimalkan penggunaan jangkauan pencocokan luas adalah dengan tetap membatasi jangkauan itu hanya ke kueri yang relevan. Caranya adalah dengan menerapkan kata kunci negatif dalam akun anda. Menyetel kata kunci negatif sama dengan memberi tahu mesin telusur “jangan tampilkan iklan saya terhadap kueri ini.”

Cara Efektif Menggunakan Pencocokan Luas

Terdapat cara untuk memaksimalkan kinerja dari pencocokan luas untuk kata kunci anda. Berikut adalah cara efektif untuk menggunakannya

1. Pantau perubahan kinerja kata kunci

Pantau dashboard Google Ads dan lihat perubahannya. Lihat biaya yang dikeluarkan dan kinerja kata kunci tersebut dalam mengoptimalkan trafik. Selanjutnya, tentukan apakah kata kunci tersebut akan tetap digunakan atau tidak

2. Gunakan strategi penawaran otomatis

Manfaatkan otomatisasi untuk membantu meningkatkan kualitas trafik ke situs web anda.

3. Rajin untuk menganalisis kueri penelusuran

Penting untuk mengetahui trafik dari penggunaan jenis pencocokan luas. Anda perlu meninjau laporan kueri penelusuran sehingga anda akan memahami mana yang menghasilkan konversi dan mana yang tidak.

4. Bersabarlah untuk mencapai target

Pekerjaan seperti ini memang membutuhkan waktu. Anda pasti ingin memastikan bahwa strategi pencocokan luas sangat tepat untuk mencapai target dan menghasilkan konversi tambahan. Namun itu membutuhkan waktu untuk mengoptimalkan trafik.

Sudah mengetahui pengertian jenis Pencocokan Luas dalam Google Ads?

Pencocokan luas memang akan secara default atau otomatis menjadi jenis pencocokan bagi kata kunci Google Ads yang ingin anda tuju. Namun jangan hanya dibiarkan tanpa adanya optimasi terhadap jenis pencocokan kata kunci ini. Pencocokan luas akan mencocokan kata kunci dengan berbagai kueri yang terkait bahkan untuk kueri-kueri yang minim menghasilkan konversi. Sehingga membiarkannya begitu saja dapat membuat iklan anda tidak maksimal dan malah boncos. Maka dari itu sangat penting untuk memperhatikan jenis pencocokan ini dan itu tidak mudah. Hal ini yang membutuhkan pengetahuan dan pengalaman dalam mengelola iklan Google Ads. Untuk itu Garuda Media Digital hadir dengan menawarkan jasa pengelolaan iklan Google Ads agar anda tidak perlu pusing memikirkan strategi dalam pemasaran produk dan layanan anda dengan Google Ads.

Garuda Media Digital adalah agency jasa digital marketing yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Anda dapat berkonsultasi dengan kami mengenai rencana pembuatan media bisnis dan promosi anda. Kami juga melayani jasa pembuatan website dan jasa pembuatan landing page. Disamping itu, kami juga dapat membuat media promosi ini lebih powerfull dengan optimasi pengiklanan Google Ads. Sehingga website atau landing page yang anda buat akan menempati posisi nomor 1 halaman Google Search. Segera hubungi kami untuk penawaran menarik seputar jasa pembuatan landing page, website dan jasa iklan Google Ads!

Ingin beriklan di Google Ads?